Eksklusif: Tips MengASIhi a la Asmirandah, Nyaman karena Adanya Support System

Dukungan suami, orangtua, mertua dan lingkungan sekitar membantu Asmirandah bisa merasa nyaman saat mengASIhi

3 Agustus 2021

Eksklusif Tips MengASIhi a la Asmirandah, Nyaman karena Ada Support System
Popmama.com/Vandah Team

Kesuksesan ibu menyusui bergantung dari banyak hal. Salah satunya adalah support system yang penting bagi kesuksesan mengASIhi seorang ibu menyusui. Asmirandah punya cerita dan tips menarik mengenai hal ini.

Millennial Mama of The Month edisi Agustus 2021 ini menceritakan pentingnya dukungan untuk ibu menyusui. Menurut Mama dari Chloe Emmanuelle Van Wattimena ini, peran suami dan dukungan keluarga jadi hal penting untuknya sekarang selama menyusui Chloe.

Menurut aktris satu ini, yang terpenting selama dirinya menjalani momen mengASIhi adalah menjaga moodnya selalu bagus. Karena ia merasakan kalau suasana hatinya bagus produksi ASI-nya untuk Chloe pun berlimpah.

"Dukungan mereka adalah bagaimana caranya membuat saya tetap senang, pokoknya jangan buat saya ribet, karena kalau sudah seperti itu pasti jadi kebingunan. Jadinya stres dan kepikiran," tutur Asmirandah dalam wawancara khusus dengan Popmama.com.

Bagaimana tips mengASIhi dengan nyaman a la Asmirandah? Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya.

1. Dukungan Jonas Rivanno selama momen mengASIhi Asmirandah

1. Dukungan Jonas Rivanno selama momen mengASIhi Asmirandah
Popmama.com/Vandah Team

Support system terdekat bagi Asmirandah selama menyusui Chloe adalah suaminya, Jonas Rivanno. Selama membantunya, Jonas termasuk suami yang santai tapi sigap, lho.

Untuk membuat istrinya tetap nyaman, Jonas sering menawarkan sang Istri untuk dipijat. Ia pun berusaha memberikan segala kebutuhan yang Asmirandah minta. Tak lupa, sebagai papa siaga, ia juga mengambil bagian untuk mengurus Chloe secara bergantian. Itulah keseharian yang dilakukan Jonas Rivanno.

"Dia menyediakan apa yang saya minta, jadi misalnya saya minta sesuatu, ini dan itu, terus dia berusaha membuat hal itu ada, langsung disediakan," jelas Asmirandah.

Asmirandah pun bersyukur kalau lingkungan dan keluarga besar saling membantunya untuk bisa menyusui dengan nyaman.

Tentu itu punya peran penting dalam kesuksesannya bisa mengASIhi ekslusif minimal 6 bulan kepada Chloe.

"Besyukurnya semua orang di dekat saya baik, lingkungan sekeliling juga benar-benar support saya saat menyusui selama ini," pungkasnya.

Editors' Picks

2. Asmirandah tidak membatasi asupan makanan selama menyusui

2. Asmirandah tidak membatasi asupan makanan selama menyusui
Popmama.com/Vandah Team

Ibu menyusui pastinya membutuhkan asupan nutrisi seimbang dan sehat ya, Ma. Untuk bisa mewujudkan itu, diawal-awal pasca melahirkan bayinya, Asmirandah tidak membatasi asupan makanan yang harus ia konsumsi. 

Hal itupun didukung oleh sang Suami. Jonas sempat melarang istrinya untuk diet di awal-awal dirinya melahirkan Chloe.

Sebab, banyak makanan mengandung nutrisi baik yang harus dikonsumsi Asmirandah untuk kebaikan dirinya dan Chloe.

"Kalau suami santai sih, pas awal-awal itu nggak ada diet pokoknya harus makan ini dan itu. Karena banyak makanan juga yang nutrisinya penting untuk Chloe," tutur Asmirandah.

3. Dapat banyak informasi, Asmirandah selalu menyaring informasi yang ada

3. Dapat banyak informasi, Asmirandah selalu menyaring informasi ada
Popmama.com/Vandah Team

Ragamnya informasi soal menyusui membuat Asmirandah harus pintar memilih mana yang benar dan mana yang salah.

Ia banyak mendapatkan saran soal tips dan cara menyusui, tetapi tetap tidak sembarang informasi ia ikuti.

"Saya akan terima sarannya, tapi untuk menerapkannya tentu harus yang masuk akal. Kalau misalnya saran mencoba makanan, kadang saya lakukan. Selebihnya yang tidak berhubungan dengan makanan atau yang berhubungan dengan mitos-mitos saya tidak menjalankannya," tutur Asmirandah.

Penting untuk menjadi ibu menyusui yang cermat. Tidak semua hal yang kita dengarkan harus langsung ditiru. Perlu diperhatikan dan difilter mana yang tepat atau tidak ya, Ma.

Untuk memastikan informasi atau pertanyaan, Asmirandah sendiri punya dokter yang siap ia hubungi kapan pun melalui telepon. Hal ini sangat memudahkannya ketika menemui kebingungan saat menyusui Chloe. 

"Kalo (bertanya) ke dokter kan ibaratnya jika kenapa-kenapa kalau itu yang disarankan, jadi masih bisa mendapatkan pertanggungjawaban. Sebenarnya bukan kalau apa-apa langsung ke dokter juga, hanya aku lebih percaya meminta saran dan masukan dengan ahlinya," pungkasnya.

Memilih sumber untuk menjawab rasa penasaran dan keingintahuan juga perlu diperhatikan ya, Ma. Tanyakan pada ahlinya seperti dokter, agar jawabannya pun tepat dan aman.

4. Dukungan semua pihak penting untuk kesuksesan mengASIhi Asmirandah

4. Dukungan semua pihak penting kesuksesan mengASIhi Asmirandah
Popmama.com/Vandah Team

Sudah disebutkan sebelumnya kalau bantuan dari keluarga besar hingga lingkungan sekitar ini membuat Asmirandah bisa nyaman dalam mengASIhi Chloe.

Misalnya, untuk urusan pekerjaan rumah ia dibantu oleh banyak orang dari asisten rumah tangga hingga Mama dan mertuanya.

Sehingga Asmirandah dan Jonas sebagai orangtua baru lebih fokus untuk mengurus anak mereka. 

"Ada asisten, adik-adik saya juga di rumah, jadi ada yang bisa dimintai tolong. Apalagi pada saat aku melahirkan dulu, Mama juga menginap di rumah. Lalu, Mama mertua juga selalu suppport. Jadi bantuan itu datang dari semua pihak, seolah saya tidak pernah dibiarkan merasa kesusahan," jelas Asmirandah.

5. Asmirandah berusaha berpikir positif agar lebih nyaman saat mengASIhi

5. Asmirandah berusaha berpikir positif agar lebih nyaman saat mengASIhi
Popmama.com/Vandah Team

Kadang, banyak hal yang menantang dan harus dilalui oleh ibu menyusui. Asmirandah pun tak menampik hal itu, tetapi dibanding ambil pusing ia ingin menerima itu dengan kesadaran penuh.

Asmirandah berusaha berpikir positif dari segala tantangan yang pernah datang selama ia menyusui. Bahkan saat dirinya mengalami gangguan dan masalah, Asmirandah berusaha fokus untuk bisa memberikan yang terbaik untuk anaknya meski pun tidak sempurna seperti yang ia inginkan.

"Intinya sekarang bawa bayi yang sudah tidak di dalam perut, tapi dia kan selalu ada (dari hamil dulu). Bedanya sekarang aku harus menyusui dan memberi dia makan. Jadi sampai saat ini, saya menganggap perbedaannya hanya itu. Jangan dibawa terlalu stres," tutur Asmirandah.

Momen mengASIhi Asmirandah menjadi hal yang penting baginya sebagai Mama baru. Selama 6 bulan ASI ekslusif ia berusaha memberikan yang terbaik untuk Chloe. 

Meski pun tidak sempurna, ia berusaha menerima dan merangkul hal itu. Asmirandah selalu berpikir bahwa momen menyusui mungkin menantang, tapi dengan dukungan suami, keluarga dan orang sekitarnya ia seolah bisa melewati tantangan itu lebih kuat.

Millennial Mama of the Month Edisi Agustus 2021 - Spesial Pekan ASI: Asmirandah

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Video Creator - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Ediarti
Video Editor - Bima Bintoro
Design - Hilyatul Auliya Habib
Photographer - Vandah Team
Photo Editor - Razka Ramadhan
Fashion Stylist - Ade Rio 
Asmirandah’s Wardrobe - Barli Asmara

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Asmirandah
Millennial Mama

Asmirandah

"Sejak hamil, saya sudah siap untuk tenang dan bahagia di masa menyusui"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.