5 Fakta Klitoris Vagina, Sumber Kenikmatan Seks untuk Perempuan

Merangsang klitoris sering dianggap tidak penting, padahal bisa menambah nikmat ketika behubungan

22 November 2020

5 Fakta Klitoris Vagina, Sumber Kenikmatan Seks Perempuan
Pixabay/lounis production

Klitoris adalah salah satu anatomi tubuh di bagian vagina. Klitoris ini bukan sekedar benjolan kecil di atas vagina perempuan. Pasalnya klitoris berperan sangat penting dalam kehidupan seks seorang perempuan.

Dalam sebuah penelitian, klitoris ini berperan sangat banyak karena 73% perempuan mengaku jika dengan menstimulasi klitoris bisa meningkatkan kenikmatan seks di ranjang. Dengan menyentuh klitoris ketika bercinta, bisa membantu orgasme perempuan lebih luar biasa.

Namun, karena letaknya yang agak tersembunyi, klitoris jadi sering terlewatkan. Nah, berikut Popmama.com rangkum hal-hal unik mengenai klitoris yang mesti kamu tahu.

1. Klitoris berfungsi sebagai kesenangan seks perempuan

1. Klitoris berfungsi sebagai kesenangan seks perempuan
sexualalpha.com

Dikutip dari Very Well Health, meski tidak berperan langsung dalam reproduksi, klitoris berperan dalam menciptakan kenikmatan ketika bercinta dengan pasangan. Ketika dirangsang, klitoris bertanggung jawab atas perasaan senang ketika hubungan seksual.

Bagi beberapa perempuan, stimulasi klitoris menjadi salah satu cara untuk mencapai orgasme. Pasalnya, beberapa kalangan tidak bisa mengalami orgasme karena penetrasi penis ke vagina saja. Namun, bagi perempuan yang bisa orgasme melalui penetrasi, merangsang klitoris dapat meningkatkan kekuatan orgasme mereka.

Editors' Picks

2. Jangan salah, klitoris juga bisa punya masalah dan penyakit

2. Jangan salah, klitoris juga bisa pu masalah penyakit
Freepik

Layaknya anggota tubuh yang lain, klitoris juga bisa mengalami gangguan. Beberapa gangguan ringan dan bisa diobati atau sembuh sendiri, tapi ada beberapa gangguan yang serius. Berikut adalah gangguan pada klitoris yang sering dialami:

  • Nyeri karena seks atau masturbasi yang kuat
  • Gatal karena reaksi terhadap sabun, pembersih, atau pelembap
  • Nyeri karena cedera
  • Nyeri atau gatal karena infeksi vulva atau vagina
  • Nyeri dan/atau gatal terkait kanker vagina
  • Nyeri yang terkait dengan engorgement terus-menerus dari klitoris

Sebagian besar kondisi klitoris dapat diobati dengan krim atau antibiotik. Masalah serius, seperti melanoma atau kanker bisa menimbulkan benjolan. Jika merasa khawatir, konsultasikan dengan dokter terkait.

3. Klitoris bisa membesar ketika terstimulasi

3. Klitoris bisa membesar ketika terstimulasi
Freepik/haritanita

Saat terstimulasi baik lewat sentuhan, penetrasi, atau keduanya, jaringan pada bagian dalam klitoris akan membesar sama seperti penis yang ereksi. Meski antara penis dan klitoris ini dikontruksi secara berbeda.

“Tapi seperti penis, klitoris memiliki kelenjar, kulup (tudung klitoris) dan shaft. Ditambah lagi klitoris bisa membengkak ketika terangsang,” ujar Emily Morse yang merupakan pakar seks dan hubungan yang dikutip dari Women’s Health.

4. Klitoris sangat sensitif

4. Klitoris sangat sensitif
silverbird.com.my

Dikutip dari Teen Vogue, klitoris setidaknya memiliki sekitar 8.000 ujung saraf sensitif, dua kali lipat jumlah penis. Karena sangat sensitif, stimulasi terhadap klitoris bisa menyebar hingga daerah panggul dan mempengaruhi sekitar 15.000 ujung saraf lainnya.

Karena sangat sensitif terhadap sentuhan dan rangsangan, klitoris memiliki satu fungsi khusus untuk sebuah tugas tertentu yakni kesenangan. Dalam tubuh perempuan, klitoris menjadi satu-satunya bagian dari tubuh yang tujuannya hanya untuk kenikmatan saat bercinta.

5. Sunat perempuan menghilangkan kenikmatan seks?

5. Sunat perempuan menghilangkan kenikmatan seks
Freepik/Wavebreakmedia

Sunat perempuan, juga dikenal sebagai female genital mutilation (FGM) adalah tindakan bedah yang menghilangkan klitoris untuk mencegah agar perempuan tersebut tidak bisa merasakan kesenangan seksual. Praktik ini masih menimbulkan pro-kontra tersendiri bagi banyak pihak.

Sunat perempuan dilakukan saat seorang gadis mencapai usia pubertas. Tradisi sunat ini diyakini oleh mereka yang mempraktikkannya bisa mengurangi kemungkinan seorang perempuan selingkuh dari pasangannya karena seks tidak lagi menyenangkan dibandingkan ketika mereka memiliki klitoris yang utuh. 

Praktik ini telah dilarang di banyak tempat, tapi ada beberapa wilayah dan kebudayaan yang masih melangsungkan tradisi ini.

Itulah tadi hal yang perlu kamu tahu soal klitoris perempuan. Ternyata perannya sangat penting untuk menunjang kenikmatan seks saat bercinta lho.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.