Baby Blues Detected! Ini 5 Penyebabnya yang Harus Mama Ketahui

Mungkin Mama mengalami ini?

30 November 2018

Baby Blues Detected Ini 5 Penyebab Harus Mama Ketahui
Freepik/phduet

Istilah baby blues biasanya dianggap sebagai sinonim dari keadaan mama yang mengalami depresi pasca melahirkan.

Baby blues merupakan keadaan psikologis sementara setelah melahirkan, ketika seorang ibu baru mungkin mengalami perubahan suasana hati yang mendadak, merasa sangat bahagia, kemudian sangat sedih, menangis tanpa alasan yang jelas, merasa tidak sabar, sangat mudah tersinggung, resah, cemas dan merasa kesepian.

Baby blues bisa bertahan beberapa waktu atau selama 1 sampai 2 minggu setelah melahirkan.

Lalu apa penyebab baby blues pasca melahirkan?

Baby blues dalam pengertian ini kurang parah dibanding depresi pascamelahirkan. Baby blues tidak selalu memerlukan perawatan dari penyedia layanan kesehatan.

Seringkali, bergabung dengan kelompok pendukung ibu baru atau berbicara dengan para Mama lain bisa membantu untuk membuat ibu baru merasa lebih tenang.

Jika kamu termasuk sebagai ibu baru, kemudian mengalami ciri-ciri baby blue di atas maka kamu harus intropeksi, itu sekedar baby blues atau depresi pasca melahirkan. Berikut ini Popmama.com berikan penjelasan beberapa penyebab baby blues.

1. Kelelahan

1. Kelelahan
Freepik/onlyyouqj

Setelah proses persalinan yang super melelahkan, kamu dihadapkan dengan kenyataan harus melatih bayi untuk bisa meminum ASI secara langsung. Sementara tidak semua bayi yang baru lahir bisa menyusui secara langsung.

Ibu menyusui biasanya kelelahan karena kesusahan mengajarkan bayinya menyusu ASI secara langsung. Sebagian bayi susah membuka mulut, sementara puting mama masih kaku dan berukuran besar setelah melahirkan.

Ini adalah hal yang wajar, percobaan menyusui harus tetap dilakukan. Meski prosesnya memakan waktu dan menguras tenaga serta kesabaran Mama.

Seringkali Mama jadi kurang tidur dan merasa kelelahan. Selain itu, banyak hal yang harus disiapkan untuk Si Kecil sementara Mama masih transisi dari fase kehamilan menjadi fase ibu baru atau ibu menyusui.

2. Payudara bengkak

2. Payudara bengkak
Freepik/phduet

ASI mulai terproduksi sehingga payudara Mama cepat membesar dan membengkak. Bayi yang baru lahir biasanya menyusu setiap 2 jam sekali. Tapi ada juga yang pintar, sedikit-sedikit minta ASI karena cepat merasa haus dan lapar, serta sering buang air kecil.

Nyatanya, tidak semua bayi memiliki kemampuan yang sama setelah dilahirkan. Bagi mama dengan bayi yang sulit menyusu mungkin memiliki masalah payudara bengkak karena ASI keluar tidak lancar.

Jika mengalami ini, segeralah pompa ASI dan simpan di tempat yang steril. Hal paling penting, Mama jangan buang kolestrum dalam ASI pertama karena ini sangat bagus untuk kesehatan bayi.

Editors' Picks

3. Adaptasi dengan keras

3. Adaptasi keras
Freepik/yanalya

Mama harus menyesuaikan diri dengan tanggung jawab baru dan dengan peran sebagai Mama. Ini sering membuat Mama yang baru melahirkan kewalahan.

Biasanya ia mengurus dirinya sendiri, sekarang sudah ada bayi mungkil yang selalu membutuhkan bantuan Mama. Mulai dari buang air kecil, saat lapar, haus, mandi dan tidur semua harus dibantu.

4. Kadar hormon menurun

4. Kadar hormon menurun
Freepik/onlyyouqj

Saat hamil Mama mengalami kenaikan jumlah hormon, begitu pula pasca melahirkan. Mama kehilangan kadar hormon. Ini bisa mempengaruhi keadaan tubuh dan sensitifitas Mama.

5. Perubahan tubuh secara drastis

5. Perubahan tubuh secara drastis
Freepik/phduet

Banyak ibu hamil sangat menjaga pola makan saat kehamilannya. Sementara setelah melahirkan ia lupa dengan menjaga porsi makan.

Sensitif tentang perubahan ini, juga bisa jadi penyebab baby blues pasca melahirkan.

Mereka pikir makan apa saja yang penting ASI lancar. Nah, pola makan seperti ini yang membuat Mama malah lebih gemuk dibandingkan saat hamil.

Belum lagi sering ada pertanyaan dari kerabat yang besuk seperti, “Kok gemukan setelah melahirkan ya?”, atau “Wah, sudah enak nih tidurnya sekarang sampai bisa gemukan gini ya.”

Kalimat-kalimat yang kurang berkenan di hati Mama seperti itu tentu bisa membuat Mama merasa tertekan.

Itulah 5 penyebab baby blues yang dirasakan ibu menyusui pasca melahirkan. Tapi tenang saja ya Ma, itu tidak berlangsung lama. Berusahalah untuk menerima keadaan dan nikamati setiap momen yang Mama hadapi.

Itulah keindahan yang tidak akan terulang lagi, jika nanti kamu hamil lagi dan melahirkan lagi, tentu tidak sama momen yang akan kamu dapatkan nanti dengan yang kamu temui hari ini. Semangat terus Ma.

Topic: