5 Manfaat Susu Cokelat untuk Kesehatan Ibu Menyusui

Apakah Mama suka meminum susu cokelat?

27 Januari 2022

5 Manfaat Susu Cokelat Kesehatan Ibu Menyusui
Freepik/jcomp

Apakah saat ini Mama sedang menyusui sang buah hati?

Demi menjaga suplai ASI, maka sangat penting tetap terhidrasi. Berarti Mama harus meminum sesuatu hampir sepanjang hari. Ini karena menyusui dapat membuat Mama jadi sering haus.

Sementara minuman sehat seperti susu cokelat akan membantu Mama menjaga tingkat energi dan memulihkan nutrisi yang dibutuhkan setelah melahirkan.

Lebih dari itu, berikut Popmama.com berikan 5 manfaat susu cokelat untuk ibu menyusui. Yuk, segera cek ulasannya!

1. Berkontribusi terhadap peningkatan kekuatan tulang

1. Berkontribusi terhadap peningkatan kekuatan tulang
Freepik/wayhomestudio

Bahwa susu cokelat berfokus pada bahan yang dibuat dengan susu sapi. Meminumnya sering dipromosikan sebagai cara yang baik untuk meningkatkan asupan kalsium dan vitamin D.

Apabila ibu menyusui kekurangan vitamin D selama masa menyusui, ini dapat berdampak pada kesehatan tulang dan kekuatan tulang Mama di kemudian hari.

Dengan minum susu cokelat, maka memberi asupan kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya. Kedua mineral tersebut pun berkontribusi pada hidroksiapatit, yakni mineral yang mengeraskan tulang dan gigi.

Editors' Picks

2. Membantu sel darah merah mengedarkan oksigen

2. Membantu sel darah merah mengedarkan oksigen
Freepik/topntp26

Apabila Mama sering meminum susu cokelat, maka akan memberi asupan kolin. Bahwa nutrisi ini sangat penting untuk fungsi saraf yang sehat dan berperan dalam kontrol otot. 

Bahkan kolin juga mendukung metabolisme dan berkontribusi pada membran sel yang sehat. Bahwa setiap milkshake cokelat sekitar memberi 54 persen fosfor dan 42 persen vitamin B-12.

Sementara vitamin B-12 yang meningkatkan kesehatan saraf dan mendukung sirkulasi yang sehat. Ini karena ibu menyusui membutuhkan vitamin B-12 sebagai produksi hemoglobin yang membantu sel darah merah mengedarkan oksigen. 

3. Efektif mengurangi kelelahan pasca persalinan

3. Efektif mengurangi kelelahan pasca persalinan
Freepik/valuavitaly

Selama menyusui, Mama perlu memiliki massa otot dan daya tahan yang lebih kuat. Dengan meminum susu cokelat yang kaya akan protein, ini berpotensi membangun massa otot Mama.

Bahkan minum susu cokelat, manfaatnya juga bisa meningkatkan daya tahan dan membantu ibu menyusui tetap sehat lebih lama. Artinya, susu cokelat menyediakan protein di dalamnya.

Secara tidak langsung, susu cokelat menunjukkan terbilang lebih efektif mengurangi kelelahan pasca persalinan.

4. Memberi asupan gizi dari vitamin dan mineral di dalamnya

4. Memberi asupan gizi dari vitamin mineral dalamnya
Freepik

Mama lebih suka meminum susu cokelat yang disajikan panas atau dingin?

Lebih dari sekadar minuman sehat, bahwa susu cokelat merupakan sumber yang baik dari beberapa nutrisi penting. Hal ini pun akan menawarkan beberapa nilai gizi di dalamnya, termasuk vitamin dan mineral.

Ketika meminumnya menjadi bagian yang rutin, susu cokelat dapat memperoleh lebih banyak otot tanpa lemak. Bahkan memberikan nutrisi untuk perkembangan fisik dan mental bayi.

5. Membantu ibu menyusui untuk manajemen berat badan

5. Membantu ibu menyusui manajemen berat badan
Freepik/diana.grytsku

Tidak seperti minuman kaya gula yang manis, susu cokelat mengandung protein tinggi. Sementara susu cokelat versi non-skim juga mengandung lemak.

Bahwa kandungan protein dan lemak pada susu cokelat, ini membuat ibu menyusui merasa kenyang. Dengan perasaan kenyang itu, maka dapat membantu Mama makan lebih sedikit.

Selain itu, kandungan vitamin D yang cukup dan kalori yang lebih rendah juga bisa dalam program manajemen berat badan. Terutama bagi ibu menyusui yang sedang alami obesitas.

Nah, demikianlah 5 manfaat susu cokelat untuk ibu menyusui. Jika Mama alergi susu, cobalah memimum susu kedelai atau almond yang rasa cokelat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk