Stretch Mark saat Hamil Bisa Muncul di 6 Bagian Tubuh Ini

Bahkan bisa muncul di kaki lho, Ma

7 Juli 2020

Stretch Mark saat Hamil Bisa Muncul 6 Bagian Tubuh Ini
livin3.com

Saat memasuki masa kehamilan, hal yang sering ditemukan pada ibu hamil adalah timbulnya stretch mark di beberapa area tubuh.

Hal ini disebabkan karena berbagai faktor, seperti elastisitas kulit, berat badan yang naik, kekurangan nutrisi, dan kulit yang tidak terhidrasi dengan baik.

Bukan hanya pada sekitar perut, ternyata stretch mark bisa timbul di tempat yang tak terduga lho, Ma.

Dimana saja stretch mark bisa muncul ketika kita sedang hamil?

Dilansir dari verywellfamily.com, berikut Popmama.com rangkum tempat-tempat munculnya stretch mark saat hamil yang sering kali nggak terduga!

1. Stretch mark bisa muncul di pinggul

1. Stretch mark bisa muncul pinggul
Pexels/ Public Domain Pictures

Selain perut, pinggul menjadi salah satu spot timbulnya stretch mark saat hamil. Saat hamil, berat badan akan bertambah, Mama kemungkinan akan melihat beberapa tanda peregangan yang mulai muncul di pinggul.

Terkadang, Mama mungkin melihat beberapa tanda stretch mark dimulai dari pinggul dan terus menjalar menjadi satu garis besar.

Tenang ya Ma, ini adalah hal yang normal saat hamil karena pada sekitar kulit perut hingga pinggul mengalami peregangan. Rasanya akan sedikit gatal, sebaiknya oleskan krim pada daerah tersebut.

2. Payudara juga bisa punya stretch marks

2. Payudara juga bisa pu stretch marks
unsplash.com

Stretch mark terjadi di berbagai tempat, termasuk payudara. Hal ini dikarenakan payudara mama cenderung akan mengalami perubahan bentuk atau ukuran yang drastis dalam kehamilan.

Stretch mark terlihat seperti garis-garis samar di pangkal payudara. Kadang-kadang stretch mark hanya timbul di bagian bawah atau samping payudara saja.

Namun, ingat tidak semua perempuan yang hamil akan mendapatkan stretch mark di mana-mana. Payudara yang membesar saat masa kehamilan tidak selalu memunculkan stretch mark.

Editors' Picks

3. Stretch mark pada paha selama kehamilan

3. Stretch mark paha selama kehamilan
Freepik/yanalya

Beberapa ibu hamil, bisa memiliki stretch mark pada paha selama kehamilan. Biasanya akan timbul pada bagian dalam paha dikarenakan penambahan berat badan yang cepat saat hamil.

Jika tubuh mama cepat sekali bertambah berat badannnya, kemunculan stretch mark kemungkinan bisa terjadi. Selain bagian paha, stretch mark juga bisa muncul di dekat lutut dan sisi belakang kaki.

4. Stretch mark di lengan atas

4. Stretch mark lengan atas
Freepik/Yanalya

Stretch mark juga bisa timbul di bagian dalam lengan atas yang paling dekat dengan payudara. Mama mungkin tanpa menyadari mendapatkan strech mark ini saat menjelang pubertas atau baru muncul pada kehamilan.

Sebagian besar stretch mark di area ini sulit untuk dilihat, meskipun stretch mark baru muncul di masa kehamilan.

5. Stretch mark di punggung

5. Stretch mark punggung
Freepik

Karena bagian ini sulit terlihat, tanpa Mama sadari stretch mark bisa saja muncul di area punggung. Namun, karena teksturnya cenderung lebih kasar dari kulit, Mama akan merasakan timbulnya stretch mark ketika tangan mama menyentuhnya.

Stretch mark di bagian belakang cenderung rendah, biasanya akan muncul tepat di bawah pinggang. Kadang-kadang Mama hanya akan melihatnya di bantalan lemak kecil di bagian bawah punggung.

6. Stretch mark di bawah rambut kemaluan

6. Stretch mark bawah rambut kemaluan
epbeauty.ca

Stretch mark yang timbul di bawah rambut kemaluan disebut mons pubis. Ketika Mama hamil, Mama bahkan tidak bisa melihat gundukan daging kecil ini. Bahkan, sebagian besar ibu hanya memerhatikan jika mereka telah mencukur rambut kemaluan untuk keperluan operasi caesar.

Padahal stretch mark bisa meregang dari perut saat hamil sampai ke bawah rambut kemaluan.

Itulah bagian-bagian tubuh yang bisa dihinggapi stretch mark saat hamil. Mama bisa menggunakan krim atau minyak khusus untuk mengurangi kemunculan strech mark saat hamil.

Baca jugaa:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.