3 Perbedaan Selulit dan Stretch Mark yang Perlu Mama Ketahui

Walaupun sama-sama menggangu penampilan, selulit dan stretch mark itu berbeda

3 September 2020

3 Perbedaan Selulit Stretch Mark Perlu Mama Ketahui
livin3.com

Bagi Mama yang baru melahirkan, pasti sudah bersahabat dengan stretch mark di perut. Tapi apakah Mama yakin jika garis-garis halus itu memang stretch mark? Siapa tahu saja itu hanya selulit lho, Ma.

Walaupun tampak sama dan mengganggu penampilan, faktanya selulit dan stretch markitu berbeda. Di bawah ini Popmama.comtelah merangkum tiga perbedaan antara selulit dan stretch mark.

Editors' Picks

1. Perbedaan faktor penyebab

1. Perbedaan faktor penyebab
pixabay/chezebeate

Stretch markmuncul ketika Mama baru melahirkan atau jika Mama mengalami penambahan atau penurunan berat badan secara drastis. Stretch markmuncul karena kolagen dan elastin pada kulit menjadi pecah. Awalnya kulit mama akan terlihat tipis, berwarna kemerahan, atau terkadang terasa gatal.

Nah, kalau selulit biasanya muncul berupa kulit berlesung atau bergelombang. Bukan tidak mungkin ya Mama juga bisa mengalami selulit setelah melahirkan. Penyebab munculnya selulit adalah faktor hormonal, genetik, dan obesitas.

2. Perbedaan kondisi Kulit

2. Perbedaan kondisi Kulit
amaskincare.com

Saat Mama mempunyai stretch mark, maka kulit pada bagian tubuh tertentu akan berwarna merah hingga ungu, kemudian memudar menjadi putih, dan muncul garis tipis seperti bekas luka. Bagian tubuh yang terbiasa mengalami stretch markadalah bagian perut, paha, pinggul, dan dada.

Sementara itu, selulit muncul dalam bentuk kulit berlesung pada paha, bokong, pinggul, dan perut. Selulit berkembang ketika sel-sel lemak menumpuk di bawah lapisan kulit terluar.

3. Cara menghilangkan stretch mark dan selulit

3. Cara menghilangkan stretch mark selulit
Freepik/Yanalya

Walaupun bentuk dan faktor pemicunya berbeda, namun cara penanganan selulit dan stretch mark hampir sama. Mama bisa menggunakan terapi laser untuk menghilangkan selulit dan stretch mark.

Selain itu, Mama juga bisa mengoleskan krim retinol topical pada bagian tubuh yang muncul stretch mark. Bahan aktif dalam retinoid yakni tretinoin bisa mengurangi garis putih stretch markhingga 20 persen.

Untuk mengatasi selulit, selain terapi laser, Mama juga bisa menjaga pola makan agar berat badan turun agar selulit bisa segera bilang dari tubuh.

Perlu diingat ya Mama, selulit dan stretch markbisa muncul bersamaan setelah melahirkan. Jadi, penting bagi Mama untuk menjaga pola makan agar berat badan tetap terjaga.  

Itulah tiga perbedaan selulit dan stretch mark. Jadi sudah tahu mana yang sedang Mama alami?

Baca juga : 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.