7 Manfaat Persalinan Normal Bagi Kesehatan Mama

Apa saja efek positif bagi tubuh Mama jika melahirkan secara normal?

3 Februari 2019

7 Manfaat Persalinan Normal Bagi Kesehatan Mama
Freepik/Yanalya

Momen persalinan seringkali menjadi periode yang menakutkan bagi sebagian besar perempuan. Terlebih lagi jika membayangkan tentang persalinan normal.

Padahal nyatanya, persalinan normal memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh Mama. Terutama berkaitan dengan proses pemulihannya.

Berikut Popmama.com bagikan rangkuman informasi tentang manfaat persalinan normal bagi kesehatan Mama:

1. Waktu pemulihan lebih cepat

1. Waktu pemulihan lebih cepat
Pexels/J Carter

Apabila Mama memiliki kesempatan untuk bisa melahirkan secara normal, biasanya Mama akan merasakan manfaat persalinan normal yang utama yaitu lebih cepat pulih dibandingkan jika menjalani operasi caesar.

Mereka umumnya dapat berdiri dalam beberapa jam setelah melahirkan dan berjalan-jalan dengan bantuan minimal.

Saat melahirkan, hormon yang disebut endorfin dilepaskan dalam tubuh. Hormon ini terbukti dapat menghilangkan rasa sakit dan juga membantu tubuh mengatasi rasa sakit tersebut.

Dibandingkan dengan pada persalinan normal, pemulihan setelah operasi caesar biasanya dapat memakan waktu hingga 4 hingga 5 minggu untuk sembuh sepenuhnya dan kadang-kadang membutuhkan perawatan medis selama periode ini.

2. Bonding lebih kuat

2. Bonding lebih kuat
Pixabay/Parentingupstream

Dalam persalinan pervaginam, biasanya obat-obatan tidak digunakan untuk mengurangi ketidaknyamanan. Pada waktu itu Mama akan sadar sepenuhnya, sehingga berkaitan erat dengan seluruh pengalaman melahirkan.

Seperti diketahui, penggunaan obat-obatan mungkin dapat menghilangkan interaksi pertamanya dengan bayi.

3. Masa inap singkat di rumah sakit

3. Masa inap singkat rumah sakit
Pexels/Pixabay

Setelah melahirkan, proses pemulihan yang lebih cepat membuat Mama tak butuh waktu lama untuk bisa pulang ke rumah. Kondisi ini tentu saja memberikan manfaat psikis yang positif untuk Mama.

Di rumah Mama bisa beristirahat lebih nyaman dan leluasa, selain itu keberadaan teman yang menjenguk juga bisa lebih leluasa, tidak perlu takut mengganggu pasien lain.

Sementara itu, apabila Mama menjalani operasi caesar, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit akan lebih lama. Ini supaya dokter bisa terus memantau Mama sampai sembuh total.

Editors' Picks

4. Nyeri minimal

4. Nyeri minimal
Pexels/rawpixel.com

Tidak ada sayatan atau luka pascaoperasi yang terjadi apabila Mama melahirkan secara normal. Nah, tidak adanya luka ini pun membuat nyeri yang Mama rasakan lebih sedikit.

Rasa nyeri umumnya terjadi pada proses persalinan saja, yakni terfokus pada bagian vagina dan perut. Setelah persalinan sudah terlewati, rasa nyeri tersebut akan berangsur-angsur menghilang secara cepat.

5. Tidak ada infeksi

5. Tidak ada infeksi
Freepik/Rawpixel.com

Saat melakukan persalinan normal, hampir tidak ada kemungkinan Mama tertular infeksi apa pun.

Sementara itu, pada persalinan melalui operasi caesar biasanya ada beberapa risiko infeksi yang terjadi. Salah satunya infeksi luka, lapisan rahim atau saluran kemih. Juga kasus adhesi lebih tinggi, di mana organ dalam bisa menempel atau bersatu.

6. Tidak ada risiko anestesi

6. Tidak ada risiko anestesi
Pexels/Pixabay

Persalinan normal tidak memerlukan anestesi dan hal ini pun menghilangkan risiko yang terkait dengannya. Beberapa efek dari anestesi yang sering terjadi di antaranya mual, tekanan darah rendah, sakit kepala, dan bahkan kerusakan saraf.

Anestesi adalah bagian penting dari setiap prosedur bedah dan dapat menyebabkan efek buruk jika tidak dilakukan dengan benar. Oleh sebab itu, tindakan anestesi memerlukan pengalaman dari dokter yang melakukannya.

7. Mudah kembali ke rutinitas harian

7. Mudah kembali ke rutinitas harian
Freepik/Phduet

Setelah melakukan persalinan normal, pemulihan pada Mama akan terjadi lebih cepat. Mama pun bisa lebih mudah kembali melakukan aktivitas sehari-hari dan aktivitas mengurus si Kecil.

Selain itu, Mama juga lebih cepat dapat melakukan pijat pascapersalinan dan perawatan lainnya tanpa harus merawat luka luar.

Perawatan pascapersalinan yang lebih cepat dapat membantu Mama untuk mendapatkan kembali bentuk dan kekuatan tubuh, mengurangi nyeri punggung dan menyediakan produksi air susu ibu (ASI) yang lebih baik.