5 Tips Mengencangkan Kulit Pasca Melahirkan, Bye-Bye Kendur!

Kulit yang mengendur dan 'turun' dapat memengaruhi emosional para Mama

12 Oktober 2021

5 Tips Mengencangkan Kulit Pasca Melahirkan, Bye-Bye Kendur
Freepik

Kehamilan mengubah banyak hal dalam tubuh mama. Tak terkecuali kulit. Kebanyakan masalah kulit akan berangsur menghilang setelah melahirkan. Tetapi biasanya masih ada bagian tubuh yang kulitnya masih mengendur walaupun Mama telah melahirkan sang Buah Hati.

Kulit manusia tersusun dari kolagen dan elastin. Jadi, ketika meregang karena naiknya berat badan atau kehamilan, cukup sulit kembali ke bentuk semula. 

Kulit yang mengendur dan 'turun' dapat memengaruhi emosional para wanita. Terlebih mereka yang sangat ingin bentuk tubuhnya kembali seperti semula, saat sebelum hamil dan melahirkan.

Berikut ini Popmama.com merangkum lima tips yang bisa Mama lakukan untuk mengencangkan kulit pasca melahirkan, dilansir dari Healthline:

1. Mulailah rutinitas kardio

1. Mulailah rutinitas kardio
Freepik/Tirachardz

Latihan kardio dapat membakar lemak dan mengencangkan otot. Cobalah membangun kebiasaan kardio yang ringan dan menyenangkan, seperti jalan cepat, jogging, berenang, atau mengayuh sepeda. 

Sebelum memulai rutinitas olahraga yang baru, sebaiknya Mama berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini perlu dilakukan untuk melihat kesiapan tubuh Mama. 

Mulailah pelan-pelan dan tingkatkan intensitasnya dari hari ke hari. Latihan teratur dapat mencegah atau meminimalisasi terjadinya kondisi kulit yang menggelambir.

Editors' Picks

2. Perhatikan asupan makanan

2. Perhatikan asupan makanan
Freepik/Topntp26

Makanan dapat berperan besar dalam membantu mengelola berat badan dan mendukung kekencangan kulit mama. Konsumsilah protein dan lemak sehat karena dapat membantu membangun otot-otot tubuh. Di dalam protein juga terkandung kolagen yang berfungsi membuat kulit lebih sehat dan kenyal. 

Kebutuhan protein harian tiap orang berbeda-beda, tergantung dari aktivitas, berat badan, dan tinggi badannya. Mama juga mungkin membutuhkan lebih banyak protein selama masa menyusui.

3. Latihan intensif

3. Latihan intensif
Freepik/prostooleh

Setelah tubuh mama terbiasa berolahraga seperti poin pertama di atas, Mama bisa menambahkan 'beban'nya dengan latihan intensif yang bertujuan untuk menambah kekuatan, membentuk, dan mengencangkan otot. Otot yang kencang juga berefek positif pada kulit yang kendur lho, Ma.

Sit up, push up, pilates, dan yoga adalah contoh-contoh olahraga yang bisa dicoba. Apabila Mama berlatih di bawah pengawasan instruktur, beritahu ia bahwa Mama baru saja melahirkan. Instruktur dapat mengatur gerakan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan ibu yang baru melahirkan untuk mencegah jahitan terbuka kembali dan hal-hal lain yang tidak diinginkan.

4. Pijat dengan minyak

4. Pijat minyak
Unsplash/Kelly Sikkema

Beberapa minyak berbahan dasar tumbuhan dapat mendorong pemulihan kulit. Ini dikarenakan kandungan antioksidan dan antiperadangan yang terkandung di dalamnya. Sebagai contoh, minyak almond yang dapat membantu mengurangi stretch marks.

Minyak essensial yang diencerkan dengan carrier oil, juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Dengan rutin mengoleskan minyak, seperti minyak jojoba atau minyak kelapa di seluruh permukaan kulit perut, dapat membantu mengencangkan kulit yang mengendur. 

5. Produk pengencang kulit

5. Produk pengencang kulit
Freepik

Saat ini, sudah banyak beredar di pasaran berbagai produk pengencang kulit. Produk-produk ini dapat dioleskan atau pun dikonsumsi seperti vitamin. Produk-produk pengencang kulit ini umumnya telah diformulasikan khusus untuk meningkatkan produksi kolagen dan elastin kulit.

Bahan seperti kolagen, vitamin C, dan retinoid, bisa membantu memulihkan kondisi kulit agar lebih kencang. Pastikan Mama memilih produk yang aman dan telah teregistrasi BPOM ya, Ma.

Selain tips-tips di atas, bedah abdominoplasty juga bisa menjadi alternatif untuk mengencangkan otot dan membuang sisa-sisa kulit yang menggelambir. Tetapi bedah ini bukanlah pengganti program olahraga atau program penurunan berat badan. 

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter tentang program yang ingin Mama lakukan untuk memulihkan kondisi kulit seperti semula. Semoga informasi ini membantu ya, Ma.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.