Produksi ASI Terhambat? Ini Teknik Pijat Payudara agar ASI Lancar

Sudah tahu teknik-teknik pijat payudara ini belum, Ma?

21 Juli 2021

Produksi ASI Terhambat Ini Teknik Pijat Payudara agar ASI Lancar
Unsplash/Helena Lopes

MengASIhi memang aktivitas yang wajib bagi ibu menyusui untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Namun, jika ada masalah dalam memproduksi ASI pastinya membuat Mama khawatir. 

Pasalnya, kebutuhan ASI yang tidak terpenuhi dapat menghambat tumbuh kembang bayi. Maka dari itu, salah satu cara untuk mencegahnya, Mama dapat memijat payudara agar ASI menjadi lancar. 

Manfaat memijat payudara salah satunya dapat melancarkan saluran ASI yang tersumbat. Penyebab tersumbatnya ASI bisa karena bra menyusui yang kurang tepat, pompa ASI yang kurang berkualitas, atau disebabkan oleh stres yang berkepanjangan pada ibu menyusui. 

ASI yang menumpuk berakibat saluran ASI menjadi terhambat dan meradang sehingga mengalami penyumbatan. Untuk itu, Popmama.com telah merangkum lima teknik pijat payudara agar ASI lancar. 

Disimak yuk, Ma!
 

1. Dengan teknik pijatan Limfatik

1. teknik pijatan Limfatik
Pexels/João Henrique

Teknik pijatan payudara yang satu ini disebut dengan pijatan limfatik. Dengan cara ini dapat memperlencar aliran darah, membuang racun yang ada di sekitar payudara, dan pastinya agar produksi ASI bertambah. 

Mama dapat mengoleskan payudara terlebih dahulu menggunakan baby oil. Kemudian caranya yaitu dengan menekan pada bagian bawah ketiak yang berada di dekat payudara dengan ujung jari tangan. Tekan secara lembut dan pijat dengan perlahan selama beberapa menit. Setelah itu ulangi beberapa kali. 
 

Editors' Picks

2. Hanya dengan tekanan yang lembut

2. Ha tekanan lembut
Pexels/Wendy Wei

Sebenarnya dengan memijat area payudara atau sekitarnya juga sudah cukup membuat aliran darah lebih lancar serta produksi ASI juga lancar. Namun, Mama harus perhatikan tekanannya, jangan sampai menekan atau meremas payudara terlalu keras.

Jika terasa ada rasa sakit atau nyeri selama memijat, artinya ada tekanan yang terlalu keras di area payudara. Kemudian, jika payudara sudah terasa hangat, berarti aliran darah sudah dapat mengalir dengan lancar. 
 

3. Cara lain dengan teknik pijatan oksitosin

3. Cara lain teknik pijatan oksitosin
Unsplash/ alan caishan

Oksitosin adalah sebuah hormon yang bereaksi ketika disentuh. Hormon ini diproduksi pada bagian otak belakang dengan cara kerja seperti efek morfin, membuat seseorang mengurangi rasa sakitnya. Selain itu hormon ini juga berperan penting dalam memproduksi ASI.

Teknik pemijatan yang satu ini memang bermanfaat bagi ibu menyusui agar lebih rileks, dan memberikan efek menenangkan. Jika Mama ingin tahu bagaimana caranya, yuk simak: 

  1. Posisikan tubuh dalam posisi duduk menghadap tembok, meja, ataupun sandaran kursi. Ambil bantal dan gunakan sebagai penopang di bagian tubuh depan agar lebih nyaman. 
  2. Kemudian pijat dimulai dari bagian leher dan tulang belakang dengan ibu jari yang digerakkan secara melingkar hingga turun ke pangkal tulang belakang. 
  3. Lakukan selama 1-2 menit. Usap bagian tubuh yang telah dipijat dengan gerakan ke luar secara perlahan.
  4. Lakukan pijatan yang sama di pangkal tulang belakang setara bahu, hingga turun ke tulang belikat.
  5. Setelah itu pijat pada punggung dengan ibu jari dengan gerakan memutar sepanjang poros tulang belakang dari atas hingga ke bawah, dan ulangi lagi.
     

4. Boleh juga dengan teknik pijatan laktaksi

4. Boleh juga teknik pijatan laktaksi
Unsplash/Christin Hume

Pijat laktasi juga merupakan salah satu teknik pijat untuk membantu kelancaran ASI yang akan dikeluarkan. Teknik pemijatan ini dilakukan pada beberapa bagian tubuh, yaitu kepala, leher, bahu, punggung, dan payudara. Adapun barang-barang yang perlu disiapkan Mama yakni lap, kain kasa, baby oil, air dingin dan air hangat.

Berikut adalah cara untuk melakukan pijat laktasi: 

  1. Kompres payudara menggunakan lap yang telah direndam air hangat.
  2. Kemudian basahi kain kasa dengan baby oil, dan usapkan di daerah puting untuk membersihkan area puting yang kotor.
  3. Pijat puting ke arah atas, bawah, kanan dan kiri sebanyak lima sampai enam kali.
  4. Topang payudara kiri menggunakan tangan kiri, urut payudara dari bagian dasar ke arah puting. menggunakan tangan kanan. Kemudian lakukan sebaliknya. 
  5. Setelah selesai bersihkan payudaran dengan air hangat, dan dilanjut kompres dengan air dingin. 
  6. Mama dapat melanjutkan dengan pijatan lembut di bagian kepala, leher, bahu dan punggung. 
     

5. Mungkin Mama ingin mencoba dengan Hand Pump

5. Mungkin Mama ingin mencoba Hand Pump
Unsplash/Jan Kopřiva

Teknik pijat yang terakhir adalah handpump. Hand pump adalah perah ASI manual menggunakan tangan dan menyusui secara langsung. Teknik ini cukup mudah dan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk sewa ataupun membeli pompa ASI. 

Jika Mama ingin mencobanya, dapat melakukan cara berikut ini:

  1. Posisikan telapak ibu jari di bagian atas payudara, dan telapak empat jari lainnya di bagian bawah payudara. 
  2. Angkat payudara (kanan atau kiri) agak sedikit ke atas, kemudian tekan payudara ke arah dinding bagian dada untuk menekan saluran ASI.
  3. Pencet perlahan payudara di antara ibu jari dan telunjuk supaya saluran ASI lancar dan ASI menuju puting. Jangan lupa posisikan puting tepat di mulut bayi, atau botol susu si Kecil.
  4. Ulangi sampai payudara kosong. 

Itu dia berbagai teknik pijat payudara agar ASI lancar yang bisa Mama coba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, Ma! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk