Kapan Mama Perlu Curiga Pasangan Selingkuh dengan Teman Kerjanya?

Perselingkuhan di tempat kerja biasanya berawal dari candaan maupun pertemuan yang cukup intens

23 November 2021

Kapan Mama Perlu Curiga Pasangan Selingkuh Teman Kerjanya
Unsplash/Icons8

Perselingkuhan di lingkungan kerja memang sering terjadi. Dikutip metro.co.uk, sebanyak 65 persen pekerja diketahui memiliki hubungan lebih dari sekedar teman di tempat kerjanya. 

Dari angka tersebut, hanya 19 persen responden yang mengakui perselingkuhannya. Sementara itu, responden lainnya masih menutupi perselingkuhannya baik dari rekan kerja maupun teman-teman dekatnya. 

Oleh karena itu, fenomena perselingkuhan di tempat kerja masih seperti gunung es. Artinya, banyak kasus perselingkuhan yang tidak terungkap dan tidak diketahui oleh rekan kerja lainnya. 

Perselingkuhan di tempat kerja biasanya berawal dari candaan maupun pertemuan yang cukup intens. Lantas, apakah suami termasuk pekerja yang selingkuh dengan teman kerjanya sendiri?

Mama bisa mengetahui perselingkuhan suami dengan mengamati perubahan-perubahan perilakunya. Di bawah ini Popmama.com telah merangkum beberapa tanda suami mama selingkuh dengan rekan kerja. 

Apabila suami mama menunjukkan salah satu dari tanda-tanda di bawah ini, tidak ada salahnya untuk mulai curiga dan terus mengamati gerak-gerik pasangan hingga mendapatkan jawaban yang pasti. 

1. Jam kerja yang semakin tidak menentu

1. Jam kerja semakin tidak menentu
Unsplash/Campaign_creators

Tanda pertama suami selingkuh dengan teman kerja, yakni jam kerja yang tidak menentu. Hal ini tidak berkaitan dengan jam lembur maupun pekerjaan ke luar kota atau luar negeri. 

Pasangan yang selingkuh biasanya akan bekerja di hari-hari acak, terutama saat akhir pekan. Suami juga dakan mengaku bekerja lembur di akhir pekan, termasuk ketika jam makan siang. Saat bekerja di hari-hari acak itu, suami justru tidak bisa dihubungi dengan alasan sibuk dan memiliki setumpuk pekerjaan. 

2. Sering keluar untuk kebutuhan rapat

2. Sering keluar kebutuhan rapat
Unsplash/Jasongoodman_youxventures

Ketika suami lebih sering keluar untuk urusan pekerjaan dibanding menghabiskan waktu bersama keluarga, maka itu bisa jadi tanda suami sedang menutupi hubungannya dengan rekan kerjanya. 

Mama tentu bisa membedakan mana rapat yang berurusan dengan pekerjaan dan rapat fiktif yang bertujuan untuk menutupi hubungan terlarang. Jika pasangan tiba-tiba sering ke luar kota untuk urusan pekerjaan atau lembur di kantor padahal sebelumnya tidak pernah melakukannya, maka patut curiga. 

Pasangan yang tidak menutupi sesuatu umumnya akan membicarakan kegiatan di tempat kerjanya selama lembur. Sebaliknya, pasangan yang sedang menutupi perselingkuhannya justru akan tertutup dan selalu menghindar ketika ditanya soal pekerjaan di kantor. 

Editors' Picks

3. Sering menyebut satu nama rekan kerjanya

3. Sering menyebut satu nama rekan kerjanya
Unsplash/Reddalec

Tanda selanjutnya, yakni suami sering menyebut satu nama rekan kerja lawan jenisnya. Pasangan mungkin tidak sadar bahwa ia selalu menceritakan rekan kerjanya tersebut. 

Namun, Mama bisa mengamati secara saksama setiap kali suami membicarakan pekerjaan di kantornya. Ketika suami terkesan akrab dan mengagumi satu rekan kerjanya, maka itu bisa menjadi tanda suami sedang menaruh perasaan pada rekan kerjanya. 

4. Lebih memperhatikan penampilan saat ke kantor

4. Lebih memperhatikan penampilan saat ke kantor
Unsplash/Mimithian

Memperhatikan penampilan saat bekerja memang penting. Tetapi, apabila suami mulai memperhatikan penampilannya daripada hari-hari sebelumnya, maka itu tanda ia sedang berusaha menarik perhatian seseorang. 

Mama bisa mengamati perubahan-perubahan kecil dari penampilan suami. Contohnya, suami bukan tipe laki-laki yang menyukai parfum. Namun, suami tiba-tiba sering menggunakan parfum saat bekerja.

Maka, itu bisa jadi salah satu tanda suami sedang menjalin hubungan terlarang dengan rekan kerjanya yang perlu dicurigai. 

5. Sering main ponsel di luar jam kerja

5. Sering main ponsel luar jam kerja
Unsplash/Linkedinsalesnavigator

Apakah suami sering main ponsel di luar jam kerja daripada menghabiskan waktu bersamamu? Bisa jadi itu tanda ia sedang menyembunyikan sesuatu dan menjalin hubungan terlarang dengan rekan kerjanya. 

Mama sebaiknya menanyakan langsung alasan suami lebih asyik dengan ponselnya dibanding mendengar ceritamu. Apabila dia tidak memberikan jawaban yang jelas dan terkesan menyembunyikan sesuatu, maka Mama sebaiknya mulai waspada dan lebih memperhatikan keseharian pasangan di tempat kerjanya. 

6. Perilaku suami berubah

6. Perilaku suami berubah
Unsplash/Surface

Sikap suami otomatis akan berubah ketika dia menjalin hubungan terlarang di belakangmu. Suami umumnya akan menarik diri dan menjaga jarak dengan Mama ketika ia berselingkuh dengan teman kerjanya. 

Ia akan lebih senang menghabiskan waktu di kantor atau keluar bersama teman-teman kerjanya dibanding berada di rumah. Selain itu, suami juga jarang mengajak Mama berhubungan seksual. Akibatnya, komunikasi suami dan Mama pun mulai renggang. 

Nah Ma, itulah tanda-tanda suami selingkuh dengan teman kerjanya. Tanda-tanda di atas tentu tidak dapat dijadikan alasan untuk menuduh suami secara langsung. 

Tanda-tanda tersebut hanya awal untuk mencurigai perselingkuhan yang mungkin dilakukan suami. Mama tetap perlu mengumpulkan bukti-bukti untuk menjawab rasa curiga tersebut. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.