Eksklusif: Cisca Becker Ajarkan Anak Pentingnya Memiliki Empati Tinggi Sejak Kecil

Ada nilai penting yang Cisca sudah tekankan kepada anak sejak ia kecil dari pentingnya keluarga, empati hingga mengambil keputusan

11 November 2020

Eksklusif Cisca Becker Ajarkan Anak Penting Memiliki Empati Tinggi Sejak Kecil
Instagram.com/ciscabecker/

Dekatnya hubungan dalam keluarga tentu memiliki segudang manfaat untuk psikologis dari setiap anggota dalam keluarga tersebut. Oleh karenanya, penting sekali memastikan bahwa hubungan keluarga selalu harmonis dan hangat.

Mama tiga anak sekaligus presenter dan penyiar kondang Cisca Becker membagikan ceritanya tentang menjaga hubungan yang hangat dalam keluarganya.

Tentunya ini bukan hanya tugas satu pihak saja, peran suami dan memberikan pengertian ke anak, diakui Cisca sangat mendukung bagaimana hubungan kerja sama dalam keluarga bisa terjalin.

Nilai-nilai seperti family comes first jadi hal penting bagi kehidupan keluarganya. Diungkapkan oleh Millennial Mama of The Month Oktober 2020 ini mengungkapkan apa saja nilai-nilai penting yang ia ajarkan kepada anaknya terutama untuk anak pertamanya, Lilou yang sudah berusia 8 tahun. 

Berikut Popmama.com rangkum cerita dari Mama Cisca Becker!

Editors' Picks

1. Mengajarkan anak tentang ‘family comes first’

1. Mengajarkan anak tentang ‘family comes first’
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan secara virtual

Bagi Mama tiga anak ini ada nilai penting yang ia kenalkan kepada anaknya sejak kecil. Sebagai Mama ia berusaha menekankan ke anaknya bahwa peran keluarga sangat penting dalam perjalanan kehidupan.

“Saya dan suami selalu tekankan, family comes first, yang paling utama itu keluarga, kita nyatakan ke mereka tentunya dengan berusahanya kita selalu lah berusaha hadir di hidup mereka,” jelas Cisca dalam wawancara khusus dengan Popmama.com.

Sebagai Mama juga, ia bekerja sama dengan sang Suami untuk selalu hadir mendengarkan keluh kesah anak-anaknya. Dari sana, Cisca ingin menunjukkan betapa pentingnya peran keluarga untuk mereka ke depannya.

“Saat kita hadir kita mendengarkan mereka, cari tahu apa yang lagi mereka suka. Apa yang bikin mereka happy, apa yang mereka hebohkan sehari-hari,” jelas Cisca.

2. Cisca juga ajarkan anaknya peka dan memiliki empati tinggi

2. Cisca juga ajarkan anak peka memiliki empati tinggi
Instagram.com/ciscabecker/

Kedekatan keluarga ini bagi Cisca tidak perlu muluk-muluk untuk dibangun. Bagi keluarganya, bentuk afeksi sehari-hari bisa untuk memupuk rasa saling memiliki di keluarganya. Dari sana rasa percaya menjadi pondasi utama agar hubungan di dalam keluarga bisa harmonis.

“Sebagai keluarga kita dorong mereka saling support, saling sayang, saling mendukung sebagai keluarga,” jelas Cisca.

Tak lupa, sebagai makhluk sosial, Cisca juga memupuk agar anaknya memiliki empati tinggi untuk orang-orang sekitar. Cisca mengajarkan bahwa anak perlu tahu jika dirinya tidak bisa angkuh dengan kehidupan. Ada kehidupan orang di sekitar mereka dan harus berkontribusi juga dengan sekitarnya.

“Kita dorong mereka menjadi anak yang peka dengan sekelilingnya, dengan orang yang ada dalam hidup mereka, dengan kehidupan di sekitarnya, dengan komunitasnya, dan masyarakat sekitarnya,” jelas Cisca.

Diharapkan, dengan hal ini agar anak-anaknya bisa tahu caranya berkontribusi secara positif ke depannya.

"Jadi inginnya kita mereka peka, baik dan suka menolong. Juga yang paling penting adalah percaya diri, tapi percaya dirinya itu dalam bentuk mengerti, dia sebagai manusia tidak lebih baik dari orang lain," jelas Cisca. 

3. Berdiskusi dengan anak, latih mereka ambil keputusan

3. Berdiskusi anak, latih mereka ambil keputusan
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan secara virtual

Nilai utama lain yang Cisca dorong dalam keluarganya adalah pendapat setiap masing-masing anggota keluarga penting. Dari sana, sang Anak juga bisa belajar untuk mengeluarkan dan mendengarkan pendapat dari orang lain.

Misalnya ketika akan berlibur keluarga, Cisca pasti akan menanyakan keinginan anak-anaknya terlebih dahulu sebelum berkegiatan. Ketika sudah diputuskan, Cisca juga tak lupa mengingatkan anak-anaknya untuk patuh terhadap jadwal tersebut.

Dengan cara ini, Cisca juga mengajarkan kepada anak-anaknya agar bertanggung jawab dengan keputusan yang sudah dibuatnya.

“Ketika ingin liburan misalnya, saya akan diskusi sama mereka. Misal kita ke Bali dan sudah bilang kalau nanti akan ke pantai, Ubud, jalan-jalan ke waterpark, sama nanti restoran. Hari ini ada empat tempat, ini sudah pokok agenda kita. Kita ajarkan akan untuk ikuti agendanya, jangan marah-marah dan sebagainya. Setelah terbiasa, mereka juga akan terbayang akhirnya,” jelas Cisca.

Itulah tadi cerita Cisca Becker soal pendidikan dan nilai penting yang ia ajarkan kepada anaknya sejak kecil.

Sebagai Mama, tentunya Cisca ingin agar anak-anak bisa berkontribusi positif untuk lingkungan dan komunitasnya kelak. Dari harapan itu, ia sudah mempersiapkan anaknya sejak kecil agar punya rasa empati tinggi.

#MillennialMama of the Month Edisi November 2020 – Cisca Becker

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Lifestyle Editor - Onic Metheany  
Reporter – FX Dimas Prasetyo, Putri Syifa Nurfadilah
Social Media - Gaby Elradha
Art Designer – Aristika Medinasari
Photographer - Michael Andrew

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Cisca Becker
Millennial Mama

Cisca Becker

"Saya ingin anak-anak bisa mengerti nilai mereka sebagai perempuan"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.