Bukan Hanya Segar, Ini 7 Manfaat Stroberi untuk Kecantikan

Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi stroberi atau menggunakannya sebagai masker

8 Januari 2021

Bukan Ha Segar, Ini 7 Manfaat Stroberi Kecantikan
Popmama.com/ Sandra Ratnasari
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Apakah Mama termasuk pecinta stroberi? Si kecil yang berwarna merah menyala ini memang memiliki rasa asam yang menyegarkan. Jika dikonsumsi di siang hari, dijamin Mama pasti akan melupakan teriknya sinar matahari.

Selain itu, stroberi memiliki penampilan yang cantik. Ia sering diandalkan sebagai dekorasi makanan, seperti untuk kue dan hidangan penutup.

Namun, kelebihan buah ini tidak hanya pada rasa dan penampilannya lho, Ma. Di dalam bentuknya yang kecil, stroberi mengandung berbagai nutrisi dan vitamin. Seperti serat, asam folat, magnesium, kalium, vitamin C, vitamin K, hingga antioksidan.

Bahkan, stroberi termasuk buah dengan kandungan antioksidan yang tinggi!

Nah, kandungan nutrisi dan vitamin ini menjadikan stroberi tidak hanya enak, tapi juga bermanfaat untuk kecantikan. Manfaat ini dapat Mama dapatkan baik dengan mengonsumsi stroberi secara langsung ataupun menggunakannya sebagai skincare.

Yuk, simak manfaat stroberi untuk kecantikan yang telah Popmama.com siapkan untuk Mama di bawah ini:

1. Mencegah kerontokan dan mengatasi ketombe

1. Mencegah kerontokan mengatasi ketombe
Freepik

Ketombe dan kerontokan adalah masalah rambut yang sering terjadi pada perempuan. Ketombe terjadi karena produksi minyak berlebih maupun infeksi jamur. Sedangkan kerontokan biasanya terjadi pada perempuan yang memiliki rambut panjang.

Nah, stroberi dapat mengatasi kedua permasalahan tersebut. Kandungan asam folat pada buah ini akan menguatkan akar dan batang rambut. Sedangkan kandungan vitamin C dapat mengatasi ketombe dan membuat rambut lebih sehat.

Selain dengan mengonsumsi stroberi secara langsung, manfaat ini dapat Mama dapatkan dengan menggunakan stroberi sebagai hair mask.

2. Mencegah jerawat yang membandel

2. Mencegah jerawat membandel
Pixabay/Kjerstin_Michaela

Siapa yang suka dengan jerawat? Selain menyakitkan, keberadaan jerawat sangat mengurangi penampilan. Belum lagi bekas jerawat yang seringkali susah dihilangkan.

Nah, daripada mengobati jerawat, lebih baik mencegahnya bukan? Untuk itu, Mama bisa menggunakan stroberi sebagai masker. Sifat asam buah ini dapat mengontrol produksi minyak yang menjadi penyebab jerawat.

Editors' Picks

3. Mencerahkan wajah kusam

3. Mencerahkan wajah kusam
Freepik

Wajah kusam adalah masalah wajah yang ditakutkan semua perempuan. Untungnya, buah stroberi dapat mengatasi permasalahan ini. Ia mengandung asam ellagic yang mampu mencerahkan wajah kusam dan menghilangkan bitnik hitam pada kulit.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Mama bisa menggunakan buah stroberi sebagai masker ataupun dengan meletakkan parutan buah stroberi di wajah selama 15 menit. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu untuk hasil maksimal ya, Ma!

4. Memudarkan kerutan dan bintik hitam pada wajah

4. Memudarkan kerutan bintik hitam wajah
Freepik/cookie_studio

Penuaan adalah suatu proses alami yang tidak dapat dicegah, setiap orang pasti mengalaminya. Meski demikian, tetap terlihat muda meski usia terus bertambah adalah impian setiap perempuan.

Umumnya, kerutan-kerutan halus dan bintik hitam akan muncul pada wajah sebagai tanda menuanya usia. Nah, Mama bisa meminimalisir kedua tanda ini dengan memanfaatkan buah stroberi.

Buah ini mengandung vitamin C yang tinggi sehingga mampu meningkatkan produksi kolagen. Kolagen sendiri dibutuhkan untuk mengembalikan elastisitas dan mencegah pigmentasi kulit.

5. Mencerahkan kulit bibir yang menghitam

5. Mencerahkan kulit bibir menghitam
Freepik/Nnudoo

Warna bibir dapat berubah menjadi hitam ketika Mama memiliki gaya hidup yang tidak sehat, sering mengonsumsi kafein, menggunakan kosmetik yang tidak tepat, ataupun karena hiperpigmentasi.

Kondisi tersebut pastinya akan mengurangi penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Untungnya, Mama bisa mengandalkan stroberi untuk mencerahkan kembali bibir yang menghitam. Cukup potong buah stroberi dan gosokan pada bibir dengan perlahan. Buah stroberi pun akan merontokan sel kulit mati dan memberikan kelembapan alami.

6. Melindungi kulit dari sinar UV

6. Melindungi kulit dari sinar UV
Freepik/Lemonsoup14

Tahukah Mama? Sinar UV adalah salah satu penyebab kulit menua lebih cepat dari yang seharusnya. Pasalnya, sinar ini dapat menembus lapisan dermis kulit dan merusak sel kulit. Elastisitas kulit pun berkurang dan keriput muncul lebih cepat.

Selain itu, sinar ini juga membuat kulit menggelap hingga memicu kanker kulit.

Nah, Mama dapat melindungi kulit dari sinar tersebut dengan buah stroberi. Mengonsumsi buah ini akan memberi Mama asupan antioksidan untuk menangkal radikal bebas dari sinar UV.

7. Membantu menurunkan berat badan

7. Membantu menurunkan berat badan
Pixabay/PublicDomainPictures

Selain wajah dan kulit, kecantikan sering dikaitkan dengan berat badan yang proporsional. Tidak heran, banyak perempuan rela melakukan diet untuk menjaga berat badannya tetap seimbang.

Nah, konsumsi stroberi bisa membantu Mama menurunkan berat badan lho! Ia mengandung serat yang membuat Mama merasa kenyang. Jika dikonsumsi sebelum makan, buah ini akan mengontrol nafsu makan Mama agar tidak berlebihan.

Selain itu, stroberi mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Itulah tujuh manfaat stroberi untuk kecantikan.

Benar-benar kecil-kecil cabe rawit ya, Ma? Tunggu apalagi, yuk sediakan buah stroberi di rumah untuk konsumsi setiap hari ataupun untuk skincare Mama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.