5 Manfaat Konsumsi Camilan Sehat untuk Ibu Menyusui

Camilan apa yang paling Mama suka?

28 Januari 2022

5 Manfaat Konsumsi Camilan Sehat Ibu Menyusui
Freepik

Mama mungkin pernah mendengar bahwa selama menyusui sering kali membuat perut jadi lebih mudah lapar. Maka beberapa ibu menyusui bertanya-tanya, apakah camilan yang mereka makan akan mempengaruhi ASI?

Sedangkan untuk mencegah masalah pencernaan, sebaiknya mengonsumsi jenis camilan yang menyehatkan. Agar tubuh mendapat nutrisi yang dibutuhkan, cobalah memakan camilan seperti buah-buahan atau kacang-kacangan.

Nah, berikut terdapat 5 manfaat camilan sehat bagi ibu menyusui. Segera lihat ulasan dari Popmama.com di bawah ini!

1. Menahan rasa lapar dan membuat Mama kenyang

1. Menahan rasa lapar membuat Mama kenyang
Freepik/wayhomestudio

Memakan camilan sehat adalah suatu keharusan selama Mama menyusui. Ini membantu Mama dari penurunan energi maupun keadaan perut yang kosong.

Artinya, camilan sehat tidak buruk disantap setiap saat. Bahwa makanan mini tersebut dimaksudkan untuk mengekang rasa lapar dan membantu melengkapi nutrisi yang mungkin tidak Mama dapatkan dari makanan utama.

Dilansir dari Webmd, tingkatkan volumenya dengan makanan berserat tinggi seperti buah-buahan dan sayuran. Makanan ini cenderung memiliki kandungan air yang tinggi, yang membantu kamu merasa kenyang.

Editors' Picks

2. Memberi asupan nutrisi pada ibu menyusui

2. Memberi asupan nutrisi ibu menyusui
Freepik/jcomp

Saat merasa lapar, apakah Mama sering memakan camilan sehat?

Bahwa mengemil camilan sehat  setidaknya sekali dalam sehari, ini bisa memberi Mama nutrisi yang akan mendorong pertumbuhan dan kesehatannya melalui ASI. Termasuk mempertahankan nutrisi dalam tubuh Mama.

Dengan demikian, camilan sehat adalah asupan terbaik yang memengaruhi ASI dan bermanfaat dalam diet. Terutama dalam mempertahankan tingkat energi dan memberikan kesehatan selama masa menyusui.

3. Mendorong produksi ASI dan mendukung laktasi

3. Mendorong produksi ASI mendukung laktasi
Freepik/yanalya

Berfokuslah memakan camilan sehat untuk membantu mendorong produksi ASI. Pilih jenis camilan yang kaya protein seperti kacang-kacangan dan lentil.

Selain itu, camilan yang mengandung vitamin D juga dapat mencukupi kebutuhan vitamin D selama menyusui. Artinya, dengan memilih camilan sehat akan mendukung laktasi pada ibu menyusui.

Dikutip dari Nourisher, pilih granola bar yang mengandung almond. Kacang tersebut merupakan komponen penting untuk meningkatkan laju produksi ASI.

4. Memacu pemulihan jahitan karena persalinan

4. Memacu pemulihan jahitan karena persalinan
Freepik/Racool_studio

Pasca persalinan adalah kondisi yang memerlukan perawatan untuk mendapat kondisi kesehatan baru. Dengan Mama memakan camilan sehat, maka dapat membantu dari pencegahan kondisi kesehatan kronis.

Nutrisi dari camilan sehat untuk melawan infeksi dan mempercepat penyembuhan. Bahkan meningkatkan kekuatan dan energi.

Jadi, camilan sehat seperti buah-buahan yang kaya vitamin C merupakan bagian terbaik memacu pembentukan kolagen dan mengembalikan sel-sel kulit terhadap jahitan karena persalinan.

5. Membantu mengontrol kadar gula darah pada ibu menyusui

5. Membantu mengontrol kadar gula darah ibu menyusui
Freepik/jcomp

Selama menyusui, apakah Mama merasa sulit mengendalikan gula darah? 

Mungkin Mama perlu mencoba memakan camilan sehat. Dengan camilan sehat, ini membantu ibu menyusui menghindari puncak dan penurunan kadar gula darah.

Kuncinya memilih camilan sehat, di dalamnya terdapat tinggi serat dan protein yang bisa menjaga kadar gula darah Mama tetap terkendali. Jadi sangat penting untuk mengemil camilan sehat yang kaya nutrisi.

Itulah 5 manfaat camilan sehat untuk ibu menyusui. Yuk, tambahkan irisan almond ke dalam oatmeal atau segenggam buah sebagai menu camilan Mama!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk