Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Penyebab Pasangan Suami Istri Jarang Berhubungan Seks

Alasannya jelas bukan karena sudah tak cinta atau merasa bosan

26 April 2022

5 Penyebab Pasangan Suami Istri Jarang Berhubungan Seks
Freepik/freepik

Bagi pasangan yang baru menikah, intensitas berhubungan intim mungkin masih terbilang sering di setiap minggunya.

Berbeda dengan pasangan yang sudah menjalani usia pernikahan bertahun-tahun bahkan sudah punya anak, bercinta pun menjadi cukup jarang dilakukan.

Namun hal tersebut bukan karena bosan, ada beberapa faktor atau penyebab pasangan jarang sekali untuk ‘minta’ berhubungan intim.

Kira-kira apa penyebabnya, ya? Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa jawabannya. Usahakan pasangan suami istri perlu memiliki waktu yang luang jika ingin membangun keintiman kembali.

1. Merasa kelelahan dengan aktivitas keseharian

1. Merasa kelelahan aktivitas keseharian
Freepik/freepik

Padatnya aktivitas sehari-hari bisa menyebabkan pasangan kesulitan untuk terangsang, inilah yang menyebabkan mereka jarang berhubungan seks.

Jika sama-sama disibukkan dengan jam kerja yang super sibuk, maka berpotensi sulit mencari keintiman bersama. Beberapa orang melakukan hal tersebut juga menghindari pasangannya karena merasa kecewa tidak begitu memuaskan di ranjang.

Jika mengalami ini, maka perlu luangkan waktu bersama pasangan. Jika tidak bisa seharian, cobalah beberapa jam untuk mendapatkan kembali gairah yang diinginkan.

Editors' Picks

2. Hubungan dengan pasangan sedang tidak baik-baik saja

2. Hubungan pasangan sedang tidak baik-baik saja
Pexels/MART PRODUCTION

Penyebab lainnya pasangan enggan berhubungan intim, yakni sedang ada masalah di antara kedua belah pihak.

Dilansir dari Mayo Clinic, hal ini jangan terus dibiarkan, lho. Jika Mama dan Papa sedang menjalani konflik berkepanjangan, jangan harap untuk mendapatkan kepuasan bersama.

Kehilangan koneksi satu sama lain menyebabkan keduanya sulit untuk terhubung, karena komunikasi jadi lebih sedikit.

Cobalah untuk bangun komunikasi bersama pasangan. Tujuannya agar bisa mencari jawaban dan kesukaan bersama ketika hendak berhubungan seks.

3. Bisa jadi karena ada masalah psikologis

3. Bisa jadi karena ada masalah psikologis
Pexels.com/AndreaPiacquadio

Terlalu banyak pikiran di tempat kerja, sehingga menimbulkan stres atau depresi bisa jadi salah satu alasan hubungan seks menjadi jarang.

Jika dipaksa pun hubungan intim jadi kurang menggairahkan, karena salah satu merasa tertekan dan tidak rileks. Masalah psikologis bukan hanya stres saja, kurangnya percaya diri bisa jadi faktor pasangan kesulitan dalam berhubungan intim.

Bisa jadi pasangan merasa kurang percaya diri dengan bentuk tubuhnya, termasuk overthinking tidak bisa memuaskan pasangannya di ranjang.

4. Faktor usia yang terus bertambah

4. Faktor usia terus bertambah
Freepik/cookie_studio

Memang sih umur tidak berpengaruh terhadap gairah seksual pasangan suami istri, namun hal tersebut sering kali dialami seiring bertambahnya usia.

Dikutip dari The National Health Service, penurunan gairah saat usia tua dipengaruhi oleh beberapa hal yang meliputi usia tua.

Saat sudah tua, maka hormon seks seperti testosteron pada laki-laki dan estrogen akan menurun, baik sebelum atau setelah menopause pada perempuan.

Belum lagi, umur yang sudah tua akan dikelilingi oleh masalah kesehatan, termasuk efek samping obat yang sedang dikonsumsi.

5. Ketika istri sedang hamil atau sedang menyusui

5. Ketika istri sedang hamil atau sedang menyusui
Pexels/Cottonbro
Ini alasan kenapa ibu hamil harus diberi duduk saat naik angkutan umum.

Pada fase ini, perempuan yang sedang hamil ataupun menyusui si Kecil akan mengalami penurunan gairah seksual.

Inilah salah satu penyebab pasangan jarang sekali untuk mau berhubungan intim selama fase tersebut terselesaikan. Istri juga akan mengalami kelelahan selama fase tersebut. Belum lagi masalah citra tubuh yang menghantui karena merasa tidak percaya diri.

Penting bagi suami untuk membantu selama proses itu berlangsung. Perlu diingat bahwa membangun keintiman tidak mesti dengan seks, melainkan perhatian penuh yang dibutuhkan oleh pasangan.

Nah, itulah beberapa penyebab pasangan suami istri jarang berhubungan seks yang perlu diketahui. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk