5 Keuntungan Memiliki Istri Salihah, Penyelamat Diri dari Dosa

Bukan hanya pahala, memiliki istri salihah juga mendatangkan berbagai macam keuntungan

6 Agustus 2022

5 Keuntungan Memiliki Istri Salihah, Penyelamat Diri dari Dosa
Pexels/Monstera

Istri salihah memang menjadi anugerah dan kenikmatan yang paling baik dari Allah SWT. Setiap perempuan pasti memiliki sisi baiknya, namun tidak semua daripadanya bisa memenuhi kriteria sebagai istri yang salihah.

Maka dari itu, memiliki istri salihah adalah hal yang harus disyukuri. Dia mampu mendatangkan hal-hal baik kepada kehidupan rumah tangga yang bisa memberi kehangatan dan menjaga kesucian cinta. Perbuatan baiknya pun mampu membuat rumah layaknya surga dambaan setiap keluarga.

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa keuntungan memiliki istri salihah yang menjadi impian setiap laki-laki.

Yuk, disimak!

1. Kesenangan yang menyeluruh

1. Kesenangan menyeluruh
Pexels/Mikhail Nilov

Salah satu kriteria istri salihah ialah istri yang berusaha menyenangkan hati suami. Berhubungan dengan ini, istri salihah merupakan kesenangan tersendiri yang menyeluruh. Ia ialah kebahagiaan yang pernah disebutkan oleh Rasulullah SAW.

Upayanya untuk menyenangkan hati suami, baik dengan berhias diri, melayani suami dengan baik, atau berbuat hal-hal baik lainnya untuk dirinya sendiri dan juga suami, adalah hal yang menjadikan seorang istri mampu mendatangkan kebahagiaan pada keluarga.

Editors' Picks

2. Berperan dalam rumah tangga

2. Berperan dalam rumah tangga
Pexels/Meruyert Gonullu

Sebagai istri salihah yang mampu menjaga dirinya sendiri, dia akan berperan banyak dalam rumah tangga. Ketika suami sedang berada jauh, maka ia harus memainkan peran sebagai ibu rumah tangga dan juga kepala rumah tangga bagi anak-anaknya.

Tentunya hal ini merupakan keistimewaan dari memiliki istri yang salihah. Ia bukan seorang yang bergantung kepada orang lain dan mampu memelihara dirinya sendiri dan keluarganya.

3. Jadi lebih dekat dengan Allah

3. Jadi lebih dekat Allah
Pexels/Thirdman

Istri yang salihah ialah seorang yang taat bukan hanya kepada suami, melainkan juga pada Allah sebelum itu. Ia pun jadi lebih dekat dengan Allah karena ketaatannya.

Suami hendaknya juga ikut berlomba-lomba dengan istri dalam hal kebaikan, yaitu mencapai rida Allah. Hikmah yang bisa diambil dari memiliki istri salihah yang jadi motivasi baik ialah menjadi lebih dekat selangkah dengan Allah.

4. Hidup terjaga dan terpelihara

4. Hidup terjaga terpelihara
Pexels/Meruyert Gonullu

Kriteria istri salihah yang lain menurut Rasulullah SAW ialah perempuan yang mampu menjaga diri dan harta suaminya, serta berbuat baik kepada orang lain.

Dengan demikian, istri yang salihah mampu membuat hidup suami terjaga dan terpelihara. Selain istri yang mampu memelihara dirinya sendiri, harta suami pun bisa terjaga.

Istri yang berbuat baik kepada orang lain juga merupakan upaya istri untuk menjaga nama baik suami.

5. Penolong suami untuk akhirat

5. Penolong suami akhirat
Pexels/Meruyert Gonullu

Seorang istri salihah pastinya tidak hanya memikirkan tentang keperluan duniawi, melainkan juga urusan akhirat.

Dengan ketaatan istri salihah kepada Allah dan suami dan kemampuan atau upaya yang dilakukannya untuk menyenangkan hati, maka ia membawa kebaikan kepada orang-orang di sekitarnya.

Tak hanya itu, istri salihah juga akan mengingatkan kepada suaminya apabila suaminya baik secara sengaja maupun tidak melakukan perbuatan dosa. Dengan demikian, istri menjadi penolong untuk suami yang menyelamatkannya dari dosa-dosa yang bisa membinasakan kehidupan akhiratnya.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari memiliki istri salihah. Semoga Papa bisa memiliki istri yang salihah dan Mama bisa menjadi salah satunya, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk