30 Ayat Alkitab tentang Perdamaian, Jadi Pengingat untuk Mengasihi

Ada banyak renungan yang bisa diambil dari berbagai ayat Alkitab kali ini

29 Mei 2024

30 Ayat Alkitab tentang Perdamaian, Jadi Pengingat Mengasihi
Pexels/Anna Shvets

Perdamaian telah menjadi cita-cita universal yang dikejar oleh manusia sepanjang sejarah peradaban. Dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari hubungan antar individu hingga hubungan antar negara, konsep perdamaian memiliki peran penting dalam membentuk dunia yang lebih harmonis.

Dalam konteks agama, salah satu sumber inspirasi utama yang merangsang pemikiran tentang perdamaian adalah Alkitab. Alkitab memiliki berbagai ayat yang mengajarkan tentang pentingnya perdamaian.

Dengan menggali hikmah Alkitab, kamu dapat menemukan pedoman berharga untuk menjalani kehidupan yang lebih damai, serta berkontribusi dalam membangun dunia yang lebih harmonis dan penuh kasih.

Kali ini Popmama.com sudah merangkum 30 ayat Alkitab tentang perdamaian. Penting sekali untuk menggali makna, pesan, dan petunjuk yang terkandung dalam ayat-ayat tersebut, serta dapat menjadi panduan dalam mencapai perdamaian di lingkungan sekitar.

Yuk, simak ayat-ayat Alkitab berikut ini!

1. Ayat Alkitab tentang perdamaian dari Tuhan

1. Ayat Alkitab tentang perdamaian dari Tuhan
Freepik/pvproductions

Yohanes 14:27

Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

Yesaya 54:10

Sebab biarpun gunung-gunung beranjak dan bukit-bukit bergoyang, tetapi kasih setia-Ku tidak akan beranjak dari padamu dan perjanjian damai-Ku tidak akan bergoyang, firman Tuhan, yang mengasihani engkau.

Yohanes 20:21

Maka kata Yesus sekali lagi: ”Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.”

Yesaya 26:3

Yang hatinya teguh Kau jagai dengan damai sejahtera, sebab kepada-Mu lah ia percaya.

Mazmur 4:8

Engkau telah memberikan sukacita kepadaku, lebih banyak daripada mereka ketika mereka kelimpahan gandum dan anggur.

Lukas 2:14

Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.

Ibrani 12:11

Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.

Bilangan 6:24-26

Tuhan memberkati engkau dan melindungi engkau; Tuhan menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; Tuhan menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.

2 Tesalonika 3:16

Dan Ia, Tuhan damai sejahtera, kiranya mengaruniakan damai sejahtera-Nya terus-menerus, dalam segala hal, kepada kamu. Tuhan menyertai kamu sekalian.

Filipi 4:6-7

Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

Yesaya 52:7

Betapa indahnya kelihatan dari puncak bukit-bukit kedatangan pembawa berita, yang mengabarkan berita damai dan memberitakan kabar baik, yang mengabarkan berita selamat dan berkata kepada Sion: ”Allahmu itu Raja!”

Amsal 3:1-2

Hai anakku, janganlah engkau melupakan ajaranku, dan biarlah hatimu memelihara perintahku, karena panjang umur dan lanjut usia serta sejahtera akan ditambahkannya kepadamu.

2. Ayat Alkitab untuk perdamaian diri sendiri

2. Ayat Alkitab perdamaian diri sendiri
Pexels/John-Mark Smith

Mazmur 34:14

Jagalah lidahmu terhadap yang jahat dan bibirmu terhadap ucapan-ucapan yang menipu.

Amsal 20:3

Terhormatlah seseorang, jika ia menjauhi perbantahan, tetapi setiap orang bodoh membiarkan amarahnya meledak.

Ibrani 13:20-21

Maka Allah damai sejahtera, yang oleh darah perjanjian yang kekal telah membawa kembali dari antara orang mati Gembala Agung segala domba, yaitu Yesus, Tuhan kita, kiranya memperlengkapi kamu dengan segala yang baik untuk melakukan kehendak-Nya, dan mengerjakan di dalam kita apa yang berkenan kepada-Nya, oleh Yesus Kristus. Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin.

Matius 5:9

Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.

Yohanes 16:33

Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.

Roma 12:18

Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang!

Filipi 4:9

Dan apa yang telah kamu pelajari dan apa yang telah kamu terima, dan apa yang telah kamu dengar dan apa yang telah kamu lihat padaku, lakukanlah itu. Maka Allah sumber damai sejahtera akan menyertai kamu.

1 Petrus 3:10-11

”Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu. Ia harus menjauhi yang jahat dan melakukan yang baik, ia harus mencari perdamaian dan berusaha mendapatkannya.

Amsal 12:20

Tipu daya ada di dalam hati orang yang merencanakan kejahatan, tetapi orang yang menasihatkan kesejahteraan mendapat sukacita.

3. Ayat Alkitab tentang perdamaian antara sesama

3. Ayat Alkitab tentang perdamaian antara sesama
Pixabay/Pexels

Kolose 3:13

Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

Mazmur 119:165

Besarlah ketenteraman pada orang-orang yang mencintai Taurat-Mu, tidak ada batu sandungan bagi mereka.

Efesus 4:3

Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera

Roma 8:6

Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.

Mazmur 29:11

Tuhan kiranya memberikan kekuatan kepada umat-Nya, Tuhan kiranya memberkati umat-Nya dengan sejahtera!

Yakobus 3:17

Tetapi hikmat yang dari atas adalah pertama-tama murni, selanjutnya pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak, dan tidak munafik.

Ibrani 12:14

Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorang pun akan melihat Tuhan.

2 Korintus 13:11

Akhirnya, saudara-saudaraku, bersukacitalah, usahakanlah dirimu supaya sempurna. Terimalah segala nasihatku! Sehati sepikirlah kamu, dan hiduplah dalam damai sejahtera; maka Allah, sumber kasih dan damai sejahtera akan menyertai kamu!

Yakobus 3:18

Dan buah yang terdiri dari kebenaran ditaburkan dalam damai untuk mereka yang mengadakan damai.

Dalam menggali kumpulan ayat-ayat Alkitab tentang perdamaian, kamu tidak hanya mendapati ajaran-ajaran yang menginspirasi, tetapi juga tantangan untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Perdamaian bukanlah sekadar kata-kata, tetapi sebuah panggilan untuk bertindak serta menjadi agen perubahan positif dalam dunia yang sering kali penuh dengan ketegangan dan konflik.

Nah, itulah rangkuman 30 ayat Alkitab tentang perdamaian. Kumpulan ayat ini bisa menjadi renungan serta kesempatan untuk berkontribusi pada visi perdamaian yang selalu diinginkan oleh umat manusia.

Baca juga:

The Latest