TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Wajib Dikonsumsi, 3 Asupan Penting jelang Kelahiran Bayi Mama

Apa saja sih asupan yang dibutuhkan Mama untuk persiapan dan juga saat proses persalinan?

9 November 2020

Wajib Dikonsumsi, 3 Asupan Penting jelang Kelahiran Bayi Mama
Instagram.com/celine_evangelista

Mama yang sedang hamil pasti sering mendengar atau membaca nasihat bahwa apa yang Mama konsumsi selama sembilan bulan kehamilan, akan berdampak jangka panjang pada kesehatan janin hingga lahir.

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa ketika ibu hamil mengonsumsi makanan yang beragam, maka calon bayinya pun tidak akan pilih-pilih makanan nantinya.

Meski demikian, tentunya ada asupan-asupan penting yang harus Mama penuhi selama masa kehamilan, bahkan saat sebelum terjadinya pembuahan. Dilansir dari NPR.org, kurangnya nutrisi saat terjadi pembuahan juga bisa mengubah gen calon bayi secara permanen.

Nah, kali ini Popmama.com akan membahas tentang asupan penting jelang kelahiran bayi mama, yang harus Mama penuhi.

Apa saja sih asupan yang dibutuhkan Mama untuk persiapan melahirkan? Coba cek daftar berikut ini:

1. Asupan minuman selama persalinan

1. Asupan minuman selama persalinan
Pixabay/kirahoffmann

Hidrasi sangat penting saat proses persalinan. Cukup minum akan membuat Mama merasa kuat dan berenergi. Namun pastikan apa yang diminum adalah cairan yang tepat. Air saja memang bagus untuk menghidrasi, tapi Mama juga akan membutuhkan sumber elektrolit untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang saat persalinan.

Pilihan cairan terbaik untuk menambah kekuatan dan menggantikan cairan yang hilang dalam persalinan, termasuk minuman kemasan yang mengandung elektrolit. Air kelapa asli juga bisa jadi elektrolit alami yang baik dikonsumsi sebelum proses melahirkan. Selain itu, Mama juga bisa mengonsumsi lemonade yang akan memberikan energi dan elektrolit alami.

Sementara itu, ada beberapa jenis minuman yang justru harus dihindari sesaat sebelum persalinan, termasuk di antaranya soda dan minuman berpemanis buatan. Satu lagi, hindari minuman apa pun yang mengandung perasa atau pemanis buatan.

Mama bisa minta tolong Papa juga untuk membuatkan minuman yang menyegarkan tapi baik untuk dikonsumsi menjelang persalinan. Berikut ini resep minuman yang dapat Mama konsumsi jelang persalinan:

Bahan:

  • 4 cangkir air
  • 1/2 cangkir air perasan jeruk yang masih fresh
  • 1/4 sendok teh garam laut
  • 1/4 cangkir madu asli

Cara membuat:

  • Campurkan semua bahan ke dalam pitcher dan aduk sampai tercampur rata.
  • Simpan di dalam kulkas untuk persediaan selama satu minggu.

Editors' Picks

2. Asupan protein dan lemak baik

2. Asupan protein lemak baik
Selerasa.com

Energi yang besar untuk proses persalinan bisa Mama dapatkan dari asupan protein dan lemak. Seperti para atlit, mereka juga mengonsumsi dua nutrisi tersebu untuk performa yang berkelanjutan, agar kuat sampai selesai kompetisi. Well, karbohidrat dan gula juga penting, tapi efeknya hanya akan bertahan sebentar.

Untuk pilihan makanan dengan protein dan lemak yang bisa Mama konsumsi sebelum melahirkan, di antaranya adalah dendeng sapi. Idealnya, sapi yang dipakai untuk membuat dendeng ini dari sumber organik atau yang diberi makan rumput. Mama juga bisa mengonsumsi cokelat.

Selain itu mengonsumsi protein bar favorit mama atau menyeduh bubuk protein yang memang dibuat khusus untuk ibu hamil, juga bisa dilakukan. Makanan dalam bentuk cair masih lebih baik dikonsumsi daripada Mama tidak mengonsumsi apapun karena malas mengunyah.

3. Asupan karbohidrat sehat selama persalinan

3. Asupan karbohidrat sehat selama persalinan
Pexels/Trag Doann

Karbohidrat juga salah satu kandungan dalam makanan yang sangat bagus untuk menghasilkan energi dengan cepat. Namun Mama harus berhati-hati dalam mencampur makanan kaya karbohidrat dengan berbagai macam nutrisi lainnya. Ini untuk menghindari penurunan energi yang bisa disebabkan karena kelebihan karbohidrat.

Ada beberapa pilihan makanan ringan terbaik yang mengandung karbohidrat. Mama bisa mencoba makan buah segar yang dipotong kecil-kecil, sandwich atau bagel dengan krim keju, atau biskit gandum utuh yang gluten-free. Mama juga bisa mempersiapkan overnight oats dengan tambahan bahan-bahan seperti yang sudah disebutkan.

Tips Penuhi Asupan Makanan jelang Persalinan

Tips Penuhi Asupan Makanan jelang Persalinan
Instagram.com/mrsayudewi

Menjelang persalinan, Mama harus konsumsi makanan yang mengandung banyak protein. Jadikan itu makan malam sebelum perjuangan di ruang bersalin, dan nikmatilah. Saat persalinan berlangsung, pastikan untuk secara konsisten minum cairan hidrasi. Mama bisa meminta Papa untuk membawakannya di dalam botol dengan sedotan, supaya lebih mudah untuk diminum.

Nah, itulah tiga asupan penting jelang persalinan. Saat kontraksi semakin intens, cobalah konsumsi sedikit makanan untuk menjaga energi tetap tinggi. Setiap gigitan makanan yang Mama masukkan ke dalam tubuh adalah bahan bakar yang luar biasa untuk proses persalinan. Sehingga, Mama siap untuk bertemu dengan si kecil dalam kondisi yang masih bersemangat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk