7 Rekomendasi Merek Obat Sakit Kepala untuk Ibu Menyusui

Pastikan Mama berkonsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan ini

27 Juli 2021

7 Rekomendasi Merek Obat Sakit Kepala Ibu Menyusui
Pixabay/RobinHiggins

Bayi dianjurkan untuk mengonsumsi ASI eksklusif selama paling tidak enam bulan pertama usianya. Selama periode menyusui, Mama mungkin mengalami penyakit ringan yang umum seperti batuk, pilek, dan yang paling sering dialami karena berbagai faktor yaitu sakit kepala.

Jika sebelum kehadiran buah hati Mama dapat dengan tenang langsung minum obat untuk meredakan sakit kepala, kini Mama mungkin mempertanyakan apakah obat sakit kepala tersebut aman bagi Mama dan bayi jika dikonsumsi selama menyusui.

Jangan khawatir, berikut Popmama.com rekomendasikan tujuh merek obat sakit kepala untuk Ibu menyusui yang aman dikonsumsi.

1. Bodrex

1. Bodrex
Instagram.com/tokobatkita_

Rekomendasi merek obat sakit kepala pertama yang aman untuk Ibu menyusui adalah Bodrex. Mengandung 600 mg Paracetamol dan 50 mg Kafein per tablet yang esensial untuk meredakan sakit kepala, Bodrex masih aman untuk Mama konsumsi hingga tiga kali dalam sehari.

Jangan khawatir, batas konsumsi kafein harian Ibu menyusui adalah 300mg dalam satu hari. Jadi meski dikonsumsi hingga tiga kali sehari, kandungan kafein pada Bodrex masih aman kok, Ma! Mama bisa membeli obat ini dengan kisaran harga Rp 7.500-17.000.

2. Dumin Paracetamol

2. Dumin Paracetamol
Instagram.com/apotekjnj

Obat sakit kepala Dumin Paracetamol hadir dalam jenis tablet dan sirup. Tanpa kandungan alkohol sama sekali, Dumin dapat mengatasi sakit kepala, meredakan nyeri sakit gigi, hingga menurunkan demam.

Hanya dengan Rp 28.000 Mama sudah bisa mendapatkan 60ml Dumin Paracetamol yang aman untuk ibu menyusui.

Editors' Picks

3. Panadol

3. Panadol
Instagram.com/bhaktiwacana

Rekomendasi terakhir jatuh pada obat sakit kepala sejuta umat, Panadol. Jangan khawatir, obat ini aman dikonsumsi Ibu menyusui karena teruji hanya terserap ke dalam ASI pada jumlah yang sangat sedikit dan tidak memengaruhi jumlah produksi ASI.

Mama bisa mendapatkan satu strip berisi 10 kaplet dengan harga Rp 8.500-10.000 saja di apotek, mini market, hingga warung.


 

4. Paramol

4. Paramol
Shopee.co.id/netzermedika

Satu lagi obat sakit kepala untuk ibu menyusui yang aman dikonsumsi, yaitu Paramol. Kandungan 500mg paracetamol di dalam tiap kapletnya efektif membantu mengurangi sakit kepala yang Mama alami.

Selain lebih mudah karena dapat dibeli tanpa resep dokter, obat ini juga hanya dibandrol dengan kisaran harga Rp 3.000-11.000 saja, lho!

5. Proris Ibuprofen

5. Proris Ibuprofen
Instagram.com/apotektiara

Selain paracetamol, zat lain yang tidak kalah efektif untuk meredakan nyeri dan sakit kepala adalah Ibuprofen. Mama yang menyusui dapat dengan mudah membeli merek Proris Ibuprofen seharga Rp 8.000-16.000 di apotek terdekat tanpa resep dokter.

Sayangnya, Mama dengan penyakit bawaan asma atau maag tidak disarankan untuk mengonsumsi obat yang satu ini, ya.  

6. Sanmol

6. Sanmol
Instagram.com/medikautama_

Untuk gejala pusing yang dipicu oleh flu, Mama bisa mengonsumsi Sanmol dalam bentuk tablet maupun sirup. Obat ini sudah teruji tidak mengganggu produksi ASI dan memiliki risiko yang rendah bagi bayi yang disusui sehingga secara keseluruhan aman dikonsumsi Ibu menyusui.

Mama bisa mendapatkan 60ml Sanmol sirup dengan harga Rp 16.000 dan empat tablet Sanmol Paracetamol dengan harga Rp 5.000 saja. Sangat terjangkau, bukan?

7. Tylenol

7. Tylenol
Instagram.com/kimmie.healthycare

Rekomendasi selanjutnya untuk obat sakit kepala adalah Tylenol yang memiliki kandungan acetaminophen, zat yang efektif mengurangi rasa nyeri, demam, dan sakit kepala. Obat ini aman dikonsumsi ibu menyusui dan dapat dibeli dengan harga Rp 199.000 untuk 500 mg.

Itu dia tujuh obat sakit kepala untuk ibu menyusui yang aman dikonsumsi. Mana yang jadi andalan mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.