5 Tips Agar Proses Melahirkan Dapat Berjalan dengan Cepat

Ada beberapa hal yang bisa Mama lakukan agar persalinan dapat berjalan lancar dan lebih cepat

14 Agustus 2019

5 Tips Agar Proses Melahirkan Dapat Berjalan Cepat
Pixabay/Sanjasy

Saat usia kehamilan menginjak 9 bulan, para Mama tentu tidak sabar menanti kapan waktu kelahiran tiba. Dokter biasanya akan memberitahu Mama kapan perkiraan kelahiran sang Bayi, namun terkadang perkiraan tersebut melesat dari waktu perkiraan lahir (HPL). 

Kelahiran melebih waktu HPL memang umum terjadi, namun tahukah Mama bahwa ada cara yang bisa dilakukan untuk membantu persalinan berjalan lancar dan berjalan cepat. 

Penasaran apa saja? Dilansir dari  dan blaman Parents dan sumber lainnya, ini dia caranya.

1. Menjaga kebugaran tubuh

1. Menjaga kebugaran tubuh
Pixabay/Mirlidera

Agar proses persalinan berjalan dengan cepat, pastikan kesehatan tubuh Mama tetap terjaga dengan baik.

Mama disarankan untuk rutin melakukan olahraga ringan menjelang persalinan agar persalinan dapat berjalan dengan lancar dan berjalan dengan cepat.

Sebab dengan rutin berolahraga, selain tubuh menjadi lebih bugar, stamina juga akan lebih meningkat sehingga Mama dapat menjalani persalinan dengan lebih mudah.

2. Mengikuti kelas hamil

2. Mengikuti kelas hamil
Freepik/Yanalya

Untuk membuat persalinan lebih mudah dan lebih cepat, Mama disarankan untuk mengikuti kelas hamil. Dengan mengikuti kelas hamil segala pengetahuan mengenai kehamilan dan proses persalinan dapat Mama ketahui.

Di kelas hamil, akan ada beragam pengetahuan yang Mama peroleh mulai dari mengatasi keluhan kehamilan yang dirasakan, hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat hamil, hingga tahapan persalinan mulai dari kontraksi hingga bayi terlahir ke dunia.

Dengan mengikuti senam ini pula, Mama juga jadi tahu bagaimana cara melatih diri dalam menghadapi kontrasi palsu dan asli, termasuk menghilangkan kepanikan saat persalinan tengah berlangsung.

Editors' Picks

3. Sering berjalan kaki

3. Sering berjalan kaki
Pexels/Leah Kelley

Mama tentu tahu hal ini karena hampir sebagian perempuan hamil di Indonesia menyarankan untuk banyak berjalan kaki menjelang persalinan tiba.

Ya, rupanya berjalan kaki diyakini efektif dalam merangsang bayi untuk segera masuk ke jalan rahim. Jadi, biasakan diri untuk berjalan kaki ya Ma dan pastikan Mama didampingi orang terdekat saat melakukannya.

4. Dapatkan relaksasi dari pijatan

4. Dapatkan relaksasi dari pijatan
babyology.com.au

Meski perlu ditelaah lebih lanjut, perempuan yang mendapati pijatan saat menjalani proses persalinan cenderung dapat melahirkan dengan lebih lancar.

Hal ini karena pijatan dapat membantu mengurangi rasa sakit dan menurunkan tingkat kegelisahan yang Mama alami selama proses persalinan.

Mama bisa meminta pasangan untuk memijat bagian tubuh tertentu seperti leher ataupun punggung saat kontraksi awal mulai Mama rasakan.

5. Berhubungan intim

5. Berhubungan intim
Freepik/Ijeab

Mama harus tahu, berhubungan intim menjelang persalinan dapat membuat persalinan menjadi lebih cepat? Alasannya karena hubungan intim dianggap sebagai induksi alami yang bisa memperlancar persalinan.

Selain itu sperma juga mengandung prostaglandin yang bisa membantu ‘mematangkan’  leher rahim yang pada gilirannya dapat mempercepat proses persalinan.

Namun hal tersebut perlu diteliti lebih lanjut dan Mama disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter karena pada beberapa kondisi, berhubungan intim menjelang melahirkan tidak direkomendasikan.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;