7 Hal yang Penting Diperhatikan Saat Memilih RS untuk Persalinan

Jangan asal memilih rumah sakit demi kelancaran persalinan lho, Ma

22 Mei 2019

7 Hal Penting Diperhatikan Saat Memilih RS Persalinan
Freepik/Pressfoto

Mendekati akhir kehamilan, penting bagi Mama dan Papa untuk mulai memilih di rumah sakit mana nanti persalinan akan dilakukan. Sebab proses ini sangat penting dan memerlukan banyak faktor penunjang.

Ya, selain dokter dan tenaga medis yang mumpuni, berbagai fasilitas dan hal-hal lainnya terkait rumah sakit juga penting untuk diperhatikan menjelang waktunya persalinan.

Dengan begitu, Mama bisa lebih tenang menjalani proses persalinan. Saat tenang, proses ini pun bisa terasa lebih lancar.

Nah, apa saja ya faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan saat hendak memilih rumah sakit untuk persalinan? Berikut Popmama.com rangkum informasinya untuk Mama:

1. Reputasi rumah sakit

1. Reputasi rumah sakit
Pexels/Rawpixel.com

Reputasi rumah sakit menjadi faktor penting yang tak bisa luput dari perhatian Mama dan Papa saat hendak memilih. Selain berkunjung langsung, Mama juga bisa mengintip reputasinya dari situs web online resmi rumah sakit tersebut.

Lihat bagaimana kelengkapan fasilitas yang dimiliki dan terutama seperti apa program persalinan yang dimiliki untuk membantu Mama. Misalnya, ada fasilitas room-in untuk ibu baru melahirkan dan bayinya.

Biasanya, rumah sakit khusus ibu dan anak akan memberikan fasilitas yang lebih lengkap terkait proses persalinan dibandingkan rumah sakit umum. Namun semua berbeda-beda dan bergantung juga pada masing-masing rumah sakit.

Jika perlu, Mama juga bisa melakukan pencarian terkait peringkat rumah sakit. Amati bagaimana ulasan dari pasien lain dan klien rumah sakit tersebut.

Baca juga:

2. Ulasan dari para Mama lain

2. Ulasan dari para Mama lain
Pexels/Bruce Mars

Mama juga bisa bergabung dengan situs forum khusus ibu hamil untuk melihat berbagai ulasan dan review dari para Mama lainnya. Hal ini akan sangat membantu Mama dalam mencari rumah sakit sesuai dengan kebutuhan.

Selain dari situs forum, Mama juga bisa berkonsultasi dengan sahabat atau anggota keluarga lain yang pernah melahirkan di rumah sakit tertentu. Tanyakan bagaimana proses persalinan terjadi dan seperti apa pengalaman mereka.

Cari tahu apakah mereka puas atau tidak puas dengan masa inap mereka dan layanan yang diberikan oleh tenaga medis yang ada.

Khusus jika Mama sudah tertarik pada rumah sakit tertentu dan ingin tahu lebih banyak, Mama bisa mencari lebih banyak informasi online dan ulasan dari para Mama yang pernah melahirkan di sana.

3. Tur rumah sakit

3. Tur rumah sakit
Pexels/Pixabay

Setelah Mama memiliki daftar calon rumah sakit yang dipilih, sediakan waktu untuk tur alias berkeliling rumah sakit tersebut, Ma.

Saat berkunjung, amati bagaimana situasi dan suasana di ruang persalinan. Jika perlu, lihat juga seberapa besar ukuran kamar ruang rawat, perhatikan hal-hal mendasar namun penting seperti kebersihannya.

Tanyakan juga pada staf yang ada tentang fasilitas dan peralatan apa saja yang tersedia. Penting juga bagi Mama untuk mengetahui tentang ketersediaan perawat dan dokter jaga.

Editors' Picks

4. Kualitas dokter dan tenaga medis

4. Kualitas dokter tenaga medis
Freepik/nensuria
Ilustrasi

Salah satu hal yang menjadikan rumah sakit ideal adalah seberapa baik dan sigap staf medisnya.

Jika Mama memiliki keluarga atau teman yang pernah melahirkan di rumah sakit, pastikan untuk bertanya kepada mereka bagaimana mereka kesigapan dan keramahan staf medis yang ada.

Proses persalinan adalah salah satu hal yang membutuhkan dukungan dari lingkungan sekitar. Selain dari suami dan keluarga, dukungan dari tenaga medis dan dokter juga penting.

Terlebih jika persalinan ini adalah yang kali pertama untuk Mama. Jika staf yang ada justru tidak sabar dan terkesan terburu-buru karena terlalu banyak pasien, Mama bisa merasa tidak nyaman, bukan?

Selain tenaga medis dan dokter kandungan, kesigapan dari dokter anak yang nantinya akan memeriksa kondisi si Kecil juga tak kalah pentingnya.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Dokter Menyarankan Mama Melahirkan Secara Caesar

5. Biaya

5. Biaya
Pexels/Rawpixel.com

Selain fasilitas dan tenaga medis, faktor lain yang juga harus diperhatikan adalah budget alias biaya. Jika Mama menggunakan asuransi, tanyakan seperti apa limit yang dimiliki dan pastikan sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa jenis asuransi kadang memiliki paket tertentu dan batasan jumlah yang ditanggung. Ada juga jenis rumah sakit yang hanya menerima asuransi tertentu saja.

Tanyakan juga terkait biaya persalinan, termasuk biaya rawat inap dan fasilitas lainnya. Beberapa tindakan tambahan seperti induksi juga diberikan biaya tambahan.

Jangan sampai Mama memilih rumah sakit yang biayanya terlalu besar karena justru bisa membuat budget jadi membengkak nantinya, Ma.

6. Jarak dari rumah

6. Jarak dari rumah
Pexels/Rawpixel.com

Perhatikan, Ma. Jarak dari rumah ke rumah sakit juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan lho, Ma. Sebaiknya hindari memilih rumah sakit yang jarak tempuhnya terlalu jauh.

Terutama jika Mama memiliki kehamilan dengan risiko tinggi, sebaiknya pilih rumah sakit yang jaraknya lebih dekat dengan rumah.

Pastikan juga Mama sudah menentukan rute yang akan ditempuh nantinya saat persalinan sudah dekat. Pilih rute yang lebih dekat dan bebas macet supaya lebih cepat sampai ya, Ma.

7. Teknologi dan fasilitas persalinan

7. Teknologi fasilitas persalinan
Freepik/jannoon028

Salah satu aspek terpenting lainnya saat hendak memilih rumah sakit untuk melahirkan adalah mencari tahu teknologi dan fasilitas persalinan yang dimiliki.

Termasuk fasilitas untuk kehamilan risiko tinggi, epidural, anestesi dan operasi caesar. Meski awalnya Mama mungkin memilih untuk melahirkan secara normal, tapi kemungkinan untuk operasi caesar secara mendadak mungkin saja ada.

Dukungan laktasi dari bidan dan konsultan juga penting. Jadi akan jauh lebih baik jika rumah sakit yang Mama pilih memiliki fasilitas ini.

Keberadaan ruang NICU alias Neonatal Intensive Care Unit juga menjadi salah satu faktor penting. Ruang NICU dibutuhkan oleh bayi baru lahir yang memerlukan perawatan khusus misalnya lahir dengan berat badan rendah, fungsi pernapasan kurang sempurna, serta prematur.

Nah, jika seluruh informasi sudah lengkap Mama dapatkan, kini waktunya berdiskusi dengan Papa dan memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan, ya!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!