6 Manfaat Stroberi untuk Kesehatan Mama setelah Melahirkan

Stroberi bisa bantu mempercepat proses pemulihan karena kaya nutrisi

1 November 2022

6 Manfaat Stroberi Kesehatan Mama setelah Melahirkan
Freepik/jcomp

Bagi Mama yang baru saja menjalani proses persalinan, mengonsumsi makanan penuh nutrisi tentu sangatlah disarankan.

Makanan kaya nutrisi tak hanya mengenyangkan, tapi juga bisa bantu mempercepat proses pemulihan Mama setelah melahirkan. Selain sayur-sayuran, Mama bisa juga nih makan buah-buahan segar. Buah mengandung banyak serat dan vitamin yang tidak hanya mempercepat proses penyembuhan tapi juga menyehatkan tubuh.

Nah, salah satu buah yang bisa Mama konsumsi yaitu stroberi. Stroberi dipercaya mengandung banyak serat dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan Mama setelah melahirkan.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum 6 manfaat stroberi untuk kesehatan Mama setelah melahirkan. Yuk, simak dulu sebelum mengonsumsinya Ma!

1. Stroberi bantu meningkatkan imunitas tubuh setelah melahirkan

1. Stroberi bantu meningkatkan imunitas tubuh setelah melahirkan
Freepik/ArthurHidden

Proses melahirkan tentu menghabiskan banyak energi di dalam tubuh ya, Ma. Faktanya, hal ini juga bisa menurunkan imunitas tubuh kita.

Oleh karena itu, mengonsumsi stroberi sangat disarankan nih Ma, karena buah ini kaya akan vitamin C yang bisa bantu meningkatkan imunitas tubuh Mama setelah melahirkan. 

Menurut Madeleine Edwards, seorang ahli diet berlisensi di Toronto mengatakan bahwa, satu porsi buah stroberi mengandung 51,5 mg vitamin C. Dimana ini setengah dari kebutuhan harian tubuh kita.

2. Makan stroberi bantu menghindari kerutan di kulit

2. Makan stroberi bantu menghindari kerutan kulit
Pexels/Kristina Paukshtite

Selama menjalani masa kehamilan dan melahirkan, biasanya Mama nggak punya banyak waktu untuk melakukan perawatan tubuh. Dimana hal ini bisa menyebabkan kerusakan kulit serta menimbulkan kerutan di wajah.

Nah untuk mengatasinya, Mama bisa konsumsi buah stroberi ya.

Stroberi mengandung vitamin C yang akan mendukung produksi kolagen. Kolagen ini sangat penting untuk kesehatan kulit kita, karena bisa membantu mempertahankan elastisitas kulit dan membuat kulit Mama jadi lebih sehat.

Menurut studi yang dilakukan Universitas Hallym di Korea, buah stroberi tak hanya mengandung vitamin C tapi juga ellagic. Ellagic dipercaya bisa bantu mencegah kerusakan kulit, terutama kerutan di bagian wajah.

Editors' Pick

3. Meredakan inflamasi yang terjadi di dalam tubuh Mama

3. Meredakan inflamasi terjadi dalam tubuh Mama
Freepik/nensuria

Antioksidan dan fitokimia yang ditemukan di dalam buah stroberi, bisa bantu mengurangi inflamasi yang terjadi dalam tubuh Mama setelah melahirkan.

Biasanya setelah melahirkan tubuh akan mengalami kelelahan dan rasa sakit karena bekas luka atau jahitan. Untuk meredakannya, Mama bisa coba cara alami dengan mengonsumsi buat stroberi. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, perempuan yang makan buah stroberi sebanyak 16 atau lebih per minggu, 14% lebih kecil mengalami peningkatan peradangan di dalam tubuh.

Jadi jangan ragu lagi untuk makan buah stroberi ya, Ma!

4. Menyehatkan tubuh karena stroberi bisa mengontrol tekanan darah

4. Menyehatkan tubuh karena stroberi bisa mengontrol tekanan darah
Freepik/Jcomp

Menurut penelitian, stroberi dianggap sebagai buah yang menyehatkan jantung lho, Ma. Karena stroberi mengandung 134 mg kalium per porsi, dimana ini bisa membantu mengontrol tekanan darah serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Karena manfaatnya tersebut, mengonsumsi stroberi setelah melahirkan sangatlah direkomendasi. Stroberi juga bermanfaat dalam menurunkan kolesterol darah, meredakan peradangan, serta menghindari tekanan darah tinggi bagi Mama yang baru saja melahirkan.

5. Stroberi sebagai sumber serat yang bisa melancarkan sistem pencernaan

5. Stroberi sebagai sumber serat bisa melancarkan sistem pencernaan
Pixabay/Alicia_Harper

Seperti yang kita tahu, serat adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menyehatkan dan melancarkan sistem pencernaan.

Secara alami, dalam satu porsi buah stroberi mengandung 2 gram serat. Ini tentunya akan berkontribusi dalam mengatasi masalah kesehatan usus, serta sembelit yang umumnya Mama alami setelah melahirkan.

Selain itu, menurut Edward serat juga bisa bantu memperlambat penyerapan gula atau glukosa dalam darah. Ini sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko diabetes lho Ma.

Karena hal inilah Mama sangat disarankan makan buah stroberi setelah melahirkan.

6. Bantu mengembalikan berat badan ideal setelah melahirkan

6. Bantu mengembalikan berat badan ideal setelah melahirkan
Freepik/user18526052

Masalah berat badan biasanya jadi satu kekhawatiran tersendiri bagi Mama yang baru melahirkan. Ini karena, kelebihan berat badan selama masa kehamilan dan melahirkan bisa menurunkan rasa percaya diri, serta meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Tapi Mama nggak perlu khawatir ya, pasalnya stroberi secara alami rendah kalori, bebas lemak, dan juga rendah sodium. Jadi Mama bisa mengonsumsinya untuk bantu mengembalikan berat badan ideal setelah melahirkan.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Mama bisa mengonsumsi buah stroberi langsung dalam kondisi segar, atau membuatnya menjadi smoothie dan jus buah segar ya.

Nah itulah tadi 6 manfaat stoberi untuk kesehatan Mama setelah melahirkan.

Umumnya, Mama membutuhkan waktu kurang lebih enam minggu untuk benar-benar pulih pasca melahirkan. Selama proses pemulihan tersebut, nggak ada salahnya nih Ma, makan buah stroberi yang kaya nutrisi dan manfaat untuk tubuh kita. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

The Latest