Eksklusif: Cara Asmirandah Menjaga Asupan Nutrisi Makanan Selama Menyusui Anak

Tak punya makanan khusus untuk dikonsumsi, Asmirandah berusaha menjaga kebutuhan gizi yang seimbang untuk tubuhnya

10 Agustus 2021

Eksklusif Cara Asmirandah Menjaga Asupan Nutrisi Makanan Selama Menyusui Anak
Popmama.com/Vandah Team

Momen mengASIhi setiap Mama pasti berbeda setiap orangnya. Bahkan momen menyusui ini bisa berbeda dari anak pertama atau anak kedua, lho. Untuk Mama yang menjadi ibu baru, momen pertama kali mengASIhi bersama si Kecil menjadi hal yang penting dan sakral.

Hal inilah yang dialami oleh aktris Asmirandah. Mama dari Chloe Emmanuelle Van Wattimena  ini menceritakan momen-momen menyusuinya yang penuh cerita.

Bagi Millennial Mama of The Month edisi Agustus 2021 ini melahirkan dan membesarkan anak di tengah pandemi saja sudah menjadi tantangan tersendiri.

Proses mengASIhi Chloe pun diperhatikan oleh istri Jonas Rivanno ini. Sangat penting baginya untuk memberikan ASI yang penuh nutrisi bagi si Kecil. Bagaimana Asmirandah menjaga hal itu?

Berikut Popmama.com rangkum cerita lengkapnya.

Editors' Picks

1. Asmirandah menjaga keseimbangan gizi dari asupan makanannya

1. Asmirandah menjaga keseimbangan gizi dari asupan makanannya
Popmama.com/Vandah Team

Sadar dan belajar bahwa nutrisi memengaruhi ASI-nya, Asmirandah tak mau asal soal yang satu ini. Ia mengaku memang tak punya makanan khusus yang dikonsumsinya selama masa menyusui. 

Namun, yang berusaha ia lakukan adalah menjaga rutinitas makan sehatnya tetap berjalan. Ia juga memastikan bahwa makanan yang dikonsuminya tak hanya sehat tapi juga seimbang gizinya sesuai kebutuhan ibu menyusui.

"Tidak ada makanan khusus yang dikonsumsi, tapi saya pesan catering makanan sehat (ibu menyusui) yang pastinya nutrisinya itu sudah dihitung sesuai dengan gizi," jelas Asmirandah.

Selain makanan, Asmirandah juga rupanya mengonsumsi camilan sehat juga lho, Ma. Ia menjaga agar tidak mengonsumsi makanan-makanan tak sehat secara berlebih. 

"Kemudian susu ibu menyusui saya tetap minum, ganti ke camilan sehat seperti kacang-kacangan, kayak almond. Dari orangtua juga memebri saran (makan) sayur katuk," pungkasnya. 

Tak ada masalah berarti soal pemenuhan gizi selama Asmirandah menyusui. Namun, ada satu hal lain yang menjadi perhatian juga bagi Asmirandah yakni keinginannya untuk terus ngemil. Agar terkendali, ia sangat berusahan menjaga kebutuhan gizi sesuai tubuhnya. Mama satu anak ini merasakan itu berpengaruh untuk keinginannya ngemil setiap hari.  

2. Mengonsumsi suplemen dan vitamin yang diperlukan

2. Mengonsumsi suplemen vitamin diperlukan
Popmama.com/Vandah Team

Biasanya setiap ibu hamil punya resep tersendiri untuk menjaga produksi ASI dan kandungannya tetap baik. Diakui Asmirandah ia tak punya ramuan atau jamu-jamuan khusus nih, Ma.

Ia mengandalkan beberapa suplemen untuk menjaga nutrisi kepada tubuhnya tetap seimbang. Hal itu pun dilakukan Asmirandah atas saran dokter tentunya.

"Tidak ada jamu-jamuan khusus tapi saya masih mengonsumsi vitamin dari hamil, misalnya zat besi, kalsium, vitamin D itu (atas saran dokter) masih diminum sampai sekarang. Dokter juga bilang soal hal ini. Anak baru lahir memang butuh nutiri yang banyak. Tetapi ibunya juga butuh (nutrisi terbaik), jadi jangan diabaikan," tutur Asmirandah.

3. Tak mau neko-neko, Asmirandah percaya manfaat ASI adalah yang terbaik untuk Chloe

3. Tak mau neko-neko, Asmirandah percaya manfaat ASI adalah terbaik Chloe
Popmama.com/Vandah Team

Pandemi Covid-19 membuat ibu yang baru melahirkan makin was-was, entah dengan kesehatannya sendiri atau bayinya. 

Asmirandah tak menampik kenyataan itu. Namun dibandingkan parno, Asmirandah lebih ingin mengusahakan yang terbaik untuk dirinya tetap sehat. Dengan dirinya tetap sehat, Chloe pun akan tetap terlindungi dan kebutuhan nutirisinya bisa terjaga.

Ia juga percaya, kalau asupan kepada ibu menyusui baik maka ASI yang dihasilkan pun akan baik untuk anak. Oleh karena itu, penting baginya tetap seimbang dalam menjaga nutrisi yang masuk ke tubuhnya selama ia menyusui Chloe.  

"Dari saya pribadi yang penting seimbang, antara protein, sayur dan buah. Dibandingkan karbohidrat sekalipun masih ada (dikonsumsi). Tetapi, minimal sehari itu harus makan buah dan sayuran," tutur Asmirandah.

Chloe yang saat ini sudah memasuki masa MPASI membuatnya harus mengeksplor berbagai menu makanan untuk putrinya. Ketika ditanya soal pemberian vitamin atau suplemen tambahan untuk Chloe, Asmirandah menjawab belum memberikannya. 

Saat ini ia masih fokus dan ingin mengandalkan manfaat ASI dan kandungan nutrisi sehat dari menu MPASI-nya.

"Sampai sekarang saya belum memberikan Chloe vitamin sendiri, hanya ASI saja. Vitaminnya mungkin dari saya yang disalurkan melalui ASI," pungkas Asmirandah.

Nutrisi bagi bayi memang penting, tapi kita juga jangan melupakan nutrisi untuk ibu menyusui ya, Ma. Sebab, ketika ibu menyusui mendapatkan nutrisi yang cukup tentunya juga kan berpengaruh pada ASI yang diberikan kepada bayi kita.

Tips dan cara yang dilakukan Asmirandah ini bisa sekali kita contoh!

Millennial Mama of the Month Edisi Agustus 2021 - Spesial Pekan ASI: Asmirandah

Millennial Mama of the Month Edisi Agustus 2021 - Spesial Pekan ASI: Asmirandah

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Video Creator - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Ediarti
Video Editor - Bima Bintoro
Design - Hilyatul Auliya Habib
Photographer - Vandah Team
Photo Editor - Razka Ramadhan
Fashion Stylist - Ade Rio 
Asmirandah’s Wardrobe - Barli Asmara

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Asmirandah
Millennial Mama

Asmirandah

"Sejak hamil, saya sudah siap untuk tenang dan bahagia di masa menyusui"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.