Mudah Didapat, Ini 7 Bahan Alami untuk Memudarkan Stretch Marks

Punya bahan alami ini di rumah? Yuk langsung dicoba, Ma!

15 Juni 2020

Mudah Didapat, Ini 7 Bahan Alami Memudarkan Stretch Marks
freepik.com/yanalya

Setelah melahirkan, garis renggang atau stretch marks bisa jadi masalah tersendiri bagi kondisi kulit mama. Stretch marks biasanya muncul di area bawah perut, pinggul, dan paha bagian dalam. Pada dasarnya, garis ini tidak menimbulkan rasa sakit, tapi memang akan membuat kulit tidak mulus seperti sebelum hamil.

Butuh waktu beberapa bulan atau bahkan tahunan untuk menghilangkan atau setidaknya menyamarkan stretch marks. Meskipun stretch marks tidak bisa langsung hilang setelah melahirkan, tapi Mama bisa mencoba memudarkan garis tersebut dengan menggunakan bahan alami yang ada di rumah.

Apa saja bahan alami untuk memudarkan stretch marks setelah melahirkan yang bisa Mama gunakan?

Berikut Popmama.compunya informasinya khusus untuk Mama yang dilansir dari Parents.com.

1. Minyak kelapa

1. Minyak kelapa
freepik.com/freepik

Asam lemak minyak kelapa mudah diserap oleh kulit. Minyak kelapa juga antiperadangan dan dapat membantu meningkatkan produksi kolagen yang akan mempercepat pemulihan stretch marks. Mama bisa oleskan minyak kelapa pada stretch marks tanpa perlu membilasnya.

2. Lidah buaya

2. Lidah buaya
freepik.com/trumronnarong

Daun lidah buaya menyimpan air dan nutrisi. Nutrisi yang terkandung dalam lidah buaya bisa mempercepat pemulihan kulit dan meminimalkan tampilan stretch mark. Mama bisa ambil satu batang lidah buaya dan gosok bagian dalam yang lengket pada stretch marks kemudian jangan bilas bekas olesan tersebut.

Editors' Picks

3. Putih telur

3. Putih telur
freepik.com/4045

Asam amino dan protein yang terkandung dalam putih telur bisa membantu meregenerasi kulit yang meregang. Kocok dua putih telur dan oleskan busa putih telur pada stretch marks, lalu biarkan mengering dan bilas. Untuk melembapkan kulit kembali, aplikasikan minyak zaitun setelahnya.

4. Lemon

4. Lemon
freepik.com/freepik

Asam dari lemon bisa menyamarkan stretch marks setelah melahirkan. Kompres stretch marks dengan air perasan lemon selama 10 menit. Jika Mama melakukan ini secara rutin, asam dari lemon akan memudarkan stretch marks.

5. Gula

5. Gula
freepik.com/poringdown

Butiran-butiran gula bekerja sebagai exfoliant alami. Menggosok sel-sel kulit mati dengan butiran gula bisa mengurangi munculnya stretch marks, dan juga meningkatkan sirkulasi darah yang sehat.

Campurkan satu cangkir gula dengan satu sendok makan bahan-bahan berikut: madu (untuk melembapkan dan mengencangkan), minyak zaitun (untuk pelembap dan elastisitas), dan jus lemon (untuk pencerah). Gosokkan bahan-bahan tersebut ke kulit yang mengalami stretch marks selama beberapa menit, lalu bilas dengan air. Ulangi satu hingga tiga kali per minggu.

6. Minyak zaitun

6. Minyak zaitun
freepik.com/freepik

Minyak zaitun mengandung banyak antioksidan dan vitamin E. Jika Mama mengoleskan minyak zaitun ke stretch marks secara teratur, seiring waktu garis tersebut akan memudar.

Gosokkan minyak zaitun pada stretch marks dan biarkan semalaman, atau cuci dengan air hangat setelah 20-30 menit. Untuk meningkatkan sirkulasi darah, Mama juga bisa menghangatkan minyak zaitun sebelum dioleskan ke stretch marks.

7. Kunyit

7. Kunyit
freepik.com/jigsawstocker

Jika dikonsumsi, kunyit memiliki banyak manfaat bagi wanita hamil, termasuk kemampuannya untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan. Selain itu, curcumin, bahan aktif dalam kunyit, ternyata juga bisa memudarkan stretch mark ketika dioleskan ke kulit.

Campurkan bubuk kunyit atau akar kunyit yang dihancurkan ke dalam air, jus lemon, atau minyak kelapa, kemudian oleskan pada stretch marks sekali atau dua kali sehari.

Nah, itulah tujuh bahan alami untuki memudarkan stretch marks. Tidak hanya praktis, bahan-bahan alami ini bisa Mama dapatkan dengan mudah di sekitar rumah. Bila Mama tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan tersebut, silakan dicoba di rumah ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.