7 Tips Meningkatkan Gairah Seksual Laki-Laki agar Lebih Tahan Lama

Libido laki-laki memang terkadang naik turun, begini cara menambah gairah seksual

5 Maret 2021

7 Tips Meningkatkan Gairah Seksual Laki-Laki agar Lebih Tahan Lama
Freepik/Racool_studio

Dorongan seks atau libido pada setiap laki-laki akan berbeda antara satu dengan lainnya. Memiliki dorongan seks yang rendah pun tidak selalu menjadi masalah, asalkan tidak berlangsung lama karena dapat memengaruhi keharmonisan rumah tangga. 

Ada beberapa faktor yang membuat libido menjadi rendah, seperti kecemasan yang terus menerus, kesulitan dalam menjalin hubungan yang harmonis dengan pasangan, masalah kesehatan dan usia.

Namun, jika Papa ingin meningkatkan gairah seksual agar lebih tahan lama tak perlu khawatir karena ada beberapa cara alami. Kali ini Popmama.com sudah merangkumya nih, Pa. 

Yuk, disimak dan ketahui beberapa metode alami yang efektif untuk dilakukan!

1. Pintar saat mengola kecemasan

1. Pintar saat mengola kecemasan
Pexels/Andrea Piacquadio

Rata-rata penghalang umum untuk meningkatkan gairah seks, yakni kondisi pikiran yang kurang stabil. Tingkat kecemasan yang tinggi bisa membuat gairah seksual menurun saat berada di atas ranjang, baik itu menimpa laki-laki maupun perempuan.

Misalnya saja saat stres dengan jadwal kerja yang padat, tekanan hidup dan mungkin merasa kelelahan. Hal tersebut sangat mempengaruhi hasrat seks lho, Pa. 

Untuk mengelola kecemasan, ada yang bisa dilakukan seperti rutin menjaga kebersihan sebelum tidur, meluangkan waktu untuk hobi, berolahraga secara teratur, makan makanan bergizi, mencoba selalu meningkatkan kualitas dengan pasangan atau berbicara dengan terapis.

2. Meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan

2. Meningkatkan kualitas hubungan pasangan
Freepik/shurkin_son

Banyak pasangan yang memiliki suasana hati naik turun saat menjalin sebuah hubungan, bukan hanya tentang berhubungan seks semata saja.

Hal ini mungkin terjadi misalnya setelah menjalin hubungan yang lama, sehingga timbul rasa jenuh atau ada masalah di dalam hubungan. Mungkin juga yang merasa bahwa ada hal yang perlu diperbaiki, baik pola komunikasi ataupun perilaku.

Jangan sampai fokus kita terpecah dan membuat hubungan bersama pasangan menjadi kurang harmonis. 

Ada cara yang bisa dilakukan selaras dengan meningkatkan gairah seks, seperti merencanakan kencan kembali seperti dulu, melakukan aktivitas bersama di luar kamar tidur, membiasakan komunikasi yang terbuka dan meluangkan waktu bersama pasangan.

Editors' Picks

3. Usahakan untuk tidak lupa menerapkan foreplay

3. Usahakan tidak lupa menerapkan foreplay
Freepik/Racool_studio

Memiliki pengalaman seksual yang lebih baik dapat meningkatkan hasrat seseorang untuk berhubungan seks, sehingga meningkatkan gairah saat bercinta di atas ranjang.

Pemanasan bisa juga dilakukan dengan menyentuh, berciuman dan outercourse. Dalam hal ini, outercourse merupakan aktivitas seksual tanpa penetrasi penis ke dalam vagina.

Malahan, bagi para perempuan menjadikan sebuah pemanasan di ranjang sangat penting sebelum memulai sesi bercinta. Penelitian tahun 2017 mengungkapkan bahwa hanya 18 persen perempuan yang orgasme saat berhubungan seks, sementara 33,6 persen perempuan lainnya merasa perlu adanya rangsangan klitoris agar mereka dapat orgasme.

4. Kurangi begadang dan menerapkan pola tidur yang baik

4. Kurangi begadang menerapkan pola tidur baik
Pexels/Andrea Piacquadio

Terkadang kita sering menyepelekan kualitas tidur di setiap malam. Padahal banyak sekali manfaat yang didapat ketika menikmati momen tidur dengan berkualitas. 

Tidur nyenyak dan berkualitas tanpa disadari dapat meningkatkan suasana hati serta tingkat energi seseorang secara keseluruhan lho. Ketika kualitas tidur terjaga dengan baik, bahkan ini akan memengaruhi tingkat libido. 

Laki-laki yang memiliki punya waktu tidur yang berkualitas dapat memiliki gairah seksual baik, ketimbang yang memiliki waktu tidur yang relatif pendek.

5. Pentingnya mengonsumsi asupan makan yang bergizi

5. Penting mengonsumsi asupan makan bergizi
Pexels/Roger Brown

Mengonsumsi berbagai asupan bergizi dapat bermanfaat untuk meningkatkan gairah seksual seseorang, termasuk meningkatkan sirkulasi yang baik ke jantung.

Belum lagi, kalau bisa mengurangi makanan junk food atau mulai terbiasa mengolah makanan dengan cara yang baik untuk tubuh.

Contohnya mengonsumsi makanan sayur kaya akan vitamin, lalu makanan rendah gula serta asupan protein tanpa lemak juga dapat membantu mencegah gangguan kesehatan yang memengaruhi libido.

6. Mulai menerapkan olahraga yang rutin

6. Mulai menerapkan olahraga rutin
Pexels/Anna Shvets

Sebuah studi tahun 2015 mengungkapkan bahwa laki-laki yang menjalani terapi kekurangan androgen, menurunkan kadar testosterone, rutin berolahraga dapat membantu mengatasi masalah seperti bentuk tubuh yang kurang ideal, libido rendah serta perubahan dalam hubungan suami istri.

Maka dari itu, cobalah untuk menyempatkan waktu untuk olahraga ringan. Misalnya saja menyediakan waktu 30 menit berlari di treadmill, lari keliling kompleks rumah atau senam lantai di halaman rumah.

Ini berlaku juga untuk para perempuan juga, jadi jangan sampai absen dalam berolahraga. 

7. Menjaga berat badan agar tepat sehat dan ideal

7. Menjaga berat badan agar tepat sehat ideal
Pexels/Ketut Subiyanto

Beberapa ilmuwan mengaitkan kelebihan berat badan dan obesitas dengan rendahnya gairah seksual mereka.

Hal tersebut juga dikatikan dengan beberapa faktor lain seperti oenurunan kesuburan, hormonal ataupun testosterone yang rendah.

Menjaga berat badan yang sehat dapat meningkatkan gairah seks seseorang, baik secara fisik maupun mental. Mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga teratur dapat mencapai berat yang ideal, belum lagi bisa meningkatkan energi atau tenaga seseorang secara keseluruhan.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk meningkatkan gairah seksual terutama saat sesi bercinta. Jangan lupa juga untuk menerapkan pola hidup sehat dan kalau bisa dilakukan bersama pasangan agar jauh lebih menyenangkan.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.