TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Ciri Suami Takut Istri, Merasa Kegiatannya Selalu Dibatasi

Ada banyak tanda suami takut kepada istri, mulai dari selalu nurut hingga menghindari diskusi

23 September 2022

7 Ciri Suami Takut Istri, Merasa Kegiatan Selalu Dibatasi
Freepik/shurkin_son

Pernikahan seharusnya menjadi sesuatu yang menyenangkan karena memiliki teman hidup untuk saling melengkapi. Tetapi, bagaimana bila pernikahan yang dijalani justru terasa membebani karena adanya rasa takut kepada pasangan?

Tentunya rasa takut yang dirasakan oleh salah satu pasangan dalam rumah tangga tidak akan berdampak baik. Rasa takut terhadap pasangan bukan hanya dirasakan istri, tetapi juga bisa dirasakan oleh suami.

Mungkin Mama pernah mendengar istilah "Suami Suami Takut Istri" yang populer dalam sitkom televisi. Istilah tersebut ternyata bukan hanya fiksi belaka. Fenomena suami takut kepada istri memang banyak ditemui di kehidupan nyata.

Lantas, hal apa yang menjadi tanda bahwa suami takut kepada istri? Kali ini Popmama.comtelah merangkum deretan ciri suami takut istri secara lebih detail.

Simak deretan cirinya di bawah ini yuk, Ma!

1. Selalu setuju dengan pendapat istri

1. Selalu setuju pendapat istri
Freepik/pressfoto

Perbedaan pendapat antara suami istri memang sering dijumpai dalam rumah tangga. Salah satu ciri bahwa suami takut kepada istri ialah selalu setuju dengan pendapat istri. Di mana suami selalu mengangguk pada segala hal yang istri katakan.

Bahkan ketika membahas hal-hal yang penting, suami seolah setuju tanpa mengungkapkan pendapatnya terlebih dahulu atau bahkan berdiskusi dengan Mama. Bila begitu, besar kemungkinan penyebab sikap suami seperti itu karena merasa takut.

Hal ini sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja ya, Ma. Pasalnya, bisa jadi suami sebenarnya memiliki pendapat sendiri tetapi dipendam karena takut mengungkapkan kepada Mama. Bila terus-menerus begitu, maka bisa berdampak buruk bagi hubungan, lho.

2. Menghindari diskusi panjang dengan istri

2. Menghindari diskusi panjang istri
Freepik/wayhomestudio

Ciri lainnya bahwa suami takut kepada istri ialah suami akan menghindar. Apalagi saat dihadapkan pada hal-hal yang mengarah ke diskusi panjang dengan istri. Suami akan lebih memiliki mengiyakan pendapat istri atau nurut seperti di ciri pertama.

Penyebab suami menghindari diskusi panjang dengan istri bisa terjadi karena berbagai faktor. Salah satunya merasa takut menyinggung perasaan istri, sehingga menyebabkan konflik dalam rumah tangga. Bisa juga karena suami merasa selalu kalah, sehingga memilih tidak diskusi sejak awal.

Selain itu, suami umumnya sangat berhati-hati ketika berbicara dengan istri. Tak jarang, suami yang takut istri juga memilih untuk menghindari pembahasan tentang topik-topik yang sensitif seperti keuangan.

Editors' Picks

3. Menyerahkan keputusan mutlak kepada istri

3. Menyerahkan keputusan mutlak kepada istri
Freepik/Jcomp

Berdiskusi dengan pasangan sebelum mengambil keputusan memang salah satu hal yang baik dalam rumah tangga. Tetapi, lain halnya bila suami bukan hanya berkonsultasi kepada istri, tetapi juga menyerahkan keputusan multak kepada istrinya.

Hal tersebut justru menjadi pertanda bahwa suami takut kepada istri. Bisa jadi, suami takut akan konsekuensi dari keputusan, sehingga menyerahkan ke istri. Padahal, seharusnya keputusan terbesar masih ada di tangan suami sebagai kepala rumah tangga.

Apalagi bila keputusan tersebut menyangkut diri pribadi suami yang tidak memiliki dampak atau pengaruh besar kepada kehidupan rumah tangga. Dalam hal ini, sebaiknya tetap sang suami yang mengambil keputusan setelah mendengarkan masukan dan saran dari istri.

4. Selalu merasa kegiatannya dibatasi

4. Selalu merasa kegiatan dibatasi
Freepik/wavebreakmedia_micro

Ciri lainnya yang menunjukkan bahwa suami takut kepada istri ialah munculnya perasaan bahwa kegiatannya dibatasi oleh istri. Misalnya seperti merasa tidak bisa bertemu dengan teman-teman lama ataupun kerabat.

Padahal pada kenyataannya, istri tidak pernah melarang suami beraktivitas. Mungkin saja perasaan ini muncul karena rasa takut suami kepada istri. Di mana suami merasa takut untuk meminta izin atau mengungkapkan keinginannya kepada istri.

Sehingga, suami secara tidak langsung akan merasa bahwa istrinya membatasi ruang geraknya. Tentunya lambat laun perasaan ini akan membuat suami merasa tidak nyaman lho, Ma.

5. Menghindar bertemu istri

5. Menghindar bertemu istri
Freepik/Rawpixel.com

Salah satu ciri lainnya bahwa suami takut kepada istri ialah selalu menghindar. Bukan berarti setiap saat suami menjauhi istri, tetapi misalnya saat suami tahu bahwa istri mungkin akan marah kepadanya atau akan berkonflik.

Misalnya, saat mendadak lembur dan pulang larut, suami justru memilih untuk tidak langsung pulang ke rumah menemui istri. Suami menduga akan dimarahi, sehingga memilih tidak bertemu dibanding menyelesaikan masalah.

Selain itu, seharusnya pasangan suami istri bisa saling memahami kegiatan satu sama lain. Dengan begitu, suami tidak perlu merasa takut istri akan marah.

Maka dari itu, istri perlu mengomunikasikan dengan suami secara baik-baik agar ia tidak perlu merasa ketakutan.

6. Selalu minta izin kepada istri

6. Selalu minta izin kepada istri
freepik/wayhomestudio

Meminta izin kepada istri memang bukan menjadi hal yang salah. Tetapi, bila suami selalu minta izin kepada istri ketika hendak melakukan segala hal bahkan ketika membeli barang untuk kebutuhan pribadi, kondisi ini patut dipertanyakan.

Pasalnya, ini bisa menjadi salah satu pertanda bahwa suami merasa takut kepada istri. Memang suami sebaiknya memberi tahu atau menginformasikan kepada istri, tetapi bukan berarti bahwa suami dapat membeli barang tersebut hanya bila mendapat izin dari istri.

Hal ini karena seharusnya suami bisa memutuskan sendiri terkait hal-hal kecil seperti membeli barang pribadi, terutama bila nominalnya tidak besar atau tidak mengganggu keuangan bersama. Contohnya saja ketika membeli makanan, kebutuhan mandi, bensin, dan lainnya.

7. Merasa lebih nyaman ketika tidak bersama istri

7. Merasa lebih nyaman ketika tidak bersama istri
Freepik/yanalya

Bila suami tampak lebih nyaman ketika istri tidak berada di dekatnya, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa suami takut kepada istri. Misalnya suami merasa lega ketika Mama sedang pergi ke luar, sedangkan dirinya memilih untuk di rumah.

Tak hanya itu, bila suami terlihat baik-baik saja di hadapan Mama, tetapi justru mengolok-olok Mama di belakang. Contohnya saja membicarakan hal buruk misalnya di hadapan teman atau kerabat. Hal ini menunjukkan bahwa suami sebenarnya takut kepada istri, namun memendam perasaannya.

Bila Mama menjumpai keadaan seperti ini, sebaiknya perlu mengajak suami untuk berkomunikasi. Pasalnya terkadang ketakutan suami terhadap istri disebabkan oleh hal tertentu yang ada pada diri sang Istri.

Itulah deretan ciri suami yang takut istri. Bila Mama menemukan salah satu atau beberapa ciri di atas pada suami, segera komunikasikan hal ini dengan suami, ya.

Pasalnya, suami yang takut istri tentu tidak baik untuk keberlangsungan rumah tangga.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk