5 Manfaat Pijat Payudara untuk Mama yang Sedang Menyusui

Pijat payudara bantu melancarkan dan merangsang produksi ASI

21 November 2021

5 Manfaat Pijat Payudara Mama Sedang Menyusui
Freepik/Gesrey

Ada banyak hal yang biasanya dikhawatirkan oleh Mama yang sedang menyusui. Mulai dari produksi ASI (Air Susu Ibu) yang sedikit, aliran susu yang tidak lancar, pelekatan yang tidak tepat, bahkan rasa tidak nyaman akibat sakit atau nyeri di payudara saat menyusui.

Tak perlu bingung Ma, karena hal tersebut sangat wajar terjadi. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti stres, kurang istirahat, efek samping obat, atau makanan yang tidak memenuhi kebutuhan nutrisi saat menyusui.

Mama tentunya disarankan untuk menghindari faktor-faktor tersebut agar proses menyusui lancar.

Menurut Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, ada cara yang relatif lebih aman dilakukan untuk melancarkan ASI, yaitu dengan melakukan teknik pijat payudara.

Pijat payudara ini punya banyak manfaat lho, terutama untuk Mama yang sedang menyusui. Berikut ini Popmama.com telah merangkum informasinya, dilansir dari Parenting Firstcry. Yuk disimak Ma, supaya ASI lancar dan menyusui jadi lebih nyaman!

1. Pijat payudara membuat ASI jauh lebih sehat

1. Pijat payudara membuat ASI jauh lebih sehat
Freepik/valeria_aksakova

Tahu nggak Ma, menurut penelitian pijat payudara bisa membuat ASI lebih sehat lho.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada ibu menyusui, menunjukkan bahwa kadar natrium dalam ASI menurun, setelah mereka menerima pijatan dua kali sehari selama 30 menit. Biasanya kadar natrium yang tinggi, membuat bayi tidak mau menyusu karena rasa ASI yang asin.

Selain itu, ditemukan juga adanya peningkatan kadar lipid, padatan, dan kasein. Sementara satu-satunya hal yang tidak menunjukkan adanya perubahan adalah kandungan laktosa dalam ASI.

2. Pijat payudara bantu merangsang lebih banyak produksi ASI

2. Pijat payudara bantu merangsang lebih banyak produksi ASI
Shutterstock/Pixel-Shot

Pastinya setiap Mama menginginkan ASI yang cukup dan lancar, agar bisa menyusui si Kecil dengan optimal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pijat payudara saat menyusui akan bekerja mengosongkan saluran susu dan merangsang lebih banyak produksi ASI. Jadi Mama nggak perlu khawatir lagi ya kalau produksi ASI sedikit, lakukan saja pijat payudara untuk mengatasinya.

Selain merangsang lebih banyak produksi ASI, pijat payudara juga membantu memproduksi hormon oksitosin, yang berhubungan dengan rasa nyaman, ketenangan emosi, dan kasih sayang.

Faktanya, hormon oksitosin sangat bermanfaat membuat otot dan saluran susu jadi lebih rileks. Menyusui jadi lebih nyaman deh, Ma!

Editors' Picks

3. Pijat payudara membantu meredakan rasa sakit saat menyusui

3. Pijat payudara membantu meredakan rasa sakit saat menyusui
Freepik/wayhomestudio

Proses menyusui tentu tidak selalu berjalan mulus ya, Ma. Akan ada saat dimana Mama merasakan nyeri atau sakit di payudara ketika menyusui si Kecil.

Biasanya rasa sakit atau nyeri akan muncul ketika terjadi penyumbatan saluran susu, yang menyebabkan payudara mengeras dan mengalami bengkak.

Nah, menurut penelitian yang sama sebelumnya, pijat payudara bisa bantu Mama meredakan rasa sakit tersebut. Karena saat dilakukan pijat payudara, ASI yang menyumbat saluran dan menyebabkan bengkak, akan mengendur secara perlahan. Dengan begitu, ASI jadi bisa mengalir dengan lancar dan rasa sakit pun mereda.

Mama jadi lebih nyaman dalam menyusui dan bayi bisa mengonsumsi lebih banyak susu.

4. Mencegah stretch mark dan payudara kendur

4. Mencegah stretch mark payudara kendur
Unsplash/Annie Spratt

Proses menyusui secara tidak langsung bisa memengaruhi penampilan payudara lho, Ma.

Biasanya payudara Mama akan membesar saat menyusui, ini karena kelenjar susu di dalamnya juga ikut membesar. Kondisi ini bisa mengembangkan stretch mark, pada saat payudara kembali ke ukuran normal setelah menyusui.

Untuk menghindarinya, Mama bisa nih melakukan pijat payudara guna melancarkan sirkulasi darah yang mengalir di dalamnya. Menurut penelitian, aliran darah yang lancar bisa bantu mempertahankan keremajaan tubuh kita, termasuk payudara.

5. Membantu pelekatan dengan baik sehingga menyusui jadi lebih maksimal

5. Membantu pelekatan baik sehingga menyusui jadi lebih maksimal
Freepik/cookie_studio

Biasanya bayi akan sulit untuk melakukan pelekatan pada puting susu yang terlalu keras. Akibatnya, proses menyusui jadi kurang nyaman dan kurang maksimal untuk bayi.

Nah, salah satu manfaat pijat payudara untuk Mama yang sedang menyusui yaitu, membantu melembutkan payudara termasuk puting. Hal ini membuat bayi jadi lebih mudah untuk menyusu, karena pelekatan bisa dilakukan dengan baik.

Cara melakukan pijat payudara untuk melancarkan ASI

Cara melakukan pijat payudara melancarkan ASI
Freepik/jcomp

Untuk hasil yang maksimal, pijat payudara harus dilakukan dengan baik dan benar ya, Ma.

Berikut ini cara melakukan pijat payudara untuk melancarkan ASI, dilansir dari Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI.

  • Sebelum melakukan pijat payudara, cuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir terlebih dahulu.
  • Letakkan tangan pada payudara bawah bagian kiri, sedangkan tangan lainnya menekan pada payudara bagian atas. Gerakkan secara maju mundur pelan dan lembut.
  • Posisikan kedua telapak tangan pada bagian depan payudara kemudian gerakkan satu ke atas dan satu ke bawah. Ulangi gerakan ini 15 – 20 kali.
  • Buat gerakan melingkar di sekitar puting susu sekitar 15 – 20 kali.
  • Urut secara perlahan dan pelan mulai dari arah bawah hingga mengerucut ke bagian puting.
  • Gunakan ujung ibu jari dan telunjuk untuk memutar pelan puting susu, lakukan hingga beberapa kali.

Mama bisa menggunakan beberapa jenis minyak untuk melakukan pijat payudara, seperti minyak zaitun, almond atau kelapa.

Demikianlah 5 manfaat pijat payudara untuk Mama yang sedang menyusui dan cara melakukannya.

Mama, sekarang nggak perlu khawatir lagi ya jika ASI tidak lancar atau produksinya sedikit. Coba cara alami terlebih dahulu dengan melakukan pijat payudara, yuk!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.