50 Ayat Alkitab tentang Pernikahan, Bisa Jadi Renungan Positif

Mulai dari awal mula pernikahan hingga keturunan bisa menjadi renungan tersendiri

24 Oktober 2021

50 Ayat Alkitab tentang Pernikahan, Bisa Jadi Renungan Positif
Freepik

Sebuah pernikahan tentu menjadi perjalanan hidup baru untuk setiap pasangan yang sudah resmi menjadi suami istri. 

Awalnya pasangan mungkin masuk dalam masa pra-nikah atau yang dikenal sebagai masa “pacaran”. Setelah masuk dalam masa pernikahan yang sesungguhnya, seseorang tidak lagi berjalan sendiri, melainkan bisa saling hidup berdampingan.

Sejak awal manusia diciptakan, Allah telah menempatkan manusia berpasangan laki-laki dan perempuan, yaitu Adam dan Hawa. Allah menghendaki adanya persatuan antara suami dan istri dalam Kristus.

Di sisi lain, ada begitu banyak yang perlu diperhatikan dalam sebuah pernikahan dan hubungan rumah tangga. Mama dapat menemukan begitu banyak ayat Alkitab yang memberikan tuntunan dalam pernikahan.

Jika Mama ingin tahu lebih detail, berikut 50 ayat Alkitab tentang pernikahan yang telah Popmama.com rangkum.

Yuk, disimak sebagai sebuah renungan dan pembelajaran baru!

1. Awal mula adanya sebuah pernikahan

1. Awal mula ada sebuah pernikahan
Freepik

Segala sesuatu sudah diatur oleh Tuhan Yesus dari awal, begitu juga dengan pernikahan. Berikut beberapa ayat yang menunjukkan awal mula perintah Tuhan tentang pernikahan, antara lain: 

Kejadian 2:24

Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan istrinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.

Markus 10:6-9

Sebab pada awal dunia, Allah menjadikan mereka laki-laki dan perempuan, sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan istrinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.

Editors' Picks

2. Ayat Alkitab yang diperuntukan untuk seorang istri

2. Ayat Alkitab diperuntukan seorang istri
Freepik/wirestock

Dalam sebuah pernikahan melibatkan dua pihak, yaitu suami dan istri. Beberapa ayat Alkitab setelah ini khusus ditujukan untuk Mama nih sebagai seorang istri, antara lain:

Amsal 18:22

Siapa mendapat istri, mendapat sesuatu yang baik, dan ia dikenan Tuhan.

Amsal 19:14

Rumah dan harta adalah warisan nenek moyang, tetapi istri yang berakal budi adalah karunia Tuhan.

Amsal 31:10

Istri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata.

Efesus 5:22-23

Hai istri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, karena suami adalah kepala istri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.

1 Korintus 7:16a

Sebab bagaimanakah engkau mengetahui, hai istri, apakah engkau tidak akan menyelamatkan suamimu?

Kidung Agung 4:9

Engkau mendebarkan hatiku, dinda, pengantinku, engkau mendebarkan hati dengan satu kejapan mata, dengan seuntai kalung dari perhiasan lehermu.

Amsal 27:15

Seorang istri yang suka bertengkar serupa dengan tiris yang tidak henti-hentinya menitik pada waktu hujan.

Kejadian 2:18

Tuhan Allah berfirman: ”Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.”

Kolose 3:18

Hai istri-istri, tunduklah kepada suamimu, sebagaimana seharusnya di dalam Tuhan.

3. Ayat Alkitab yang diperuntukan untuk suami

3. Ayat Alkitab diperuntukan suami
Freepik/Jcomp

Laki-laki ditempatkan sebagai seorang kepala keluarga. Sebagai seorang kepala keluarga, tentu memiliki peran yang penting dalam sebuah rumah tangga.

Berikut beberapa ayat Alkitab yang diperuntukan khusus untuk Papa sebagai seorang suami, antara lain:

1 Korintus 7:16b

Atau bagaimanakah engkau mengetahui, hai suami, apakah engkau tidak akan menyelamatkan istrimu?

Yesaya 54:5

Sebab yang menjadi suamimu ialah Dia yang menjadikan engkau Tuhan semesta alam nama-Nya; yang menjadi Penebusmu ialah Yang Mahakudus, Allah Israel, Ia disebut Allah seluruh bumi.

Efesus 5:25

Hai suami, kasihilah istrimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya

1 Petrus 3:7

Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan istrimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.

Markus 10:11

Lalu kata-Nya kepada mereka: ”Barangsiapa menceraikan istrinya lalu kawin dengan perempuan lain, ia hidup dalam perzinahan terhadap istrinya itu.

1 Korintus 7:1-2

Dan sekarang tentang hal-hal yang kamu tuliskan kepadaku. Adalah baik bagi laki-laki, kalau ia tidak kawin, tetapi mengingat bahaya percabulan, baiklah setiap laki-laki mempunyai istrinya sendiri dan setiap perempuan mempunyai suaminya sendiri.

1 Tesalonika 4:3-5

Karena inilah kehendak Allah: pengudusanmu, yaitu supaya kamu menjauhi percabulan, supaya kamu masing-masing mengambil seorang perempuan menjadi istrimu sendiri dan hidup di dalam pengudusan dan penghormatan, bukan di dalam keinginan hawa nafsu, seperti yang dibuat oleh orang-orang yang tidak mengenal Allah,

Amsal 5:18

Diberkatilah kiranya sendangmu, bersukacitalah dengan istri masa mudamu:

Kolose 3:19

Hai suami-suami, kasihilah istrimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia.

Efesus 5:28

Demikian juga suami harus mengasihi istrinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi istrinya mengasihi dirinya sendiri.

4. Perintah Tuhan terhadap pernikahan

4. Perintah Tuhan terhadap pernikahan
Freepik/wirestock

Kalau tadi kita sudah melihat ayat yang ditujukan khusus untuk Mama ataupun Papa, kali ini merupakan beberapa ayat yang berisikan perintah Tuhan dalam pernikahan

Berikut beberapa ayat Alkitab sebagai sebuah renungan, antara lain:

Ibrani 13:4

Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.

Efesus 4:2-3

Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera:

Kolose 3:14

Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.

Pengkhotbah 4:9

Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka.

Pengkhotbah 4:12

Dan bilamana seorang dapat dialahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan.

Efesus 5:33

Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah istrimu seperti dirimu sendiri dan istri hendaklah menghormati suaminya.

1 Korintus 7:4

Istri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demikian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi istrinya.

Mazmur 118:24

Inilah hari yang dijadikan Tuhan, marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita karenanya!

1 Petrus 4:8

Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.

Yosua 24:15

Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada Tuhan, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada Tuhan!”

1 Korintus 11:3

Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah.

Kolose 3:15

Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.

Galatia 6:2

Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.

Kidung agung 2:7

Kusumpahi kamu, puteri-puteri Yerusalem, demi kijang-kijang atau demi rusa-rusa betina di padang: jangan kamu membangkitkan dan menggerakkan cinta sebelum diingininya!

2 Korintus 6:14

Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?

Kidung Agung 8:6-7

Taruhlah aku seperti meterai pada hatimu, seperti meterai pada lenganmu, karena cinta kuat seperti maut, kegairahan gigih seperti dunia orang mati, nyalanya adalah nyala api, seperti nyala api Tuhan! Air yang banyak tak dapat memadamkan cinta, sungai-sungai tak dapat menghanyutkannya. Sekalipun orang memberi segala harta benda rumahnya untuk cinta, namun ia pasti akan dihina.

Kidung Agung 2:16

Kekasihku kepunyaanku, dan aku kepunyaan dia yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung.

Amsal 3:3

Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu,

Roma 1:26-27

Karena itu Allah menyerahkan mereka kepada hawa nafsu yang memalukan, sebab istri-istri mereka menggantikan persetubuhan yang wajar dengan yang tak wajar. Demikian juga suami-suami meninggalkan persetubuhan yang wajar dengan istri mereka dan menyala-nyala dalam berahi mereka seorang terhadap yang lain, sehingga mereka melakukan kemesuman, laki-laki dengan laki-laki, dan karena itu mereka menerima dalam diri mereka balasan yang setimpal untuk kesesatan mereka. 

2 Korintus 13:11

Akhirnya, saudara-saudaraku, bersukacitalah, usahakanlah dirimu supaya sempurna. Terimalah segala nasihatku! Sehati sepikirlah kamu, dan hiduplah dalam damai sejahtera; maka Allah, sumber kasih dan damai sejahtera akan menyertai kamu!

Kidung Agung 3:4

Baru saja aku meninggalkan mereka, kutemui jantung hatiku; kupegang dan tak kulepaskan dia, sampai kubawa dia ke rumah ibuku, ke kamar orang yang melahirkan aku.

Yohanes 15:12

Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. 

Kolose 4:6

Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang.

Kolose 3:12

Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.

Efesus 5:3-4

Tetapi percabulan dan rupa-rupa kecemaran atau keserakahan disebut saja pun jangan di antara kamu, sebagaimana sepatutnya bagi orang-orang kudus. Demikian juga perkataan yang kotor, yang kosong atau yang sembrono – karena hal-hal ini tidak pantas – tetapi sebaliknya ucapkanlah syukur.

5. Ayat Alkitab tentang keturunan

5. Ayat Alkitab tentang keturunan
Freepik/wirestock

Selain pernikahan, Tuhan juga menghendaki manusia untuk memenuhi bumi, yaitu dengan memiliki keturunan.

Inilah beberapa renungan ayat Alkitab yang menunjukkan terkait kehendak Tuhan atas keturunan ilahi:

Kejadian 1:28

Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: ”Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

Maleakhi 2:14-15

Dan kamu bertanya: ”Oleh karena apa?” Oleh sebab Tuhantelah menjadi saksi antara engkau dan istri masa mudamu yang kepadanya engkau telah tidak setia, padahal dialah teman sekutumu dan istri seperjanjianmu. Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh? Dan apakah yang dikehendaki kesatuan itu? Keturunan ilahi! Jadi jagalah dirimu! Dan janganlah orang tidak setia terhadap istri dari masa mudanya.

1 Korintus 7:14

Karena suami yang tidak beriman itu dikuduskan oleh istrinya dan istri yang tidak beriman itu dikuduskan oleh suaminya. Andaikata tidak demikian, niscaya anak-anakmu adalah anak cemar, tetapi sekarang mereka adalah anak-anak kudus.

1 Timotius 5:8

Tetapi jika ada seorang yang tidak memeliharakan sanak saudaranya, apalagi seisi rumahnya, orang itu murtad dan lebih buruk dari orang yang tidak beriman.

Itulah 50 ayat Alkitab tentang pernikahan bisa menjadi renungan saat menjalani bahtera rumah tangga bersama pasangan. Semoga ayat-ayat Alkitab di atas dapat bermanfaat bagi kehidupan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.