5 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Persalinan Normal Agar Cepat Pulih

Setelah persalinan normal Mama sebaiknya melakukan hal-hal ini

14 April 2020

5 Hal Harus Dilakukan Setelah Persalinan Normal Agar Cepat Pulih
agoramedia.com

Setelah Mama melahirkan, maka tubuh mama akan kembali seperti semula. Akan tetapi proses ini tak bisa terjadi secara langsung. Tubuh membutuhkan waktu pasca persalinan supaya dapat pulih kembali. Begitupiun setelah Mama menjalani proses persalinan normal.

Waktu yang dibutuhkan tubuh untuk kembali menyesuaikan dengan kondisi seperti sebelum hamil memang memerlukan waktu 6-8 minggu yang kerap disebut dengan istilah periode postpartum.

Pada masa ini Mama pun akan mengalami perubahan fisik bahkan emosi yang membutuhkan penyesuaian. Selain itu Mama pun harus tanggap merawat tubuh supaya tubuh jauh lebih nyaman dan dapat menikmati masa-masa menyusui dengan lebih bahagia.

Berikut ini beberapa hal yang harus Mama lakukan setelah persalinan yang sudah dirangkum Popmama.com

1. Perawatan untuk nyeri vagina

1. Perawatan nyeri vagina
diseasespictures.com

Untuk Mama yang melewati persalinan normal, maka nyeri pada vagina merupakan masalah umum pasca melahirkan. Terutama untuk Mama yang memperoleh tindakan episiotomi atau dikenal dengan robekan yang sengaja dibuat oleh dokter untuk membuat jalan lahir supaya jauh lebih besar.

Tindakan ini dapat menyebabkan nyeri yang begitu mengganggu selama beberapa minggu pasca persalinan normal. Luka yang ada pada area vagina kerap menyebabkan Mama merasa tak nyaman bahkan kurang leluasa.

Nyeri pada bekas jahitan ini bisa diatasi dengan obat penahan sakit dan kompres dingin.

Editors' Picks

2. Perawatan kontraksi pasca melahirkan

2. Perawatan kontraksi pasca melahirkan
wisegeek.com

Setelah melahirkan, mungkin Mama akan mengalami kontraksi berlebihan seperti ciri-ciri kontraksi saat akan melahirkan. Kontraksi ini akan terasa seperti nyeri haid bahkan dapat menyebabkan pendarahan yang berlebihan.

Kontraksi ini terjadi akibat proses kembalinya rahim ke bentuk semula.

Untuk mengurangi rasa nyeri dan risiko pendarahan yang berlebihan, kompres pada area perut dengan air hangat. Mengompres dapat mengurangi rasa nyeri dan tidak nyaman. Jika Mama sudah melakukan cara tersebut namun kontraksi masih dirasakan, maka segera bicarakan dengan dokter untuk memperoleh penanganan.

3. Latihan otot panggul

3. Latihan otot panggul
borntoworkout.com

Pasca persalinan normal, umumnya Mama akan sering buang air kecil akibat tekanan dari rahim. Selain itu persalinan normal dapat menyebabkan jaringan ikat pada area kandung kemih mengalami gangguan, hingga adanya kerusakan saraf beserta otot pada kandung kemih.

Hal ini yang akan menyebabkan Mama sulit menahan buang air kecil ketika tertawa, batuk atau bahkan saat mengangkat benda. Masalah ini umumnya akan sembuh sendiri selama beberapa waktu setelah melahirkan.

Akan tetapi untuk mempercepat penyembuhan, sangat disarankan melakukan latihan otot panggul. Latihan ini dapat dilakukan dengan senam yang melibatkan otot panggul selama 10 menit. Latihan ini dapat mengembalikan fungsi kandung kemih secara optimal.

4. Istirahat yang cukup

4. Istirahat cukup
thesun.co.uk

Umumnya sesudah melahirkan, Mama akan merasa sangat lelah. Hal ini dapat disebabkan karena kurangnya istirahat ketika mengurus bayi yang baru lahir. Kurang tidur dapat membuat Mama merasa sangat lelah hingga kondisi ini dapat menyebabkan depresi pasca melahirkan.

Pastikan Mama memiliki waktu istirahat yang cukup. Mintalah bantuan suami untuk mengurus si Kecil.

5. Perawatan payudara sakit dan kebocoran ASI

5. Perawatan payudara sakit kebocoran ASI
parents.com

Payudara Mama yang sudah melahirkan pastinya menghasilkan banyak ASI dan ini sangat alami. Umumnya payudara dapat mengalami perubahan pasca melahirkan seperti bengkak, sangat lembut hingga banyak ASI yang keluar dengan sendirinya.

Namun Mama tak perlu khawatir karena ada perawatan yang dapat dilakukan untuk mencegah payudara sakit hingga ASI yang bocor.

Mama bisa mengompres payudara sebelum dan sesudah menyusui. Selain itu Mama juga bisa memijat payudara. Minta bantuan perawat atau bidan yang menangani Mama untuk melakukannya.

Kelima perawatan tersebut di atas akan membantu Mama memulihkan kondisi tubuh pasca melahirkan. Dengan begitu Mama dapat merawat si Kecil dan kembali merasa percaya diri.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.