Hukum Larangan Seks Anal dalam Ajaran Agama Islam

Ketahui adab yang baik saat berhubungan intim, sehingga bisa menjaga keharmonisan rumah tangga

14 September 2021

Hukum Larangan Seks Anal dalam Ajaran Agama Islam
Freepik/gpointstudio

Baru-baru ini, publik digegerkan dengan pemberitaan Papa dari Taqy Malik bernama Mansyardin Malik yang mendapat tudingan melakukan marital rape.

Pasalnya, ia melakukan pemaksaan seks melalui anal atau dubur kepada istrinya. Hasil visum menunjukkan bahwa adanya kerusakan pada organ hingga stadium empat.

Dalam agama Islam pun sudah terdapat beberapa adab saat berhubungan intim dengan istri. Namun, adakah hukumnya saat melakukan seks anal?

Berikut Popmama.com sudah merangkum informasinya, sehingga kita semua bisa mengetahui bahayanyaserta dijauhkan dari kekerasan dalam rumah tangga.

Editors' Picks

1. Adab berhubungan intim menurut Surat Al-Baqarah ayat 223

1. Adab berhubungan intim menurut Surat Al-Baqarah ayat 223
Freepik/gpointstudio

Nisa’ ukum ḥarsul lakum fa’tụ ḥarsakum anna syi’tum wa qaddimụ li’anfusikum, wattaqullaha wa’lamu annakum mulaqụh, wa basysyiril mu’minin

Artinya:

“Istri-istrimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, maka datangilah tanah tempat bercocok tanam itu bagaimana saja kamu kehendaki. Dan kerjakanlah (amal yang baik) untuk dirimu, dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemui-Nya. Dan berilah kabar gembira orang-orang yang beriman.”

Dalam ayat di atas, kita bisa mengartikan bahwa pasangan suami istri boleh melakukan hubungan seks dengan cara apa saja. Asalkan tetap melakukan penetrasi melalui vagina.

Vagina di sini diartikan sebagai ladang yang apabila ditanam biji-bijian dapat tumbuh dengan subur. Cara ini sebagai salah satu adab yang perlu dipenuhi dan dipatuhi apabila ingin berhubungan intim.

2. Larangan berhubungan intim lewat anus sesuai hadis Rasulullah

2. Larangan berhubungan intim lewat anus sesuai hadis Rasulullah
Pexels/Hebert Santos

Seperti dikutip dari NU Online, ada banyak hadis yang secara spesifik menyebutkan suami tidak boleh berhubungan intim terhadap istrinya melalui seks anal.

Salah satu hadis Rasulullah yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dari Ibnu Abbas seperti berikut ini, yakni:

“Allah tidak berkenan melihat laki-laki yang mendatangi (jima’) kepada istrinya atau kepada laki-laki lain melalui anus atau dubur.”

3. Pendapat Imam Nawawi dalam kitab Raudlatuth Thalibin

3. Pendapat Imam Nawawi dalam kitab Raudlatuth Thalibin
Pexels/Pixabay

Senada dengan anjuran tidak boleh melakukan hubungan seks lewat belakang, Imam Nawawi pernah mengatakan hal yang sama. Berikut bunyi teksnya, yakni:

“Bab kesembilan, tentang hak yang dimiliki seorang suami untuk bersenang-senang terhadap istrinya. Juga boleh melakukan apa saja kecuali menggauli istri dari duburnya. Sesungguhnya hukumnya adalah haram. Boleh bersenang-senang dengan tubuh antara dua bokong (tidak sampai jima') serta memasukkan zakar ke vagina meskipun dari arah posisi belakang.”

Itulah tadi beberapa informasi yang bisa diketahui tentang hukum serta larangan berhubungan intim lewat anus atau anal seks.

Sebelum memulai berhubungan intim, penting sekali untuk terus berkomunikasi dengan pasangan secara intens. Pastikan juga membaca doa agar sesuai kaidah agama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.