7 Rekomendasi Cooler Bag ASI untuk Para Ibu Menyusui

Sekarang sudah banyak variasi dari cooler bag yang bisa menjadi pilihan Mama

25 Oktober 2019

7 Rekomendasi Cooler Bag ASI Para Ibu Menyusui
Pexels/Tim Guow

Usai melewati masa persalinan, kini Mama mulai memasuki fase baru yang tak kalah seru yakni masa menyusui. Di periode waktu ini, Mama pun perlu juga menyiapkan barang-barang khusus.

Salah satunya adalah cooler bag untuk menyimpan ASI perah. Terutama jika Mama sehari-harinya bekerja atau pekerjaan Mama mengharuskan untuk pergi dinas ke luar kota atau negeri selama beberapa hari.

Apa fungsi dari cooler bag?

Fungsi dari cooler bag ini adalah menjaga suhu ASI perah tetap dingin, sehingga bisa bertahan lebih lama. Seperti diketahui, dalam suhu ruang ASI yang baru diperah hanya bisa bertahan selama 4-6 jam saja.

Nah, jika ASI perah didinginkan atau disimpan di tempat yang bersuhu lebih dingin, daya simpannya bisa menjadi lebih lama.

Jadi misalnya Mama memerah ASI di kantor, Mama bisa menyimpannya dulu di kulkas. Kemudian selama perjalanan pulang, ASI perah bisa aman tersimpan di dalam cooler bag.

Saat ini sudah banyak merek cooler bag yang dijual di pasaran, berbagai model dan motif pun kian beragam.

Apa saja rekomendasi cooler bag ASI yang bisa menjadi pilihan Mama? Berikut Popmama.com rangkum informasinya:

1. Gabag

1. Gabag
Instagram.com/gabagindonesia

Gabag merupakan salah satu merek cooler bag lokal yang populer di kalangan para Mama menyusui. Cooler bag dari merek Gabag memiliki berbagai model, mulai dari tas jinjing, tas model sling, serta model ransel atau backpack.

Motif yang diproduksi oleh Gabag pun sangat bervariasi, mulai dari yang berwarna netral dan polos, hingga yang beraneka warna dan banyak motif.

Bagian dari cooler bag Gabag yang khusus untuk menyimpan ASI perah dilapisi oleh alumunium foil dan lapisan antibocor.

Salah satu varian dari cooler bag Gabag yang populer dan terbaru adalah seri Dahlia. Cooler bag ini berwarna pink dan toska, dengan motif bunga dan dedaunan. Fresh, Ma!

Harga dari cooler bag Gabag juga bervariasi bergantung modelnya, Ma. Di Blibli, harganya bervariasi mulai dari Rp 175.000 hingga Rp 500.000.

2. Natural Moms

2. Natural Moms
Instagram.com/natural.moms

Selain Gabag, merek cooler bag lokal yang juga kian populer adalah Natural Moms, Ma. Untuk saat ini, cooler bag Natural Moms terdiri dari 3 varian yaitu sling bag, tote bag dan backpack.

Cooler bag Natural Moms diklaim mampu menjaga suhu dingin selama 20 jam dan juga panas hingga 4 jam. 

Material dari cooler bag Natural Moms terbuat dari bahan food grade, sehingga aman untuk menyimpan makanan dan minuman.

Selain itu, cooler bag ini juga mudah dibersihkan dan terbuat dari material yang berkualitas baik.

Yang paling penting, cooler bag Natural Moms juga menggunakan bahan leak proof alias antibocor. Sehingga saat ice gel mengembun atau ada ASI perah yang bocor, basahnya tidak akan merembes hingga keluar tas, Ma.

Motif-motif dari cooler bag Natural Moms juga tak kalah menarik, lho. Salah satunya sling bag dengan motif owls ini, Ma! Warnanya biru keunguan, dengan gambar burung hantu yang lucu.

Variasi harga dari cooler bag Natural Moms di Lazada berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 465.000.

Editors' Picks

3. Okiedog Freckles

3. Okiedog Freckles
Redmart.com

Cooler bag lain yang juga bisa menjadi pilihan Mama adalah Okiedog Freckles, Ma. Yang menarik, cooler bag ini didesain dengan model travel bag. Dengan begitu, jika Mama sering bepergian, cooler bag ini sangat cocok untuk Mama miliki.

Ukurannya pun rata-rata cukup besar, yakni sekitar 48 x 17 x 30 cm. Selain membawa ASI perah, Mama juga bisa membawa perlengkapan si Kecil lainnya. Seperti pakaian ganti, botol ASI, hingga diapers.

Cooler bag Okiedog Freckles juga dilengkapi dengan tas kecil yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan aksesori si Kecil. Ada pula alas perlak untuk berbagai keperluan darurat.

Di Blibli, harga cooler bag Okiedog Freckles berkisar antara Rp 425.000 hingga Rp 600.000. Tertarik membeli, Ma?

4. Allegra

4. Allegra
Tokopedia

Jika Mama mencari cooler bag dengan ukuran penyimpanan yang besar, misalnya untuk membawa ASI perah dalam jumlah cukup banyak, cooler bag merek Allegra bisa menjadi pilihan Mama.

Allegra juga menjadi merek cooler bag lokal yang tak kalah menarik lho, Ma. Cooler bag Allegra didesain dengan model shoulder bag.

Ruang untuk menyimpan ASI perah pun cukup besar dan bisa dibuka dari samping, sehingga botol ASI perah tetap tegak dan lebih kecil risikonya untuk terjatuh di dalam.

Beberapa jenis cooler bag Allegra juga dilengkapi dengan alas perlak yang bisa Mama gunakan untuk mengganti diaper si Kecil atau keperluan darurat lainnya.

Di Shopee, harga cooler bag Allegra bervariasi antara Rp 350.000 hingga Rp 500.000.

5. Pigeon

5. Pigeon
Shopee

Dikenal sebagai merek perlengkapan bayi seperti botol susu dan perlengkapan makan, Pigeon juga diketahui memproduksi cooler bag, Ma.

Cooler bag dari Pigeon dikenal juga dengan nama Pigeon Fridge-to-Go. Cooler bag ini diklaim mampu menahan dingin ASI perah hingga 12 jam.

Pigeon memberikan teknik ‘Surround Cooling’ yang pendinginnya berada di samping depan dan belakang, sehingga ketahanan dinginnya bisa maksimal. Tempat untuk menyimpan ice gel pun tersedia khusus sehingga tidak mengganggu susunan botol ASI perah.

Sayangnya, untuk desain dan model Pigeon hanya menyediakan satu jenis saja yakni berwarna hitam dan model sling bag.

Di Shopee, harga cooler bag Pigeon yakni sekitar Rp 600.000, Ma.

6. NerTur

6. NerTur
Bukalapak

Cooler bag lainnya yang dikenal memiliki motif unik yakni NerTur, Ma. Kebanyakan cooler bag NerTur memiliki model backpack, namun tetap cocok digunakan para Mama karena warna dan modelnya tetap feminin.

Ada pula desain dan motif dari cooler bag NerTur yang modern seperti jenis All Day Camo Blue, memiliki warna kombinasi biru dan abu-abu, cooler bag ini bisa Mama gunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

Tas ransel ini dibagi menjadi dua bagian, yakni bagian atas untuk menyimpan berbagai perlengkapan si Kecil seperti pakaian, diaper, botol susu, dan lain-lain. Serta bagian bawah khusus untuk menyimpan ASI perah dengan ketahanan 12 jam.

Cooler bag NerTur di Tokopedia dijual dengan harga sekitar Rp 500.000 hingga Rp 700.000.

7. Baby Go Inc

7. Baby Go Inc
babygoinc.com

Nah, khusus untuk Mama yang bekerja dengan membawa laptop atau dokumen, cooler bag Baby Go Inc bisa menjadi pilihan Mama. Cooler bag model backpack ini memiliki ruang khusus untuk membawa laptop berukuran maksimal 14 inci dan dokumen yang tetap aman dari risiko basah.

Ukuran dari cooler bag ini juga besar dan bisa membawa banyak keperluan si Kecil. Model backpack Baby Go Inc ini juga mudah dikaitkan di stroller dan memiliki warna yang bervariasi yakni hitam, merah dan biru tua.

Harga cooler bag Baby Go Inc di Shopee bervariasi antara Rp 375.000 hingga Rp 500.000.

Demikian rekomendasi cooler bag yang bisa dipilih oleh Mama untuk menemani masa-masa menyusui yang menakjubkan. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Mama, ya!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.