5 Tips Menjalani Kehidupan Sehari-hari sebagai Ibu Baru

Ingin membiasakan rutinitas baru pasca melahirkan? Mulai dari sini yuk, Ma!

30 Juni 2021

5 Tips Menjalani Kehidupan Sehari-hari sebagai Ibu Baru
Pixabay/PublicDomainPictures

Kehidupan sebagai seorang ibu seringkali mengubah perempuan seutuhnya. Tidak melulu soal fisik, berbagai perubahan yang terjadi mulai dari kehamilan hingga pasca melahirkan juga datang dengan sederet upaya penyesuaian diri secara mental maupun pola pikir.

Banyak perempuan yang kesulitan memulai dan menjalani rutinitas barunya sebagai seorang ibu. Tidak perlu merasa terburu-buru, Mama bisa melakukan lima tips a la Popmama.com ini untuk menyesuaikan diri sebelum kembali menjalani rutinitas sehari-hari sebagai ibu baru.

1. Jangan memaksakan kembali langsing secara instan

1. Jangan memaksakan kembali langsing secara instan
Freepik/user18526052

Setiap perempuan memiliki target penurunan berat badan masing-masing pasca melahirkan. Jangan tergiur dengan perubahan instan selebriti di media, fokus dengan kondisi dan kebutuhan tubuh sendiri terlebih dahulu.

Perlu diingat juga bahwa aktivitas fisik yang terlalu intens dapat memengaruhi produksi ASI. Untuk itu, pastikan target dan metode penurunan berat badan mama realistis, sehat, dan tidak terlalu diforsir.

Editors' Picks

2. Temui ahli

2. Temui ahli
Freepik/senivpetro

Jarang dibicarakan, pertemuan dengan ahli seperti fisioterapi pasca melahirkan sangat dianjurkan.

Hal ini penting dilakukan untuk membantu Mama mengetahui kondisi otot dasar panggul dan perut pasca melahirkan, agar kemudian dapat mengarahkan rencana jenis olah raga yang tepat dan aman bagi tubuh mama. Jadi, jangan asal olah raga ya, Ma!

3. Menyusui dan merawat payudara

3. Menyusui merawat payudara
Freepik/valuavitaly

Menyusui punya banyak sekali manfaat seperti membangun imunitas kuat pada bayi serta mengurangi risiko kanker rahim dan payudara pada Mama. Meski memang merupakan pilihan dari kondisi masing-masing perempuan, tapi kegiatan menyusui sangat dianjurkan.

Setelah melahirkan dan mulai aktif menyusui, pastikan Mama merawat payudara dengan menggunakan bra dan pakaian yang nyaman, menangani luka akibat menyusui dengan cepat dan tepat, serta menggunakan produk berbahan alami yang diperlukan untuk merawat area payudara.

4. Makan sehat dan bergizi

4. Makan sehat bergizi
Freepik/freepic.diller

Penting bagi Mama untuk memiliki diet yang bergizi seimbang, khususnya selama menyusui. Selain membantu mengurangi berat badan pasca melahirkan, asupan yang Mama konsumsi akan tersalurkan juga pada bayi selama menyusui.

Sangat dianjurkan untuk mengatur menu makanan dengan komposisi karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan serat yang seimbang setiap harinya. Jangan lupa untuk minum banyak air putih dan kurangi makanan cepat saji.

5. Mandi dengan air hangat

5. Mandi air hangat
Freepik/lifeforstock

Mandi atau berendam di dalam air hangat sangat disarankan untuk membersihkan dan merilekskan area perineum pasca melahirkan. Suhu air yang hangat akan membantu melancarkan aliran darah ke area vagina sehingga mendukung penyembuhannya.

Selain itu, mandi atau berendam dengan air hangat juga membantu Mama meredam rasa sakit yang kerap muncul pasca melahirkan dan menjaga tubuh tetap rileks.

Itu dia lima tips menjalani kehidupan sehari-hari sebagai ibu baru.  Menarik, bukan? Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.