Cara Mudah Mencegah Keloid Paska Operasi Caesar

Lakukan ini agar keloid paska operasi caesar tidak muncul!

27 September 2021

Cara Mudah Mencegah Keloid Paska Operasi Caesar
Unsplash/Sharon McCutcheon

Keloid adalah luka kemerahan yang timbul di permukaan kulit akibat proses penyembuhan luka berlebih pada kulit. Jika biasanya bekas luka akan mengecil dan memudar hingga hilang seiring waktu, keloid adalah kondisi di mana bekas luka tersebut tidak hilang bahkan justru berakhir terlihat lebih besar dari luka awal.

Kondisi ini pada umumnya muncul setelah kulit mengalami luka terbakar, tergores, abrasi, dan cukup sering muncul pada bekas luka paska operasi caesar. Meski tidak berbahaya, keloid jarang sekali dapat hilang dengan sendirinya dan kerap dipangang kurang indah dipandang.

Tidak perlu khawatir, dalam artikel ini Popmama.com akan membagikan lima tips mudah yang bisa Mama lakukan untuk mencegah munculnya keloid paska operasi caesar. Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini!

1. Rawat bekas luka

1. Rawat bekas luka
Freepik

Karena penyebab utama munculnya keloid adalah keberadaan luka yang tidak terawat, Mama sangat dianjurkan untuk merawat luka operasi caesar dengan telaten dan senantiasa menjaga kebersihannya selama 3 bulan awal paska persalinan.

Untuk perawatan awal secara mandiri, oleskan petroleum jelly dan tutupi menggunakan perban di area luka. Mama bisa menahan perban dengan menggunakan perekat khusus yang aman untuk kulit. Bersihkan luka setiap hari dengan air dan sabun yang lembut di kulit lalu ulangi perawatan yang sama. Mama juga bisa menggunakan produk berbahan centella asiatica yang terbukti dapat mencegah keloid. Tapi pastikan untuk berkonsultasi dan mendapat persetujuan dokter kepercayaan terlebih dahulu, ya!

Editors' Picks

2. Gunakan korset berbahan gel silikon

2. Gunakan korset berbahan gel silikon
Pinterest.com/Jimmy

Jika luka bekas operasi sudah mulai pulih, gunakan korset berbahan gel silikon. Gel silikon memiliki tekanan khusus yang aman bagi kulit dan cukup kuat untuk menahan luka agar tidak muncul keloid. Mama juga bisa sembari merampingkan kembali bentuk tubuh paska persalinan, lho!

Tetap perban area luka di dalam selama menggunakan korset ini 12-24 jam setiap harinya selama 2-3 bulan paska persalinan untuk pencegahan maksimal. Penting untuk menggunakan korset dengan ukuran nyaman dan tidak terlalu ketat ya, Ma.

3. Kortikosteroid

3. Kortikosteroid
Pixabay/Myriams-Fotos

Salah satu langkah pencegahan munculnya keloid paling awal yang bisa diambil adalah dengan meminta suntik kortikosteroid segera setelah persalinan. Beberapa jenis kortikosteroid memiliki fungsi khusus untuk mencegah pembengkakan di sekitar luka yang akhirnya akan meminimalisir risiko munculnya keloid.

Tentu saja prosedur ini perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang bertanggung jawab agar disesuaikan keamanannya dengan kondisi kesehatan mama.

4. Makan makanan bernutrisi

4. Makan makanan bernutrisi
Freepik/gpointstudio

Agar keloid tidak muncul, bantu luka mama pulih lebih cepat dengan asupan bergizi. Nutrisi seperti protein, lemak, vitamin C, karbohidrat, seng, dan vitamin A sangat esensial untuk menunjang produksi serta kesehatan jaringan tubuh yang diperlukan untuk memulihkan luka.

Mama juga sebaiknya menghindari aktivitas terlalu berat, mengangkat barang berat, atau gerakan tertentu yang berisiko menggores, mengiritasi, atau memperparah luka dalam enam minggu pertama paska persalinan.

Nah, itu dia tips mencegah tumbuhnya keloid setelah operasi caesar. Mudah, bukan? Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.