6 Pahala Istri yang Diselingkuhi Suami menurut Islam

Seorang istri yang sabar menghadapi perlakuan buruk suami akan dimudahkan jalannya menuju surga

10 Januari 2022

6 Pahala Istri Diselingkuhi Suami menurut Islam
Unsplash/Azarbadam

Perselingkuhan memang tidak dibenarkan dalam setiap agama, termasuk Islam. Sebab, selingkuh bisa mendatangkan dosa bagi siapa saja yang melakukannya. Ketika seorang suami selingkuh dari istrinya, maka dia telah melakukan kebohongan besar dan mengkhianati janji pernikahan. 

Itulah sebabnya, Allah SWT tidak menyukai hamba-Nya yang berselingkuh. Sementara itu, Allah SWT telah menjanjikan pahala yang besar bagi istri yang bersikap sabar ketika menghadapi suaminya yang selingkuh. 

Mama tentu ingin melampiaskan amarah saat mengetahui pasangan selingkuh. Namun, alangkah baiknya Mama menahan amarah tersebut dan meminta pertolongan Allah untuk diberi jalan yang lebih baik. 

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum keistimewaan atau pahala istri salah satunya akan dimudahkan jalannya menuju surga.

6. Dijauhkan dari laknat Allah

6. Dijauhkan dari laknat Allah
Unsplash/Ini_adil

Allah memang tidak menyukai hamba-Nya yang selalu ingkar janji dan melakukan perbuatan-perbuatan yang telah dilarang. Perselingkuhan termasuk salah satu perbuatan yang dibenci Allah.

Itulah sebabnya, seorang istri yang sabar akan dijauhkan dari laknat Allah baik di dunia maupun akhirat. 

Itulah keutamaan dari kesabaran mama setelah diselingkuhi oleh pasangan. Semoga artikel di atas bisa menjadikan Mama menjadi perempuan yang lebih baik dan bersikap lebih sabar dalam menghadapi segala masalah kehidupan. 

Berikut tadi informasi mengenai keistimewaan atau pahala istri.

Baca juga:

1. Mendapat pahala seperti Aisyah, Istri Fir’aun

1. Mendapat pahala seperti Aisyah, Istri Fir’aun
Unsplash/Dhiesarada

Fir’aun adalah salah satu pemimpin Mesir yang dikenal arogan dan sering menyebut dirinya sebagai Tuhan. Dia pun meminta istrinya, Aisyah serta para pengikutnya untuk menyembahnya sebagai Tuhan. Sementara itu, Aisyah meyakini keberadaan Allah sebagai Tuhan satu-satunya di muka bumi. 

Fir’aun merasa tidak senang ketika Aisyah sebagai istri membangkang perintahnya. Dia kemudian menyiksa Aisyah dengan menjatuhi kepalanya dengan batu berukuran besar.

Akibatnya, Aisyah meninggal dunia. Namun, Allah telah berjanji untuk menjadikan Aisyah sebagai salah satu perempuan mulia di surga karena kesabarannya. 

“Dan jika seorang istri bersabar menghadapi keburukan akhlak suaminya, maka Allah akan memberikan kepadanya pahala seperti yang diberikan kepada Aisyah istri Fir’aun.” (HR Muslim)

Editors' Picks

2. Dimudahkan jalan menuju surga

2. Dimudahkan jalan menuju surga
Unsplash/Pantiumforce

Tak hanya diganjar pahala besar, seorang istri yang sabar juga akan dimudahkan jalannya menuju surga.

Apabila istri sabar menerima perilaku buruk suami dan tidak melawannya dengan keburukan, maka Allah berjanji untuk membuka semua pintu surga untuknya. 

“Dan seorang istri yang taat pada suami nya, niscaya ia akan masuk surga dari pintu mana saja yang dikehendakinya.” (Hadist Hasan Shahih) 

3. Hidupnya diridai Allah

3. Hidup diridai Allah
Unsplash/Elyaspasban

Bersikap sabar saat diperlakukan buruk oleh suami tentu tidak mudah. Mama harus meredam amarah dan tetap berbakti sebagai seorang istri. Mama tidak perlu khawatir karena Allah akan mengangkat derajat Mama di dunia atas kesabaran tersebut. 

Allah berjanji untuk memberikan kebahagiaan dan ketenangan hidup sebagai pahala atas segala kesabaran. 

“Istri yang meninggal dunia dan suaminya rida terhadapnya, maka ia masuk surga.” (HR Tirmidzi)

4. Mendapatkan pahala lebih besar dari amalan sunnah

4. Mendapatkan pahala lebih besar dari amalan sunnah
Unsplash/Umarben

Ganjaran lainnya yang dijanjikan Allah untuk istri yang sabar, yakni pahala yang lebih besar dari amalan sunnah. Kesabaran seorang istri menunjukkan ciri-ciri perempuan mulia yang hidupnya bakal diridai oleh Allah. 

“Hak suami merupakan kewajiban bagi istri. Melaksanakan kewajiban harus didahulukan daripada melaksanakan amalan sunnah.” (Fathul Baari)

5. Mendapatkan kebahagiaan di akhirat

5. Mendapatkan kebahagiaan akhirat
Unsplash/Voiceofsky

Tak hanya dimudahkan jalannya menuju surga, istri yang sabar juga bakal mendapatkan kebahagiaan di akhirat. Hubungan Mama dan suami akan berpengaruh pada kebahagiaan di akhirat kelak. 

Apabila Mama berbakti pada suami dan tetap bersikap sabar meski terus merasa disakiti, maka janji Allah adalah kebahagiaan yang abadi di akhirat. 

“Perhatikan bagaimana hubunganmu dengannya karena suami merupakan surgamu dan nerakamu.” (HR Ahmad)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.