8 Cara Alami Meningkatkan Produksi ASI untuk Ibu Menyusui

Selain aman, cara alami juga ampuh meningkatkan suplai ASI

12 Januari 2022

8 Cara Alami Meningkatkan Produksi ASI Ibu Menyusui
Freepik.com/cookie_studio

Jumlah ASI yang sedikit, terkadang menjadi satu kekhawatiran tersendiri bagi Mama menyusui. Karena seiring dengan bertambahnya usia si Kecil, umumnya kebutuhan ASI juga akan meningkat.

Hal inilah yang biasanya membuat Mama stres atau merasa takut, jika kebutuhan ASI tidak bisa terpenuhi. Bahkan tak jarang, saking bingungnya Mama mungkin memutuskan untuk mengonsumsi suplemen peningkat ASI atau malah memberikan susu formula untuk bayi. Padahal ada banyak kandungan dalam ASI untuk tumbuh kembang si Kecil, yang tidak bisa tergantikan oleh apapun.

Jika Mama mengalami hal ini, jangan khawatir ya. Karena ada beberapa cara alami meningkatkan ASI. Apa saja ya kira-kira?

Berikut ini Popmama.com rangkum 8 cara alami meningkatkan produksi ASI, dilansir dari Healthline. Simak dulu yuk Ma, supaya ASI lancar dan si Kecil bisa menyusu dengan optimal!

1. Pastikan proses pelekatan terjadi dengan baik dan benar

1. Pastikan proses pelekatan terjadi baik benar
Freepik

Cara alami meningkatkan ASI saat menyusui si Kecil, Mama harus memastikan pelekatan terjadi dengan baik.

Pasalnya pelekatan yang buruk sering menjadi alasan berkurangnya suplai ASI Ma. Hal ini terjadi karena pelekatan yang tidak tepat, membuat bayi tidak bisa mengeluarkan ASI dari payudara dengan baik. 

Sebaliknya ketika pelekatan sudah benar, air susu bisa keluar dari dalam payudara dan akan merangsang lebih banyak produksi ASI. 

2. Berikan rangsangan dengan pijat payudara

2. Berikan rangsangan pijat payudara
freepik.com/user11167029

Sebelum memilih untuk menggunakan pompa ASI, Mama bisa coba nih untuk memberikan rangsangan pada payudara agar produksi ASI meningkat. Memberikan rangsangan menggunakan tangan dinilai lebih alami dan nyaman, serta tidak memerlukan biaya apapun Ma.

Namun ini tidak bisa dilakukan asal-asalan ya. Agar ASI meningkat, Mama perlu melakukan pijat payudara dengan teknik khusus yang bisa dipelajari terlebih dahulu. Selain Itu, perhatikan juga faktor kebersihan kedua payudara Mama.

3. Pastikan tubuh terhidrasi dengan perbanyak minum air

3. Pastikan tubuh terhidrasi perbanyak minum air
Pexels.com/KarolinaGrabowska

Faktanya, ASI terdiri dari sekitar 90% air. Jadi supaya produksi ASI banyak, pastikan Mama memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan perbanyak minum air putih ya.

Mama bisa nih minum 6 hingga 8 gelas air putih setiap harinya, atau minum minuman sehat seperti susu dan jus buah segar. Namun jumlah ini tidak sama bagi setiap orang, oleh karena itu sesuaikan saja dengan kondisi tubuh Mama ya.

Editors' Picks

4. Biasakan melakukan gaya hidup sehat

4. Biasakan melakukan gaya hidup sehat
Freepik/wayhomestudio

Sebelumnya Mama mungkin kurang menyadari kalau gaya hidup yang Mama jalani bisa menurunkan suplai ASI. Diantaranya seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, stres dan sering mengalami kelelahan.

Untuk meningkatkan produksi ASI, Mama sangat disarankan mengubah rutinitas atau gaya hidup yang tidak sehat ini ya. Mulailah untuk konsumsi makanan sehat, hindari merokok, buat tubuh lebih rileks dan pastikan Mama mendapatkan istirahat yang cukup. Ini dilakukan supaya produksi ASI juga bisa meningkat Ma.

5. Jangan berhenti untuk menyusui si Kecil

5. Jangan berhenti menyusui si Kecil
Freepik/cookie_studio

Tubuh kita dengan sendirinya akan memproduksi ASI ketika persediaan habis. Artinya, tubuh memproduksi ASI sesuai kebutuhan bayi Ma. Maka dari itu, Mama diharapkan untuk menyusui bayi 2 – 3 jam sekali, tanpa peduli siang atau malam hari.

Jika Mama rutin melakukannya, tubuh akan memberikan sinyal ke otak agar memproduksi ASI lebih banyak lagi. Sedangkan jika Mama berhenti menyusui, maka tubuh juga akan berhenti memproduksi ASI, sehingga jumlah ASI akan menurun.

6. Biasakan untuk menyusui dari kedua payudara secara bergantian

6. Biasakan menyusui dari kedua payudara secara bergantian
Freepik/pvproductions

Cara alami lainnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produksi ASI yaitu dengan menyusui menggunakan kedua payudara secara bergantian. Hal ini dilakukan guna merangsang kedua payudara untuk memproduksi ASI lebih banyak lagi.

Mengosongkan kedua payudara akan membuat otak memberi sinyal ke tubuh, untuk memproduksi ASI. Selain itu, menyusui dari kedua payudara juga akan menghindari penggumpalan air susu dan penyumbatan kelenjar susu. Dimana hal ini bisa menyebabkan payudara mengalami bengkak dan berisiko terkena mastitis (infeksi payudara).

7. Konsumsi makanan sehat dan bergizi

7. Konsumsi makanan sehat bergizi
Freepik/Racool_studio

Bagi Mama menyusui, memenuhi nutrisi tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi tentu jadi satu hal yang wajib dilakukan. Pasalnya dalam proses menyusui dan produksi ASI, tubuh membutuhkan cukup energi yang berasal dari makanan yang kita konsumsi.

Mengonsumsi makanan tertentu terutama yang mengandung galactagogue, juga bisa meningkatkan produksi ASI lho Ma. Yuk mulai tambahakan beberapa bahan makanan seperti oatmeal, almond, kacang-kacangan, ikan salmon, serta sayuran hijau ke dalam menu hidangan sehari-hari.

8. Pastikan Mama mendapatkan istirahat yang cukup

8. Pastikan Mama mendapatkan istirahat cukup
Freepik/lifeforstock

Kelelahan dan stres nyatanya bisa berdampak negatif pada suplai ASI Ma. Meskipun pada kenyataannya, sulit bagi Mama menemukan waktu untuk istirahat dan bersantai sejenak dari kesibukan merawat bayi.

Oleh karena itu, Mama bisa minta bantuan dari suami atau orang terdekat untuk sementara waktu menjaga si Kecil, sehingga Mama bisa beristirahat. Mendapatkan istirahat yang cukup membuat Mama terhindar dari stres, sehingga tubuh lebih rileks dan suplai ASI meningkat.

Nah itulah tadi Ma, 8 cara alami meningkatkan ASI. Selain melakukan beberapa cara di atas, Mama juga harus percaya diri dalam menyusui si Kecil ya. Rasa percaya diri akan membuat tubuh rileks, sehingga produksi ASI bisa meningkat.

Semangat selalu dalam menyusui dan semoga informasi ini bisa bermanfaat ya Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.