5 Manfaat Kaldu Tulang Sapi untuk Ibu Menyusui

Ternyata kaldu tulang sapi kaya protein, lho!

12 Januari 2022

5 Manfaat Kaldu Tulang Sapi Ibu Menyusui
Freepik/azerbaijan_stockers

Sampai sekarang, masih banyak ibu menyusui bertanya-tanya apakah makanan yang dimakan apakah akan mempengaruhi ASI mereka atau tidak.

Jawabannya adalah Mama perlu makan makanan khusus untuk menghasilkan jumlah dan kualitas susu terbaik. Nah, salah satunya kaldu tulang sapi.

Kabar baiknya, kaldu tulang sapi yang kaya protein akan memberi nutrisi apa yang dibutuhkan Mama dan bayi di setiap tahap perkembangannya. Lebih dari itu juga Popmama.com berikan 5 manfaat kaldu tulang sapi bagi kesehatan ibu menyusui:

1. Memperkuat sistem imunitas pada ibu menyusui

1. Memperkuat sistem imunitas ibu menyusui
Freepik

Jika Mama sedang menyusui, cobalah tambahkan makanan super seperti kaldu tulang sapi ke dalam menu harian. Manfaat yang diperoleh dari mengonsumsinya, yakni akan mendapatkan nutrisi untuk membuat tubuh lebih sehat dan kuat.

Bahwa protein yang terkandung dalam kaldu tulang dapat memperkuat sistem imunitas pada ibu menyusui. Cara kerjanya dengan membantu produksi antibodi yang baik untuk melawan penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Dikutip dari Bbcgoodfood, usus kecil tempat utama untuk penyerapan nutrisi dan merupakan garis pertahanan pertama dalam sistem kekebalan. Asam amino yang ditemukan dalam kaldu tulang mungkin bersifat protektif dan mendukung fungsi penghalang usus yang sakit.

Editors' Picks

2. Membantu mengurangi gejala osteoartritis

2. Membantu mengurangi gejala osteoartritis
Freepik/jcomp

Memilih makanan yang kaya nutrisi seperti kaldu tulang sapi, ini membantu memastikan Mama mendapatkan semua nutrisi makro dan mikro yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Bahkan kandungan kolagen pada kaldu tulang sapi yang selama proses memasak dipecah menjadi protein lain, ini disebut gelatin. Gelatin sendiri mengandung asam amino penting yang mendukung kesehatan sendi.

Bahkan kaldu tulang juga terdapat glukosamin dan kondroitin di dalamnya yang merupakan senyawa alami guna mengurangi nyeri sendi dan mengurangi gejala osteoartritis.

3. Mengurangi kekakuan dan meningkatkan fungsi sendi

3. Mengurangi kekakuan meningkatkan fungsi sendi
Freepik/yanalya

Sebagai ibu menyusui, sudah saatnya memilih kaldu tulang sapi sebagai menu makanan sehat harian. Apalagi kaldu tulang sapi sangat penting untuk memberikan nutrisi yang melindungi persendian Mama.

Kandungan kolagen yang berasal dari kaldu tulang sapi juga efektif mengurangi rasa sakit, kekakuan dan fungsi sendi. Bahkan sebagai pencegahan cedera dan perbaikan jaringan.

Selain itu, asupan gelatin yang diperoleh dari kaldu tulang sapi bisa meningkatkan sintesis kolagen pasca persalinan dan mampu memperbaiki tendon.

4. Melindungi usus dan menyembuhkan penyakit usus

4. Melindungi usus menyembuhkan penyakit usus
Freepik/wayhomestudio

Bahwa makan makanan sehat seperti kaldu tulang sapi sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu menyusui. Salah satunya adalah dapat melindungi usus dan menyembuhkan penyakit usus.

Kandungan gelatin adalah protein yang paling melimpah dalam kaldu tulang sapi. Ini artinya, saat berada di saluran pencernaan maka gelatin mengikat air untuk mendukung pergerakan makanan yang sehat melalui usus.

Dilansir dari Healthline, para ilmuwan telah menemukan bahwa kesehatan secara keseluruhan sangat bergantung pada kesehatan saluran usus dari kaldu tulang sapi. Tidak hanya mudah dicerna, tetapi juga membantu makanan bergerak melalui usus dengan lebih mudah. 

5. Memastikan Mama mendapat kualitas tidur yang baik

5. Memastikan Mama mendapat kualitas tidur baik
Freepik/drobotdean

Selain meningkatkan kesehatan usus, mengonsumsi kaldu tulang sapi juga sangat penting untuk memastikan bahwa Mama mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Asam amino glisin yang ada di dalam kaldu tulang sapi juga mendukung pola tidur yang sehat. Terutama bagi ibu menyusui yang sering alami kesulitan tidur di malam hari.

Bahkan kandungan glisin pada kaldu tulang sapi memberikan efeknya dengan mengatur jam tubuh internal, menurunkan suhu tubuh mempersiapkan ibu menyusui untuk tidur dan membantu Mama lebih rileks. 

Itulah 5 manfaat kaldu tulang sapi bagi kesehatan ibu menyusui. Mama yang mengikuti diet rendah sodium harus mempertimbangkan kandungan garam dari resep kaldu, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.