Mengalami "Lack of Trust", Pernikahan Justin Bieber Sempat Terguncang

Begini penjelasan dari psikolog mengenai lack of trust!

18 April 2021

Mengalami "Lack of Trust", Pernikahan Justin Bieber Sempat Terguncang
Instagram.com/justinbieber

Penyanyi kelas dunia, Justin Bieber dan Hailey Baldwin ternyata sempat mengalami lack of trust pada pernikahan mereka. Justin mengakui hal tersebut pada media, bahkan permasalahan itu terjadi di fase awal pernikahan mereka.

Dari permasalahan tersebut, pernikahannya dengan Halley terasa sulit dijalani di awal-awal mereka resmi menjadi pasangan suami istri.

Lack of trust adalah perasaan kurangnya rasa percaya, di mana dalam sebuah hubungan pernikahan ditunjukkan dengan adanya kesulitan ketika ingin membuka diri kepada pasangan. Kesulitan tersebut baik ketika mengungkapkan ide atau pikiran kita, bahkan terkait sharing mengenai masalah yang sedang dialami untuk diceritakan kepada pasangan.

Dilansir dari laman Huffpost, Justin menyebutkan bahwa pada 12 bulan pertama dalam pernikahannya Hailey masih ada kurangnya rasa percaya. Ia pun sebagai suami masih merasa ragu menceritakan hal apa saja kepada istrinya. 

Hal ini terjadi lantaran kurangnya rasa percaya mengenai berbagai perasaan terdalam kepada sang Istri.

"Hanya ada perasaan kurang percaya karena tidak ingin mengakui hal menakutkan kepada orang yang bersama kita," ucap Justin seperti yang dikutip dari laman Huffpost.

Seperti sang Suami, Hailey sebelumnya juga mengungkapkan bahwa pernikahannya tak selalu mulus seperti yang tergambarkan publik. Namun, keduanya terus berusaha agar semua bisa berjalan baik dan saling membahagiakan untuk kedua belah pihak.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa yang terjadi pada permasalahan pernikahan Justin Bieber dan Hailey Baldwin, berikut Popmama.com telah merangkumnya dari berbagai sumber. 

Editors' Picks

1. Justin dan Hailey terkait permasalahan dalam rumah tangganya

1. Justin Hailey terkait permasalahan dalam rumah tangganya
Freepik

Pasangan yang menikah pada 2018 silam saat ini tengah menikmati momen bahagia bersama sebagai suami dan istri. Meski terlihat bahagia di media sosial, namun keduanya pun mengaku sempat mengalami guncangan dalam pernikahannya.

Permasalahan kepercayaan yang dialami pernikahan Justin dan Hailey. Menurut Justin terjadi lantaran adanya berbagai pengalaman traumatis di masa lalunya. Justin mengaku bahwa dirinya tak ingin membuat Hailey ikut merasakan kekhawatiran terhadap pikiran buruk yang sedang dialaminya.

Sejalan dengan sang Suami, Hailey dalam wawancara bersama majalah Vogue tahun 2019 lalu mengatakan bahwa komitmen yang mereka jalin terus diperjuangkan bersama. Meski memang tak selalu mudah, ia juga melihat Justin sebagai sahabatnya.

Hel tersebut tentu membuat tak pernah ada rasa bosan di dalam hubungan keduanya, meski ada banyak tantangan dalam menjalani rumah tangga.

Kini, Justin dan Hailey berhasil melewati masa kelam tersebut. Menurut Justin, kehadiran Hailey disebut sebagai kekuatan yang memberikan energi positif sekaligus berpengaruh baik pada kehidupannya saat ini.

2. Penyebab lack of trust menurut psikolog

2. Penyebab lack of trust menurut psikolog
Freepik/jcomp

Dari permasalahan kepercayaan yang dialami Justin Bieber dan hailey Baldwin di atas, sebenarnya apa saja yang menjadi penyebab terjadinya lack of trust pada hubungan suami istri?

Untuk mengetahuinya, kali ini Popmama.com telah mewawancarai Alexandra Gabriella A., M.Psi, C.Ht, C.ESt. secara eksklusif seputar penyebab dan cara mengatasi lack of trust dalam setiap hubungan.

Menurut Alexandra, penyebab lack of trust biasanya terjadi akibat adanya trauma di masa lalu. Rasa trauma tersebut dapat membuat seseorang merasa terancam ketika akan menceritakan sesuatu hal di masa lalu atau memberikan kepercayaan kepada orang lain.

Misalnya ketika mereka sedang mencoba membuka diri, lalu mendapat respons dari orang lain yang tak menyenangkan. Selain itu, hal-hal yang menjadi masalah terdalam atau rahasia juga dapat digunakan kembali untuk menyakiti mereka.

Alexandra sebagai psikolog klinis juga menyebutkan bahwa respons lain bisa menjadi dasar kurangnya kepercayaan satu sama lain 

"Seperti ketika memiliki rasa khawatir akan menyakiti orang lain yang kita sayang, apalagi jika mereka tahu apa saja masalah yang sedang kita lewati. Bisa juga ada rasa cemas apabila orang yang kita sayang turut hayut dalam kesedihan setelah masalah tersebut diceritakan semuanya," jelasnya.

3. Bagaimana cara mengatasi lack of trust?

3. Bagaimana cara mengatasi lack of trust
Freepik/lookstudio

Sebagai manusia, kita memang tak boleh sembarangan memberikan kepercayaan kepada orang lain. Namun berbeda dengan pasangan, terlebih yang sudah menikah.

Sebaiknya kita bisa meyakinkan diri sendiri bahwa pasangan kita bisa dipercaya untuk membuka diri dan menerima apa adanya dengan tulus.

"Bila rasa kekhawatiran itu tetap ada, cobalah izinkan diri kamu untuk memberikan kepercayaan tersebut kepada orang yang kita percaya secara bertahap," ucap Alexandra.

Kamu bisa mengatasi masalah kepercayaan ini dengan memulainya dari hal-hal kecil. Cari sesuatu yang mungkin masih bisa ditoleransi.

Setelah berhasil, maka cobalah untuk mengobservasi reaksinya dan selalu ingatkan diri sendiri bahwa kita sudah bersama orang yang 'aman' sesuai reaksi tersebut.

"Selain itu, kamu juga bisa menantang diri untuk memberikan informasi dan keterbukaan lebih dalam pada pasanganmu. Setelah berhasil menceritakan masalah yang ada, maka kenali perasaan yang kamu alami setelahnya. Apakah menjadi lebih lega? Atau justru pasangan bisa membantu menenangkan? Tentu hal ini akan menjadi lebih baik lagi, bukan?" kata Alexandra.  

Nah, itulah informasi seputar lack of trust yang dialami Justin Bieber dan Hailey Baldwin. Dari permasalahan rumah tangga mereka, Mama pun bisa belajar untuk memahami penyebab dan cara mengatasi lack of trust yang terjadi di dalam rumah tangga. 

Semoga bisa bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.