7 Pelajaran Cinta yang Bisa Diambil dari Serial Layangan Putus

Pentingnya kejujuran dan kesetiaan dalam berumah tangga

21 Februari 2022

7 Pelajaran Cinta Bisa Diambil dari Serial Layangan Putus
Instagram.com/layanganputus.md

Sejak tayang episode pertama, serial Layangan Putus tampaknya masih menjadi favorit dan mencuri perhatian publik. Banyak orang penasaran dengan jalan cerita yang diangkat dari sebuah novel berjudul sama karya Mommy ASF.

Layangan Putus bercerita tentang drama rumah tangga yang dibumbui oleh kehadiran orang ketiga. Kinan (Putri Marino) harus menerima pahitnya kenyataan jika suaminya Aris (Reza Rahadian) telah berselingkuh dengan Lydia (Anya Geraldine).

Dari kisah tersebut, terdapat pelajaran cinta yang bisa jadi pembelajaran bagi kita semua, terutama bagi para perempuan dalam menghadapi lika-liku bahtera rumah tangga.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Popmama.com siapkan pelajaran untuk menjaga hubungan pernikahan yang bisa dipetik dari serial Layangan Putus.

1. Kepercayaan menjadi dasar kuat berumah tangga

1. Kepercayaan menjadi dasar kuat berumah tangga
Instagram.com/layanganputus.md

Umumnya, rumah tangga dibangun dengan rasa cinta sepasang sejoli. Kepercayaan menjadi kunci utama untuk membuat pernikahan dapat bertahan. Pasangan suami dan istri harus menikmati hubungan mereka dengan selayaknya, tanpa harus berpura-pura kepada pasangan.

Berbagai persoalan yang dihadapi harus diselesaikan bersama. Jangan ragu bercerita kepada pasangan. Saling terbuka kepada pasangan dapat mengurangi risiko munculnya rasa curiga atau takut.

Menceritakan permasalahan yang sedang dialami juga akan membuat perasaan lega, bahkan saat mendiskusikannya bersama pasangan bisa mempermudah mencari solusi terbaik. 

2. Pentingnya kejujuran dan kesetiaan dalam pernikahan

2. Penting kejujuran kesetiaan dalam pernikahan
Instagram.com/layanganputus.md

Dalam membangun hubungan terutama pernikahan, sangat diperlukan kesetian dan kejujuran masing-masing pasangan. Tanpa dua hal tersebut, suatu hubungan mustahil bisa berjalan langgeng dan harmonis.

Ketika sepasang suami istri bisa saling jujur dan setia, maka dini akan membuat rasa cinta mereka semakin besar. Jujur dan setia bisa membuat pasangan suami istri saling menerima kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Tentu hal tersebut akan membuat hubungan terasa semakin nyaman dijalani, sehingga muncul rasa untuk mempertahankan.

Editors' Picks

3. Kehidupan anak adalah tanggung jawab bersama

3. Kehidupan anak adalah tanggung jawab bersama
Instagram.com/layanganputus.md

Peran orangtua sebagai Mama dan Papa sangat penting dalam kehidupan anak, terutama saat masa tumbuh kembang.

Perlu digaris bawahi bahwa tugas pendidikan dan merawat anak tidak bisa diserahkan kepada salah satu pihak saja. Istri dan suami harus sama-sama terlibat. Perlu diingat kembali bahwa mengasuh anak merupakan tugas bersama.

Di serial Layangan Putus, Mama dapat melihat karakter Aris yang menjalani hidup penuh dengan kesibukan, baik karena pekerjaan maupun sibuk berselingkuh. Hal itu membuatnya begitu sulit meluangkan waktu untuk putrinya, Raya.

4. Jangan jadikan perbedaan pendapat sebagai penghancur hubungan

4. Jangan jadikan perbedaan pendapat sebagai penghancur hubungan
Instagram.com/layanganputus.md

Hal lain yang tidak kalah penting dalam membangun hubungan pernikahan ialah perasaan saling menghargai dan menghormati perbedaan pendapat. Berbeda pendapat memang sesuatu hal yang wajar terjadi dalam pernikahan. Sebab, setiap orang pasti memiliki pilihan dan jalan pikir masing-masing.

Jangan jadikan perbedaan pendapat sebagai penghancur hubungan. Oleh karena itu, saling berkompromi dengan perbedaan yang ada dapat menjadi solusi terbaik, dibanding saling mengendalikan dan berujung pada perselisihan.

5. Menghormati pasangan

5. Menghormati pasangan
Instagram.com/layanganputus.md

Saling menghormati sangat amat diperlukan untuk menjaga ikatan pernikahan. Menghormati berarti menghargai setiap usaha yang sudah dilakukan pasangan.

Saling menghargai hal sederhana seperti mengerjakan tugas rumah dapat menumbuhkan rasa cinta antara Mama dan pasangan. Menghormati pasangan juga bisa melalui cara memilih kata-kata dengan penuh pertimbangan demi tidak menyakiti perasaannya.

6. Perselingkuhan bukan solusi dari masalah yang ada

6. Perselingkuhan bukan solusi dari masalah ada
Instagram.com/layanganputus.md

Perselingkuhan bukanlah jalan keluar dalam mengatasi berbagai masalah di kehidupan rumah tangga.

Berselingkuh justru membuat masalah rumah tangga semakin runyam. Pasangan yang berselingkuh juga menjadikannya sebagai pribadi yang tidak bertanggung jawab, baik pada keluarga maupun anak-anaknya

Perselingkuhan akan membuat orang tersebut mencari berbagai cara untuk berusaha membenarkan perlakuannya. Seperti yang dilakukan Aris kepada Kinan, ia banyak mengutarakan kebohongan dan membuat banyak alasan untuk menyembunyikan perselingkuhannya.

7. Banyak tanggung jawab yang harus dihadapi setelah menikah

7. Banyak tanggung jawab harus dihadapi setelah menikah
Instagram.com/layanganputus.md

Last but not least, menikah bukanlah perkara yang mudah. Banyak tanggung jawab dan persoalan yang harus siap dihadapi. Termasuk menerima karakter asli pasangan yang mungkin baru terlihat setelah menikah.

Dari serial Layangan Putus ini, penontonnya diajarkan untuk belajar bersyukur atas apa yang dimiliki sekarang, walau itu hal kecil. Dari rumah tangga Kinan dan Aris, kita bisa mengambil pelajaran bahwa orang yang mempunyai keluarga kelihatan harmonis, finansial stabil, dan juga rumah bagus tidak menjamin kebahagiaan di antara mereka.

Kita perlu mengambil pesan positifnya serta hindari pesan negatifnya. Semoga bisa menjadi pelajaran berharga bagi Mama, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk