Eksklusif: Punya Orangtua Blasteran, Cisca Becker Kompak dengan Suami Kenalkan Adat Masing-masing

Memiliki orangtua yang berbeda latar belakang, Cisca Becker punya cara unik untuk ajarkan identitas budaya ke anaknya

23 November 2020

Eksklusif Pu Orangtua Blasteran, Cisca Becker Kompak Suami Kenalkan Adat Masing-masing
Popmama.com/Michael Andrew

Pengalaman anak yang lahir dari dua kebudayaan yang jauh berbeda bisa jadi unik. Ketiga anak Cisca Becker yakni Lilou, Filippa, Noomi lahir dari dua orangtua yang memiliki latar belakang berbeda. Cisca Becker sendiri memiliki latar belakang dan berdarah Jerman. Sementara suaminya, Marlon Marandi berdarah Batak.

Karena hal ini, ketiga anaknya pun menjadi lebih kaya wawasan tentang kebudayaan kedua orangtuanya. Untuk mengajarkan dan mengenalkan hal itu, Millennial Mama of The Month Oktober 2020 ini kompak dengan suami untuk bisa membuat anak-anaknya paham akan identitas budaya mereka.

Melalui wawancara eksklusif dengan Popmama.com, berikut Cisca Becker menceritakan pengalamannya mengajarkan anak dua kebudayaan berbeda di rumah.

Editors' Picks

1. Cisca mengenalkan identitas budaya ke anaknya sejak kecil

1. Cisca mengenalkan identitas budaya ke anak sejak kecil
Instagram.com/ciscabecker/

Ketiga anak Cisca Becker lahir dari dua kebudayaan yang berbeda. Suami Cisca Becker berasal dari Batak, Sumatera dan Cisca Sendiri memiliki darah Jerman. Oleh karenanya, ia dan suami berusaha saling mendukung untuk mengajarkan anak mengenal tradisi dari latar keluarga Cisca dan suaminya.

“Kita coba ingatkan mereka aja ada dalam setiap kesempatan gitu, roots mereka,” jelas Cisca.

Untuk latar belakang keluarganya yang dari Jerman, Cisca Becker berusaha menceritakan hal-hal yang berkaitan dengan asal negara orangtuanya itu. Meski hanya mengenalkan lewat salah satu stasiun TV dari Jerman yang ada di rumahnya, setidaknya ketiga anak mereka tidak kaget dan bisa tahu harus berkomunikasi bagaimana dengan keluarganya yang dari Jerman.

“Kebetulan baru pernah satu kali liburan bareng ke sana, anak-anak tertarik sekali. Jadi setelah pandemi, mereka ingin ke Jerman,” jelas Cisca.

2. Melibatkan anak dalam setiap kegiatan keluarga besar

2. Melibatkan anak dalam setiap kegiatan keluarga besar
Popmama.com/Cisca Becker

Menurut Cisca, melibatkan anak-anak dalam acara keluarga besar agar mereka kenal dan tahu bahwa identitas mereka itu siapa dan seperti apa. Suami Cisca Becker yang berasal dari adat Batak memiliki sejumlah perayaan khusus. Salah satu cara Cisca mengenalkannya dengan adat Batak adalah membawa ketiga anaknya hadir ketika ada perayaan besar yang dilakukan.

“Keluarga suami saya memang batak asli dan sering mengadakan acara keluarga yang menampilkan tradisi batak, di mana kita bisa pasti kita ajak mereka,” tutur Cisca.

3. Pengalaman Cisca soal sifat anaknya ketika kumpul keluarga

3. Pengalaman Cisca soal sifat anak ketika kumpul keluarga
Instagram.com/Cisca Becker

Untuk bisa mengajarkan anak tentang perbedaan budaya, Cisca memandang mengenal karakter dan sifat anak bisa membantunya. Ia pun menceritakan bagaimana kedua anaknya yaitu Lilou dan Filippa memiliki karakter yang berbeda ketika berkumpul bersama masing-masing keluarga besar.

Lilou dijelaskan Cisca adalah anak yang ekstrovert dan gampang berteman dengan orang lain. Sifat Lilou ini menurut Cisca gampang membuatnya menjadi sosok yang nyaman untuk diajak bicara. Oleh karenanya ketika kumpul keluarga besar, Lilou gampang sekali berbaur.

“Dia cepat sekali dekat dengan orang lain. Ketika jalan-jalan dengan opung-opungnya tanpa saya, dia percaya diri dan santai saja,” Jelas Cisca.

Lalu untuk anak keduanya, Filippa justru sangat berkebalikan. Filippa adalah anak yang lebih introvert dan tidak suka jika berada di tengah banyak orang. Meski begitu, jika sudah akrab, Filippa bisa menjadi anak yang hangat.

“Ketika sudah akrab dengan dia, (Filippa) hangat sekali pribadinya. Dia juga punya atensi yang besar ke detail dan hal-hal kecil," tutur Cisca.  

Itu tadi bagaimana pengalaman Cisca yang mengajarkan dua kebudayaan berbeda antara dirinya dan sang Suami kepada anak. Meski sifat kedua anaknya berbeda ketika kumpul keluarga, tetap sama-sama menggemaskan ya, Ma. Siapa yang keluarganya juga punya dua adat berbeda nih?

#MillennialMama of the Month Edisi November 2020 – Cisca Becker

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Lifestyle Editor - Onic Metheany  
Reporter – FX Dimas Prasetyo, Putri Syifa Nurfadilah
Social Media - Gaby Elradha
Art Designer – Aristika Medinasari
Photographer - Michael Andrew

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Cisca Becker
Millennial Mama

Cisca Becker

"Saya ingin anak-anak bisa mengerti nilai mereka sebagai perempuan"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.