Eksklusif: Kenalkan Ragam Rasa dan Tekstur Sejak Dini, Ini Tips Lahap MPASI a la Asmirandah

Selalu lahap dan menikmati MPASI, ini yang dilakukan Mama Asmirandah

19 Agustus 2021

Eksklusif Kenalkan Ragam Rasa Tekstur Sejak Dini, Ini Tips Lahap MPASI a la Asmirandah
Popmama.com/Vandah Team

Pemain sinetron Asmirandah dan Jonas Rivanno saat ini tengah menikmati momen berharga sebagai orangtua dari putri pertamanya, Chloe Emmanuelle Van Wattimena.

Melalui unggahan pada Instagram pribadi miliknya, Asmirandah sering kali berbagi momen tumbuh kembang buah hatinya yang kini sudah memasuki usia untuk menikmati makanan pendamping ASI atau MPASI.

Jika melihat beberapa unggahan Asmirandah terkait MPASI Chloe, tentu Mama bertanya-tanya, apa sih kira-kira yang dilakukan Asmirandah hingga membuat sang putri dengan lahap menikmati MPASI yang disajikan?

Melalui wawancara dan pemotretan virtual untuk untuk Millennial Mama of the Month Edisi Agustus 2021, Asmirandah menyebutkan, "Saya merasa bersyukur banget, apapun yang saya kasih itu Chloe pasti makan dan pasti habis. Jadi mungkin cara saya itu beda-bedain (menu makannya) dan yang penting jamnya juga."

Nah, kali ini Asmirandah bagikan tips agar anak lahap menikmati MPASI. Jika Mama ingin mengetahui perjalanan dan tips MPASI Chloe dan Mama Asmirandah, kali ini Popmama.com telah merangkum informasi selengkapnya.

Disimak dan coba terapkan pada si Kecil di rumah yuk, Ma!

1. Mengajarkan anak untuk duduk saat makan

1. Mengajarkan anak duduk saat makan
Popmama.com/Vandah Team

Asmirandah menyebutkan bahwa pola asuh yang ditanamkan pada orangtuanya dahulu juga ia terapkan pada Chloe. Salah satunya adalah untuk mengajarkan cara makan yang baik dan benar.

"Salah satunya pola asuh kalau makan itu harus duduk, makanya saya selalu mengajarkan Chloe seperti itu. Nggak apa berantakan, yang penting dia bisa menikmati waktu makannya," ujar Asmirandah.

Seperti diketahui bersama, Asmirandah seringkali membagikan video yang memperlihatkan sang Anak tengah duduk di baby chair sambil menikmati menu MPASI dengan penuh keceriaan.

Rupanya, hal ini sudah Asmirandah tanamkan sejak dini sebagaimana pola asuh yang diajarkan pada orangtuanya terdahulu. Mengajarkan anak untuk duduk saat makan bisa jadi cara membiasakan pola hidup yang baik bagi anak di rumah juga nih, Ma!

Editors' Picks

2. Membuat menu MPASI sendiri untuk mengenalkan rasa dan tekstur

2. Membuat menu MPASI sendiri mengenalkan rasa tekstur
Popmama.com/Vandah Team

tips Asmirandah agar anak lahap saat makan yang kedua adalah ia selalu menyempatkan untuk menyiapkan dan membuat menu MPASI sendiri. Ini menjadi salah satu cara mudah yang bisa dilakukan orangtua untuk mengenalkan ragam rasa dan tekstur sejak dini. Begitu pula yang dilakukan Asmirandah untuk Chloe.

Tak hanya membagikan video berisi kegiatan sang Anak yang tengah menikmati menu MPASI, Asmirandah juga sering kali berbagi video seputar resep MPASI yang ia buat untuk Chloe nih, Ma.

"Selama ini saya masak MPASI sendiri, nutrisinya juga saya lihat dari buku MPASI. Selain itu ada resep dari dokter saya yang ngasih tau takarannya. Jadi kayak beras harus sekian-sekian, sesuai takaran." ujarnya.

Ketika ditanya apakah Chloe merupakan tipe anak yang pemilih dalam urusan menu MPASI, Asmirandah dengan lantang menjawab tidak. Hal ini karena sejak awal MPASI ia selalu mengkreasikan menu beragam untuk dicoba sang putri.

"Tujuan saya memberikan ragam menu biar Chloe nggak bosen dan bisa ngerasain segala macam tekstur dan rasa. Walaupun pasti misalnya pagi ini makannya A, siangnya B, mungkin besok C. Tetapi lusanya dikasih yang A lagi, karena kan pasti disimpan di freezer. Begitu seterusnya biar beragam," jelas Asmirandah.

Cara yang Asmirandah ini banyak manfaatnya lho, Ma.

  • Pertama anak jadi merasakan banyak rasa dan tekstur.
  • Kedua belanja lebih efisien, yang terpenting Mama bisa membuat daftar menu si Kecil sebelum berbelanja.
  • Ketiga dan yang terpenting, pengeluaran jadi bisa lebih hemat. Selain itu Mama juga bisa hemat waktu juga, lho.

3. Tetap memberikan makanan instan

3. Tetap memberikan makanan instan
Popmama.com/Vandah Team

Meski selalu memberikan makanan yang telah dimasak oleh sang Mama, rupanya Chloe juga tetap diberikan makanan instan nih, Ma.

Asmirandah menyebutkan bahwa sesekali ia akan memberikan putrinya makanan instan dengan tujuan yang sama, yakni agar Chloe tetap bisa mengenal ragam jenis rasa dan tekstur dari makanan rumahan maupun makanan siap saji.

"Selama ini juga makanan instan saya pun kasih ke Chloe. Biar dia tahu kalau ini masakan Mama, ini makanan instan. Jadi dia juga tahu bedanya," ucap Mama dari Chloe.

4. Vitamin yang dikonsumsi Chloe agar lahap MPASI

4. Vitamin dikonsumsi Chloe agar lahap MPASI
Popmama.com/Vandah Team

Melalui unggahannya beberapa waktu lalu, Asmirandah berbagi kisah terkait vitamin apa yang diberikan kepada putrinya agar lahap MPASI. Ia menyebutkan bahwa selama ini dirinya tidak pernah memberikan vitamin apapun.

“Selama ini Chloe cuma full ASI dan Mama yang minum vitamin, jadi mungkin ditransfer lewat ASI dari yang Mama minum,” ungkapnya.

Asmirandah juga menyebutkan bahwa vitamin yang ia konsumsi selama ini masih sama dengan yang ia konsumsi ketika masa kehamilan dahulu. Adapun vitamin yang dikonsumsinya antara lain vitamin D, kalsium, zat besi, dan folamis genio.

"Makanya kalau orang-orang pada tanya "itu anaknya dikasih vitamin apa kok makannya bisa lahap?" Aduh Chloe tuh kita kasih sendok kosong aja dia mangap kok, jadi kayak yang anaknya emang gampang banget makan. Ya mungkin karena Mama Papanya suka makan ya, jadi anaknya nurun," sambungnya.

5. Memperhitungkan jam makan anak

5. Memperhitungkan jam makan anak
Popmama.com/Vandah Team

Selain membedakan menu MPASI yang diberikan, tips terakhir yang dibagikan Asmirandah agar anak lahap dan menikmati menu MPASI adalah memperhitungkan kapan anak harus diberi makan.

"Jangan sampai pas dia kenyang. Jadi kalau mau makan Chloenya benar-benar lagi laper. Saya biasanya menghitung dulu kapan terakhir dia nyusu sama saya, di situlah saya harus kasih dia MPASI 2-3 jam setelah menyusui," jelas Asmirandah.

Jadi, yang harus dipertimbangkan adalah kapan waktu anak menyusu dan kapan waktu anak diberi makan. Pastikan memberikan jarak antara keduanya ya, Ma.

Nah, itu tadi tips agar anak lahap makan MPASI dari Asmirandah. Ini sudah ia terapkan agar putrinya lahap dan menikmati MPASI. Semoga tips yang telah dibagikan tadi bermanfaat dan dapat diterapkan juga untuk si Kecil di rumah ya, Ma!

#MillennialMama of the Month Edisi Agustus 2021 – Spesial Pekan ASI: Asmirandah

Millennial Mama of the Month Edisi Agustus 2021 - Spesial Pekan ASI: Asmirandah

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Video Creator - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Ediarti
Video Editor - Bima Bintoro
Design - Hilyatul Auliya Habib
Photographer - Vandah Team
Photo Editor - Razka Ramadhan
Fashion Stylist - Ade Rio 
Asmirandah’s Wardrobe - Barli Asmara

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Asmirandah
Millennial Mama

Asmirandah

"Sejak hamil, saya sudah siap untuk tenang dan bahagia di masa menyusui"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.