Jangan Salah! Begini 6 Cara Menggunakan Kondom yang Benar

Usahakan jangan asal pakai karena masih banyak kesalahan dalam penggunaan kondom!

22 Juni 2020

Jangan Salah Begini 6 Cara Menggunakan Kondom Benar
Pixabay/Bru-nO

Ketika menjalani hubungan seks bersama pasangan, penggunaan kondom seringkali berguna untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. 

Kondom adalah sebuat alat kontrasepsi yang digunakan sebagai pelindung saat berhubungan seks. Kondom yang yang terbuat dari bahan lateks dapat dipakai di daerah penis sebelum memulai sesi bercinta. Cara ini dirasa paling efektif dalam mencegah kehamilan dan mengurangi risiko infeksi menular seksual. 

Kondom sebagai alat kontrasepsi memang sudah tidak lagi asing saat didengar apalagi cukup mulai ditemukan. 

Walau begitu, penggunaan kondom yang benar masih sering terabaikan. Padahal kesalahan penggunaan kondom hanya akan berakibat alat kontrasepsi ini akan gagal berfungsi dengan baik, sehingga dapat menyebabkan kehamilan dan infeksi menular seksual. 

Sebelum hal buruk terjadi akibat pemakaian kondom yang salah, alangkah baiknya perlu memerhatikan cara menggunakan kondom dengan benar. Bahkan jika penggunaan kondom tepat bisa membantu sesi bercinta semakin aman dan nyaman bersama pasangan. 

Jika ingin mengetahui informasi terkait cara menggunakam kondom yang benar, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Yuk, pelajari cara menggunakan kondom yang benar! 

1. Pastikan memilih kondom dengan ukuran yang sesuai

1. Pastikan memilih kondom ukuran sesuai
Freepik

Penggunaan kondom seringkali disepelekan begitu saja bahkan tidak mencari ukuran yang sesuai. Padahal salah satu tips menggunakan kondom yang benar yakni dengan memilih kondom sesuai dengan ukuran penis. 

Sebelum membeli memang perlu memastikan ukuran penis yang dimiliki agar mengetahui ukuran kondom. Secara umum, ukuran yang dijual di pasaran mulai dari Extra Small (XS) atau sangat kecil, Small (S) atau kecil, Regular (R) atau sedang, Large (L) atau besar serta Extra Large (XL) atau sangat besar.

Perlu diketahui bahwa kondom dirancang agar dapat memberikan kenyamanan untuk berbagai ukuran penis selama berhubungan seks. 

Ada merek tertentu menyediakan kondom yang memang bisa diregangkan untuk menyesuaikan panjang penis dengan berbagai ukuran, sehingga sisa panjang ekstra di bagian ujung berguna untuk menampung ejakulasi. 

Selain itu, ada juga beberapa merek kondom didesain khusus agar bisa digunakan untuk ukuran penis yang lebih besar atau kecil. 

Salah menggunakan ukuran kondom yang tepat, maka menyebabkan kondom sobek atau bahkan justru lepas dari penis ketika digunakan. Hal inilah yang membuat fungsi kondom menjadi kurang efektif. 

2. Periksa kembali kemasan kondom yang akan digunakan

2. Periksa kembali kemasan kondom akan digunakan
Unsplash/ReproductiveHealthSuppliesCoalition

Sebelum kondom digunakan, alangkah baiknya untuk memeriksa kembali kemasan kondom yang sudah dibeli. Ini seolah menjadi hal pertama yang harus diperiksa agar terhindar dari segala hal risiko buruk terkait kesehatan.  

Pastikan kondom memang belum kedaluwarsa dan kemasannya masih tersegel atau tertutup rapat. Selain melihat tanggal yang tertera, bisa juga menekan kemasan kondom untuk memastikan adanya kantung udara di dalam bungkus kondom. 

Usahakan tidak membeli kondom dengan kemasan yang sudah rusak, segelnya terbuka, bocor atau bahkan sudah lewat dari tanggal kedaluwarsa. Dalam kondisi tersebut, maka bisa diketahui bahwa kondom kondom sudah tidak layak pakai. 

Jika merasa kemasan kondom sudah mencurigakan, sebaiknya gunakan kondom baru. 

Editors' Picks

3. Buka kemasan secara benar agar tidak merusak kondom

3. Buka kemasan secara benar agar tidak merusak kondom
Freepik/Schantalao

Langkah lain yang perlu dilakukan dalam menggunakan kondom secara baik dan benar yakni membuka kemasan secara perlahan. Usahakan tidak terburu-buru karena dapat merusak kondom. 

Bukalah kemasan kondom dengan benar, jika ragu dan baru pertama kali memang disarankan untuk mengikuti petunjuk pembukaan yang ada pada kemasan. Disarankan tidak membuka kemasan kondom menggunakan gunting, gigi atau benda tajam lainnya karena bisa merusak kondom. 

Sebelum merobek kemasan, dorong kondom ke sisi berlawanan agar tidak ikut robek bersama kemasan. Sobek kemasan dari bagian ujung secara pelan-pelan.

4. Keluarkan kondom dari kemasan secara perlahan

4. Keluarkan kondom dari kemasan secara perlahan
Pexels/Pixabay

Jika kemasan kondom sudah terbuka dengan baik, selanjutnya ambil kondom secara perlahan untuk dikeluarkan dari kemasan. 

Gunakan jari untuk menjepit ujung kondom yang terpadat di bagian tengah lingkaran, sehingga mampu mencegah ucara masuk. Perlu diketahui bahwa udara yang masuk ke dalam kondom hanya akan membuatnya mudah pecah dan rusak.

Demi kondom tidak rusak, ada baiknya tidak menggunakan jari yang memiliki kuku panjang ketika sedang mengeluarkan kondom dari kemasan. 

5. Pastikan posisi kondom tidak terbalik ketika ingin digunakan

5. Pastikan posisi kondom tidak terbalik ketika ingin digunakan
Freepik/Bonnontawat

Saat ingin memakai kondom ke bagian penis, sebaiknya perhatikan posisi kondom yang akan digunakan. 

Pastikan posisi kondom tidak terbalik, caranya dengan membuka sedikit gulungan kondom untuk memastikan. Sebagai panduan cara menggunakan kondom yang tepat, maka perlu diketahui bahwa posisi yang benar yaitu ketika gulungan menghadap ke sisi luar penis.

6. Pakailah kondom ketika penis sudah ereksi secara sempurna

6. Pakailah kondom ketika penis sudah ereksi secara sempurna
Freepik

Sebelum kondom digunakan untuk menjalani aktivitas seksual, pastikan penis sudah ereksi secara sempurna. 

Cara menggunakan kondom yang benar dan nyaman yaitu dengan mencubit bagian ujungnya menggunakan jari telunjuk dan jempol ketika ingin diletakan di atas penis. Tangan lainnya bisa digunakan untuk membuka gulungan kondom di sepanjang penis sampai mencapai pangkal penis. 

Pastikan kondom sudah terpasang dengan benar, sehingga bisa langsung melanjutkan aktivitas seksual bersama pasangan di atas ranjang. 

Ketika selesai berhubungan dan telah mengalami ejakulasi, segera cabut penis dari dalam vagina. Hal ini berguna untuk mencegah kebocoran kondom di dalam vagina. 

Ketika penis sudah keluar secara penuh, langkah selanjutnya tarik kondom dari bagian penis secara pelan-pelan agar sperma di dalamnya tidak keluar. 

Itulah beberapa cara tepat dan nyaman yang bisa dilakukan saat ingin menggunakan kondom. Usahakan jangan asal pakai agar terhindar dari segala risiko buruk yang mungkin tidak diinginkan. 

Selamat mencoba memakai kondom yang secara benar ya!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.