4 Rekomendasi Krim untuk Memudarkan Bekas Luka Jahitan Operasi Caesar

Mama yang baru operasi caesar biasanya memiliki bekas luka atau jahitan di bagian bawah perut.

13 Oktober 2020

4 Rekomendasi Krim Memudarkan Bekas Luka Jahitan Operasi Caesar
sciencenordic.com

Mama yang baru menjalani operasi caesar biasanya memiliki bekas luka atau jahitan di bagian perut bawah. Luka tersebut merupakan cara alami tubuh untuk proses penyembuhan. Bekas luka memang terlihat samar. Namun tentu bekas luka tersebut mengganggu penampilan mama. 

Mama perlu tahu jika bekas luka operasi memang tak berbahaya. Tetapi apabila luka jahitan mengalami infeksi, maka dibutuhkan proses penyembuhan lebih lama yang bisa mengakibatkan bekas luka operasi akan semakin jelas terlihat, bahkan bisa berkembang menjadi keloid. 

Tak heran jika banyak mama akan berusaha mencari cara untuk menghilangkan bekas luka operasi caesar. Saat ini sudah banyak krim atau obat oles yang mampu meratakan, menghaluskan, bahkan memudarkan bekas luka operasi.

Obat oles itu biasanya mengandung cyclopentacyloxane, dimethicone, dan vinyl dimethicone ascorbyl tetraisopalmitate, Kandungan tersebut bisa menekan produksi kolagen pada kulit, mengurangi peradangan, dan memperbaiki tampilan bekas luka operasi di kulit. 

Berikut Popmama.com berikan empat rekomendasi untuk memudarkan bekas luka operasi caesar, yang bisa Mama gunakan. Semua produk di bawah ini mudah didapatkan di apotek terdekat atau dibeli secara online. 

1. Bio Oil

1. Bio Oil
beautytocare.com

Bio Oil mengandung lavender, minyak Chamomile, Rosemary, dan Calendula sehingga aman digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Kandungan dalam produk ini mampu memudarkan bekas luka pada perut mama. Tekstur produk ini tergolong ringan, mudah diserap kulit sehingga tidak menimbulkan rasa lengket di tangan.

Selain menyamarkan bekas luka jahitan, Bio Oil juga bisa mengatasi kulit kering dan menghilangkan stretch mark. Bio oil memiliki dua varian, yaitu varian berbentuk minyak dan berbentuk gel. Mama bisa memilihnya sesuai dengan kenyamanan.

Editors' Picks

2. Dermatix Ultra Cream

2. Dermatix Ultra Cream
bukalapak.com

Produk ini mengandung teknologi CPX (cyclopentasiloxane) yang bisa membantu meratakan permukaan kulit yang menonjol akibat operasi caesar. Sementara itu, kandungan vitamin C dalam produk ini dapat mencerahkan area luka yang gelap. Sama seperti produk sebelumnya, krim gel ini mudah meresap pada kulit dan tidak menimbulkan rasa lengket. 

3. Mederma Proactive Gel

3. Mederma Proactive Gel
https://healthpathpharmacy.com/wp-content/uploads/2020/04/Mederma_1.jpg

Mederma Proactive Gel tak hanya mampu menghilangkan bekas luka jahitan, namun juga mengobati keloid. Krim gel ini bisa mengurangi efek kemerahan dan membuat kulit lebih halus karena mengandung zat aktif cepalin yang bersifat anti peradangan. Produk ini juga mengandung allantoin yang mampu meratakan permukaan kulit serta kandungan aloe vera yang bisa meningkatkan vitalitas kulit. 

4. Sodermix Cream

4. Sodermix Cream
shopee.co.id

Krim ini bisa membantu menyembuhkan keloid dan memudarkan luka operasi caesar. Produk ini mengandung bahan aktif superoxide dismutase alami yang bisa menangkal radikal bebas penyebab peradangan pada luka. Tak hanya itu, krim ini juga bisa mencegah gatal dan eczema. 

Itulah empat krim untuk menghilangkan bekas luka operasi caesar. Selain menggunakan krim khusus, ada cara lain yang bisa membantu mempercepat penyembuhan bekas luka operasi yakni istirahat yang cukup, konsumsi banyak air putih dan makanan bergizi. Jika bekas luka terlihat sangat mengganggu, Mama bisa konsultasi ke dokter spesialis kulit untuk penanganan lebih lanjut. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.