13 Ayat Alkitab tentang Jodoh, Bisa Menghilangkan Rasa Khawatir

Hal-hal yang kamu alami dalam dunia percintaan telah dibahas dalam Alkitab, lho

3 Juni 2024

13 Ayat Alkitab tentang Jodoh, Bisa Menghilangkan Rasa Khawatir
Pexels/Asad Photo

Sebagai manusia tentu kamu mempunyai berbagai macam pertanyaan mengenai jodoh. Entah itu mempertanyakan kapan datangnya hingga bagaimana menjaga keharmonisan dalam hubungan tersebut.

Pertanyaan-pertanyaan yang menghantui pikiranmu terkadang bisa membuat hubungan kamu dengan Tuhan justru menjadi renggang. Tak jarang, kamu pun semakin ragu akan kuasa-Nya dalam hidupmu dikarenakan permasalahan yang tidak kunjung reda dalam hidup.

Tetapi justru dalam Alkitab melalui firman-Nya, beberapa ayat bisa mewakili dan menjawab keraguan, pertanyaan, bahkan keresahan atas segala permasalahan dalam hidup kamu. Khususnya dalam hubungan romansa yang kamu sedang cari atau jalani.

Untuk kamu yang sedang berada dalam fase ini, Popmama.com telah merangkum beberapa ayat Alkitab tentang jodoh secara lebih detail. 

Yuk, lihat lebih detail beberapa ayat Alkitab ini!

1. Ayat Alkitab tentang mencari jodoh

1. Ayat Alkitab tentang mencari jodoh
Pexels/Jasmine

Walau kamu selalu mempertanyakan kapan datangnya seseorang yang bisa mencintaimu dan mau memulai hidup bersamamu, sebaiknya jangan memaksakan kehendak sendiri, ya.

Mintalah agar kehendak Tuhan yang terjadi di dalam kehidupanmu, bukan atas kehendak diri sendiri. Sebab, Tuhan sudah mengatur apa yang kamu butuhkan, bukan apa yang kamu mau.

Berikut beberapa kutipan ayat Alkitab tentang mencari jodoh, antara lain: 

Yakobus 4:2b-3

Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa. Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.

Matius 7:7

Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.

Matius 6:33

Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Filipi 4:6

Janganlah hendaknya kamu khawatir tentang apa pun, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

Matius 19:12

Ada orang yang tidak dapat kawin karena ia memang lahir demikian dari rahim ibunya, dan ada orang yang dijadikan demikian oleh orang lain, dan ada orang yang membuat dirinya demikian karena kemauannya sendiri oleh karena Kerajaan Surga. Siapa yang dapat mengerti hendaklah ia mengerti.

2. Ayat Alkitab tentang datangnya jodoh

2. Ayat Alkitab tentang datang jodoh
Pexels/Cottonbro

Tak jarang, ada banyak orang yang merasa khawatir terkait jodohnya akan datang atau tidak. Namun, datangnya seseorang yang akan menjadi pasangan hidupmu pun sudah terdapat dalam tiga ayat Alkitab. 

Berikut ayat Alkitab tentang datangnya jodoh, antara lain:

Kejadian 2:18

TUHAN Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.

Amsal 30:18-19

Ada tiga hal yang mengherankan aku, bahkan, ada empat hal yang tidak kumengerti: jalan rajawali di udara, jalan ular di atas cadas, jalan kapal di tengah-tengah laut, dan jalan seorang laki-laki dengan seorang gadis.

Kejadian 2:22

Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nya lah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.

3. Ayat Alkitab tentang hubungan yang terjalin

3. Ayat Alkitab tentang hubungan terjalin
Freepik

Beberapa ayat Alkitab juga membahas mengenai hubungan yang terjalin ketika kamu sedang bersama pasangan. Lebih tepatnya yang dimaksud oleh Alkitab adalah persekutuan, termasuk kamu dengan pasangan yang merupakan lingkup persekutuan kecil.

Berikut ayat Alkitab yang bisa menjadi renungan, antara lain: 

2 Korintus 6:14

Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?

Ezra 10:10

Maka bangkitlah imam Ezra, lalu berkata kepada mereka: “Kamu telah melakukan perbuatan tidak setia, karena kamu memperistri perempuan asing dan dengan demikian menambah kesalahan orang Israel.

Amsal 31:30

Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi istri yang takut akan TUHAN dipuji-puji.

Ibrani 10:24-25

Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

1 Korintus 7:16

Sebab bagaimanakah engkau mengetahui, hai istri, apakah engkau tidak akan menyelamatkan suamimu? Atau bagaimanakah engkau mengetahui, hai suami, apakah engkau tidak akan menyelamatkan istrimu?

Jadi itulah 13 ayat Alkitab tentang jodoh yang bisa kamu resapi dan dijadikan arahan dalam menjawab semua pertanyaan-pertanyaan dalam hidup, khususnya mengenai jodoh.

Tak ada salahnya mencoba untuk mulai merenungkan ayat Alkitab di kehidupan sehari-hari agar kamu tetap berada di jalan Tuhan. 

Baca juga:

The Latest