Ma, Ini 7 Buah Pencegah Sembelit Setelah Melahirkan 

Ternyata, nggak cuma pepaya yang bisa sembuhkan sembelit

8 Januari 2022

Ma, Ini 7 Buah Pencegah Sembelit Setelah Melahirkan 
Freepik

Setelah melahirkan, banyak Mama yang mengeluhkan hal yang sama yaitu sembelit. Hal ini bisa sangat menyakitkan. Oleh karena itu, Popmama.com punya solusinya. 

Banyak Mama yang mengalami sembelit atau sulit buang air besar di hari-hari awal setelah melahirkan. Sedangkan hal ini bisa cukup menyakitkan mengingat baru saja melewatkan proses melahirkan. 

Sebelum mengalaminya, Mama bisa mencegahnya lebih dahulu yaitu dengan banyak makan sayur dan minum air cukup. Selain itu, konsumsi 7 buah yang dikenal memiliki kemampuan menangkal sembelit. 

Apa saja? 

1. Buah delima 

1. Buah delima 
Unsplash/Clique Images

Vitamin B kompleks yang ada di buah delima bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan kamu. Bijinya juga mengandung serat tinggi, sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan. 

Kamu bisa mengonsumsi delima secara langsung dan membuatnya jadi camilan sehat. Namun bisa juga mengonsumsi jus delima. 

2. Apel 

2. Apel 
Freepik/mdjaff

Apel adalah buah yang kaya serat. Dalam 1 buah apel yang berukuran sedang, terkandung sekitar 4,4 gr serat yang mencakup 17% kebutuhan serat harian. 

Serat larut yang dikandung apel isa membuat bakteri membentuk asam lemak yang menarik air ke usus besar. Hasilnya, kotoran di usus besar bisa lebih lunak dan mengurangi waktu pemberhentian di usus. 

Konsumsi apel segar yang utuh akan lebih baik untuk proses melancarkan pencernaan. 

Editors' Picks

3. Buah naga

3. Buah naga
Freepik

Dalam 100 gr buah naga, terkandung 3 gr serat yang sebanding dengan 12% kebutuhan serat harian tubuh. Biji buah naga memiliki efek kuat untuk melancarkan buang air besar. 

Kandungan polyunsaturated fatty acid yang ada di dalam bijinya mampu merangsang pergerakan usus dan membuat buang air besar lebih lancar. 

Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung, mencampurnya dalam salad, atau menjadikannya campuran smoothies. 

4. Mangga

4. Mangga
Pixabay/AncelinBonnet

Buah yang sedang musim ini mengandungg serat dan polifenol yang bisa membantu mengatasi sembelit. Buah mangga juga bisa membantu memperbaiki bakteri di usus dan mengurangi peradangan. 

Kandungan serat yang ada di dalamnya tak hanya baik untuk mengatasi sembelit tapi juga untuk menyehatkan tubuh, lho.

Yuk, rajin-rajin mengonsumsinya!

5. Pisang

5. Pisang
freepik.com/freepik

Dalam 1 buah pisang berukuran sedang, terkandung sekitar 3,1 gr serat yang mampu meningkatkan penyerapan air dan membuat feses lebih lunak. Dengan begitu, proses pembuangan air besar pun lebih mudah. 

Pisang juga merupakan makanan bagi bakteri baik di dalam usus, seratnya bisa membantu menghilangkan racun di usus besar dan mampu meringankan sembelit. 

Ingat, untuk mengatasi sembelit, konsumsi pisang yang sudah masa, ya!

6. Kiwi

6. Kiwi
Freepik

Tak hanya baik untuk diet, kiwi juga berguna sebagai obat pencahar alami. Buahnya yang asam dengan sedikit hint manis ini bisa memudahkan proses buang air besar pada penderita sembelit kronis. 

Pada sebuah penelitian disebutkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi kiwi setiap hari selama 4 minggu memiliki rutinitas ke kamar mandi yang lebih baik dibanding mereka yang tidak. 

Mama bisa membuatnya menjadi jus atau membuatnya jadi salad buah. 

7. Anggur

7. Anggur
Freepik/jigsawstocker

Anggur merupakan buah yang kaya antioksidan dan juga kaya serat. Ia juga mengandung banyak air yang mampu memudahkan proses buang air besar. 

Mama bisa mengonsumsi beberapa genggam anggur setiap hari untuk meringankan dan mengatasi sembelit. 

Itulah 7 buah yang bisa rutin dikonsumsi setelah melahirkan. Dengan begitu, sembelit pun tak perlu dialami. Sehat selalu!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.