Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Manfaat Rebung untuk Kesehatan Tubuh Ibu Menyusui

Ternyata rebung mengandung vitamin dan mineral di dalamnya, lho!

25 November 2022

5 Manfaat Rebung Kesehatan Tubuh Ibu Menyusui
Pixabay/May_hokkaido

Kehamilan dan memberi ASI eksklusif pada sang bayi, tentu ini membawa banyak perubahan dalam hidup Mama bukan?

Oleh sebab itu, satu hal yang tidak boleh terlewatkan adalah pentingnya makan makanan sehat nan bergizi. Kabar baiknya, Mama bisa memasukkan rebung segar ke dalam menu diet menyusui.

Rebung yang dikenal sebagai makanan atau masakan Asia Tenggara tersedia dalam bentuk segar, fermentasi dan kalengan. Bahwa profil nutrisinya terbilang sangat mengesankan. 

Berikut Popmama.com berikan informasi 5 manfaat rebung untuk kesehatan tubuh ibu menyusui yang harus Mama ketahui. Yuk, cek ulasannya!

1. Meningkatkan sistem daya tahan tubuh

1. Meningkatkan sistem daya tahan tubuh
Freepik/yanalya

Bahwa sebagian ibu menyusui memiliki sistem kekebalan yang melemah pasca persalinan. Mengonsumsi rebung, ini membantu meningkatkan sistem imunitas Mama. 

Bahkan memakan rebung juga untuk menghindari infeksi virus dan bakteri  lho. Termasuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.

Dikutip dari Organicfacts, vitamin dan mineral dalam rebung dapat menjadi ideal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan yang ada dari rebung sangat penting memperkuat tubuh dari dalam ke luar.

Editors' Picks

2. Membantu mengatasi masalah usus

2. Membantu mengatasi masalah usus
Pixabay/Alicia_Harper

Kebanyakan ibu nenyusui mengalami beberapa sembelit setelah melahirkan. Tentu kondisi ini bisa memperlambat sistem pencernaan dan kurangnya tonus otot sementara di daerah perut.

Nah, manfaat dari rebung sendiri adalah memberi cukup kandungan serat. Bahkan kehadiran serat di dalamnua dikenal sebagai nutraceuticals membantu mengatasi masalah usus dan memperlancar proses pencernaan yang lancar.

Diwartakan dari Healthline, rebung adalah bahan yang populer di berbagai jenis masakan Asia. Rebung kaya nutrisi dan mungkin terkait dengan beberapa manfaat kesehatan. Termasuk peningkatan penurunan berat badan dan kesehatan pencernaan.

3. Cara yang bagus menurunkan kadar kolesterol jahat

3. Cara bagus menurunkan kadar kolesterol jahat
Freepik

Kardiomiopati pasca persalinan yang disebut kardiomiopati peripartum, yakni bentuk gagal jantung yang terjadi pada bulan terakhir kehamilan atau hingga 5 bulan setelah melahirkan. 

Bahwa fitosterol dan fitonutrien yang ditemukan dalam rebung terbilang sangat ideal untuk melarutkan kolesterol LDL berbahaya pada tubuh. Artinya, rebung dapat meringankan tumpukan kolesterol di pembuluh darah dan mencegah risiko terjadinya serangan jantung.

Dilansir dari Webmd, dengan tingkat serat yang tinggi pada rebung adalah cara yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol LDL jahat. Ini pada gilirannya bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Komponen penting dalam menurunkan tekanan darah

4. Komponen penting dalam menurunkan tekanan darah
Pixabay/May_hokkaido

Preeklamsia postpartum adalah suatu kondisi yang dapat terjadi setelah melahirkan. Agar tidak menyebabkan tekanan darah tinggi dan kadar protein yang tinggi dalam urine, cobalah mengonsumsi rebung.

Tingginya konsentrasi selulosa dalam rebung pun berpotensi merangsang karbohidrat yang membantu memperbaiki beberapa kondisi medis. Termasuk tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular.

Selain itu, kalium atau potasium merupakan komponen penting dalam menjaga dan menurunkan tekanan darah. Sedangkan kandungan kalium cukup banyak terkandung pada rebung.

5. Berpotensi mencegah obesitas dan sindrom metabolik

5. Berpotensi mencegah obesitas sindrom metabolik
Freepik/diana.grytsku

Rebung memang diyakini memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Nah, salah satunya adalah meningkatkan nafsu makan dan membantu menurunkan berat badan.

Ini karena obesitas dan kelebihan berat badan telah meningkat pada sebagian ibu menyusui pasca persalinan. Rebung pun cukup efektif dalam mengurangi obesitas diet tinggi lemak. 

Selain itu, kandungan serat di dalam rebung berpotensi dalam mencegah obesitas dan sindrom metabolik.

Demikianlah 5 manfaat rebung untuk kesehatan ibu menyusui. Apakah Mama suka mengonsumsi rebung?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk