5 Rekomendasi Konsultasi Online untuk Sindrom Baby Blues

Kenali gejala dan segera cari pertolongan ya, Ma!

19 April 2021

5 Rekomendasi Konsultasi Online Sindrom Baby Blues
Freepik/yanalya

Sindrom baby blues dialami oleh sebagian mama yang baru melahirkan. Ini mulai menimpa para ibu baru di hari ketiga sampai seminggu setelah melahirkan. Penyebabnya adalah rasa cemas dan sedih yang berlebihan. Kondisi ini akan menimbulkan dampak buruk, misalnya tidak menginginkan kelahiran bayi.

Kenali gejalanya sehingga Mama dapat mengatasinya. Berikut beberapa gejala sindrom baby blues yang dialami oleh ibu melahirkan:

  • Cemas berlebih,
  • sulit tidur,
  • nafsu makan berkurang,
  • emosi labil.

Kondisi sindrom baby blues jangan dipandang sebelah mata, Ma. Jika Mama merasakan beberapa gejala, sebaiknya segera mencari bantuan. Selain melakukan kunjungan ke terapis, Mama juga dapat melakukan konseling secara online. Prosesnya sama dengan kunjungan ke terapis, namun bedanya sesi konsultasi dilakukan secara virtual atau dengan telepon.

Untuk membantu Mama, Popmama.com mengulas rekomendasi konsultasi baby blues online pada artikel berikut ini.

1. Bicarakan.id

1. Bicarakan.id
Pexels/Bruce Mars

Bicarakan.id menghubungkan setiap orang yang membutuhkan bantuan di bidang kesehatan mental dengan terapis yang ahli di bidangnya. Apapun masalah yang Mama alami, langkah pertama dan terpenting adalah membicarakannya.

Bicarakan.id menyediakan layanan konsultasi psikologi online yang praktis, efektif, dan biayanya terjangkau. Pilih terapis yang berpengalaman menangani sindrom baby blues, kemudian jadwalkan sesi konseling online.

Tarif konseling untuk individu sebesar Rp 189.000 dan Rp 249.000 untuk pasangan.

2. Halodoc

2. Halodoc
Pexels/Anna Shvets

Psikolog yang ahli di bidangnya akan membantu Mama mengatasi baby blues syndrome yang Mama alami. Mama dapat mengunduhaplikasi Halodoclewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, pilih untuk berkonsultasi lewat Video/Voice Call atau Chat.

Sebelum memutuskan untuk melakukan sesi konsultasi, Mama dapat memeriksa latar belakang spesialisasinya. Apakah terapis terbiasa menangani masalah sindrom baby blues  yang Mama alami. Selain itu, pertimbangkan juga metode seperti apa yang digunakan untuk menyelesaikan masalah. 

Saat memulai sesi, awali dengan menjelaskan apa masalah dan gejala yang Mama alami serta harapan dengan melakukan konseling.

Editors' Picks

3. Ibunda

3. Ibunda
Freepik/freepik

Ibunda.id juga menawarkan jasa konseling baik online maupun offline. Mama hanya perlu melakukan pendaftaran melalui Whatsapp dan menjelaskan secara singkat masalah apa yang dialami untuk mendapatkan rekomendasi dokter atau psikolog.

Setelah memilih psikolog, jadwal, dan melakukan pembayaran, Mama dapat memulai konseling.

Ceritakan semua apa yang Mama rasakan. Mama tidak perlu khawatir jika masalah mama akan tersebar, karena semuanya dijamin kerahasiaannya. Sehingga Mama pun dapat berkonsultasi dengan nyaman.

Semua praktisi kesehatan mental di Ibunda.id memiliki lisensi dan terverifikasi dengan lembaga terkait.

Tarif konsultasi online di sini mulai dari Rp 169.000/sesi.

4. Riliv

4. Riliv
Freepik/Fabrikasimf

Di sini Mama bisa berkonsultasi dengan psikolog yang sesuai dan jenis terapi yang dibutuhkan.

Konseling dengan terapis melalui Riliv dapat dilakukan melalui textmaupun telepon. Tarif konseling melalui text mulai dari Rp100.000/sesi.

Sedangkan untuk konseling melalui telepon, mulai dari Rp149.000/sesi

Selain menyediakan layanan konseling online, Riliv juga punya layanan meditasi, Ma. Untuk meditasi, tarifnya mulai dari Rp60.000/2 bulan hingga Rp250.000/tahun.

5. Sehatq

5. Sehatq
Freepik/rawpixel.com

Sehatq juga memberikan pelayanan konsultasi online untuk Mama yang mengalami sindrom baby blues setelah melahirkan.

Dengan tarif mulai dari Rp 135.000-Rp 350.000 per sesi, Mama dapat memilih sendiri psikolog yang terdaftar di Sehatq.  Semua psikolog yang ada di Sehatq juga memiliki lisensi dan terverifikasi dengan lembaga terkait.

Kelebihan Melakukan Konseling Online

Kelebihan Melakukan Konseling Online
Pexels/ivan-samkov

Selama masa pandemi Covid-19, Mama mungkin memiliki keterbatasan untuk bepergian ke luar rumah. Selain itu Mama mungkin merasa sungkan untuk bertemu psikolog secara langsung. Maka konseling onlinedapat menjadi pilihan. Berikut beberapa kelebihan melakukan konseling online:

  • Mama dapat melakukan konseling di mana saja Mama berada, terutama di masa pandemi ketika perjalanan dibatasi.
  • Waktu layanan konseling dapat menyesuaikan dengan waktu luang mama.
  • Layanan konseling online dilakukan bersama dengan psikolog atau psikiater, dengan hasil dan kualitas yang mendekati layanan konseling secara tatap muka.
  • Mama dapat memilih psikolog manapun, sekalipun yang berada di luar pulau tempat tinggal mama.
  • Bianyanya relatif lebih murah dibanding melakukan konsultasi langsung.

Itulah daftar konsultasi baby blues online. Kenali gejala sindrom baby blues setelah melahirkan dan jangan ragu untuk mencari bantuan ya, Ma. Jika dibiarkan terus, kondisi ini dapat mengganggu kualitas hidup mama dan si Kecil.

Tetap semangat dan semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.