Demi Keluarga Bahagia dan Utuh, Ketahui 9 Cara Menghindari Perceraian

Jangan langsung menggugat cerai, yuk lakukan cara ini terlebih dahulu

21 Februari 2021

Demi Keluarga Bahagia Utuh, Ketahui 9 Cara Menghindari Perceraian
Freepik/prostooleh

Pasangan mana yang mau rumah tangganya terambang perceraian? Tentunya tidak ada yang menginginkan seperti itu, semua pasangan tentu menginginkan kebahagiaan dalam berumah tangga.

Namun, pernikahan yang dibangun dengan cinta sekalipun terkadang tidak akan berjalan dengan baik sesuai harapan. Akan ada saja halangan yang bisa memisahkan cinta sudah dirajut oleh sepasang suami istri.

Jika dirasa sudah tidak bisa mempertahankan hubungan rumah tangga, perceraian memang menjadi salah satu hal yang ditempuh. Tetapi, bukan lebih baik jika dipertahankan terlebih dahulu?

Kamu tentu juga tidak menginginkan hal seperti ini terjadi dengan pasangananmu. Sebelum memutuskan untuk benar-benar menggugat cerai pasanganmu, berikut Popmama.com telah merangkum cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menghindari perceraian dalam pernikahan.

1. Jangan menyalahkan satu sama lain

1. Jangan menyalahkan satu sama lain
Freepik/rawpixel.com

Dalam gagalnya suatu hubungan, tentunya tidak akan ada yang mau disalahkan, bukan?

Suatu hubungan rumah tangga tentu tidak luput dari kesalahan dan pertengkaran. Namun, dengan menyalahkan satu sama lain tidak akan memeprbaiki permasalahan, yang ada semakin memperkeruh suasana.

Jika sudah seperti ini, ada baiknya jika kamu dan pasanganmu membicarakan berdua dan belajar menerima kenyataaan bahwa tidak semua harapan berjalan sesuai harapan. Dengan belajar lebih ikhlas dan menerima, hubunganmu dan pasangan mungkin akan jauh dari kata perceraian.

2. Mau berkompromi satu sama lain

2. Mau berkompromi satu sama lain
Freepik/rawpixel.com

Tidak hanya hubungan berumah tangga, dalam setiap hubungan apapun tentu kompromi memainkan peran yang penting dalam keberhasilan ataupun kegagalan.

Saat berkompromi satu sama lain, kamu dan pasangan tentu harus terbuka terhadap ide-ide dari satu sama lain. Hasil dari pernikahan akan bergantung pada masing-masing pihak, bagaimana  mengesampingkan keinginan individu serta mewujudkan keinginan bersama secara realistis.

Sehingga tak jarang kompromi sangat diperlukan dalam suatu hubungan, hal ini berguna untuk menghindari egoisme antar pasangan.

3. Saling mendengarkan satu sama lain

3. Saling mendengarkan satu sama lain
Freepik

Cara satu ini dirasa paling ampuh untuk menghindari perceraian. Ini adalah hal dasar yang wajib dilakukan setiap pasangan suami istri untuk saling mendengarkan satu sama lain.

Komunikasi yang bermasalah seringkali menjadi penyebab akar dari permasalahan suatu hubungan. Sehingga kamu dan pasangan memerlukan komunikasi yang baik agar pernikahan dapat berjalan seusai yang diharapkan serta terhindar dari perceraian.

Dengan mendengarkan pasanganmu, kamu juga bisa mengetahui perasaannya serta memahami apa yang ia pikirkan. Begitupun sebaliknya. Jadi, jangan malu untuk mengkomunikasikan semua hal bersama pasanganmu, ya.

Editors' Picks

4. Utarakan perasaanmu

4. Utarakan perasaanmu
Freepik/pressfoto

Selain mendengarkan perasaan pasanganmu, kamu juga harus bisa mengungkapkan perasaan kamu sendiri padanya. Dengan begitu, ia juga bisa memahami sudut pandangmu.

Mungkin mengutarakan perasaan menjadi hal yang sedikit susah untuk dilakukan, namun pada kenyataannya hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi ketimpangan perasaan dan akhirnya membuat kamu menjadi kesal sendiri.

Pada masing-masing kasus, cara menghindari perceraian tergantung pada kondisi yang berbeda, tetapi kemampuan mendengarkan serta mengutarakan perasaan sendiri tentu akan lebih berguna ketika hubungan rumah tanggamu diambang perceraian.

5. Luruskan kesalahpahaman

5. Luruskan kesalahpahaman
Freepik/katemangostar

Kesalahpahaman seringkali menjadi salah satu akar penyebab retaknya rumah tangga. Kesalahpahaman juga bisa membuat pasangan pada akhirnya kehilangan kepercayaan. 

Jika sudah merasa seperti ini, jangan disepelekan ya! Segera luruskan kesalahpahaman tersebut pada pasanganmu.

Setiap orang tentu memiliki kekurangan serta kelebihan masing-masing. Jadi, lebih baik menghindari sikap egois ketika pasangan sedang bermasalah. Coba carilah jalan keluar dan emnyelesaikan masalah tersebut dengan segara.

6. Belajar memaafkan dan melupakan

6. Belajar memaafkan melupakan
Unsplash/Priscilla Du Preez

Tidak ada orang di muka bumi ini yang tidak pernah membuat kesalahan, dan tidak semua orang juga bisa belajar memaafkan dan melupakan kesalahan yang telah orang lain perbuat padanya.

Hal seperti ini juga sangat penting dalam mempertahankan rumah tanggamu. Tidak ada orang yang menyukai jika kesalahannya selalu diungkit dan diingat setiap kali bertengkar. Dalam menjalin rumah tangga yang ideal, memaafkan dan melupakan perlu dilakukan agar tidak ada rasa bersalah dan dendam yang menyelimuti batin satu sama lain.

Lupakan dan ikhlaskan adalah kunci penting jika ingin rumah tangga terhindari dari perceraian.

7. Luangkan waktu sendiri jika memang dibutuhkan

7. Luangkan waktu sendiri jika memang dibutuhkan
Pexels/Tirachard Kumtanom

Dalam suatu hubungan, tentu akan timbul yang namanya rasa bosan dan muak dengan pasangan. Terlebih ketika ada masalah dalam suatu hubungan lalu harus bertatap muka setiap harinya.

Jika kamu merasa seperti ini, ada baiknya kamu melakukan 'me time'. Bukan meyendiri untuk selamanya, tetapi sendiri untuk merefleksikan kesalahan atau menenangkan pikiranmu yang sedang suntuk.

Masih banyak orang tidak menyadari bahwa 'istirahat' dalam suatu hubungan bisa menjadi tips ampuh dalam menghindari perceraian. Kamu dan pasangan bisa memberikan waktu satu sama lain untuk melakukan hal yang sama. Ingat, jangan terlalu lama ya. Jangan membuat pasanganmu juga menunggu lama.

8. Bangun dan temukan goals dalam berumah tangga

8. Bangun temukan goals dalam berumah tangga
Unsplash/Mike Scheid

Cara satu ini juga bisa kamu lakukan untuk menghindari hubungan rumah tanggamu dari perceraian. Cobalah untuk menemukan suatu pencapaian atau tujuan saat berumah tangga.

Ketika kamu pacaran, kamu tentu memiliki pencapaian atau tujuan bersama, bukan? Nah, tidak hanya saat pacaran saja, saat menikah pun dibutuhkan hal seperti ini.

Ketika menikah, kamu perlu mempunyai tujuan sendiri dalam mencapai kebahagiaan berumah tangga. Seperti menentukan ingin memiliki anak berapa, ketika sudah tumbuh semakin dewasa apa yang akan kamu dan pasangan lakukan, melakukan trip perjalanan ke suatu tempat, atau masa depan lain yang memang menjadi impianmu dan pasangan selama ini.

Dengan memiliki goals tertentu, kamu dan pasangan tentu akan semakin kompak dan berusaha mewujudkannya. Sehingga tidak ada kata perceraian berdasarkan cita-cita yang ingin diwujudkan.

9. Ubalah penampilanmu

9. Ubalah penampilanmu
Freepik/v.ivash

Selain semua cara yang sudah dijelaskan di atas, cara satu ini mungkin menjadi hal paling ampuh dalam meredam niatan pasangan untuk menggugat ceraimu.

Kamu bisa becermin dan melihat penampilanmu, apakah penampilan seperti itu membuat pasanganmu tidak lagi menarik matanya dan ingin pisah denganmu?

Cara yang bisa kamu lakukan jika ingin tetap bersamanya adalah melakukan perubahan. Kamu bisa merubah penampilanmu menjadi lebih baik dan menarik, sehingga pasanganmu tidak akan melirik mata pada orang lain.

Cobalah lakukan olahraga secara rutin untuk gaya hidup sehat serta merubah gaya penampilan agar terlihat lebih segar. Tidak ada salahnya tampil menawan setiap hari dihadapan pasangan, bukan?

Nah, itu dia sembilan cara yang bisa kamu lakukan sebelum memutuskan untuk bercerai dengan pasangan.

Setiap permasalahan memang membuat kita tidak bisa berpikir jernih, namun dalam rumah tangga kamu tidak bisa asal memutuskan berpisah begitu saja. Jangan sampai hanya karena permasalahan yang bisa diselesaikan membuat kamu menyesal karena memilih pisah.

Semoga hubungan rumah tanggamu selalu diberikan kebahagiaan serta kelanggengan, ya!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.