Terharu, Korban Banjir Kalimantan Selatan Lahiran di atas Perahu

Karena lahir di tengah banjir melanda, bayi ini dinamai Siti Noor Banjiriah

22 Januari 2021

Terharu, Korban Banjir Kalimantan Selatan Lahiran atas Perahu
Pexels/Marcin Jozwiak

Indonesia sedang mengalami banyak bencana alam pada awal tahun 2021. Salah satunya banjir bandang yang melanda Kalimantan Selatan. Sejak awal Januari 2021 sungai di Kalimantan Selatan meluap dan membuat rumah-rumah masyarakat sekitar terendam air.

Hal itu membuat masayarakat harus mengungsi, namun masih ada beberapa yang menetap di rumahnya. Salah satunya ibu hamil yang bernama Ernawati di Desa Lokbaintan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Ernawati terpaksa melahirkan di atas perahu, dibantu oleh dua orang bidan. Desa Lokbaintan sudah seminggu mengalami banjir. Karena rumahnya berbentuk panggung, jadi hanya sedikit yang terendam air. Namun akses jalan tidak bisa dilalui oleh transportasi darat.

Maka dari itu Ernawati melahirkan di atas perahu dan bayi pun berhasilkan diselamatkan. Untuk Mama yang penasaran dengan kisah Ernawati yang melahirkan di tengah banjir.

Berikut telah Popmama.comrangkum.

    Editors' Picks

    1. Momen ketika melahirkan

    1. Momen ketika melahirkan
    Unsplash/Jonathan Borba

    Pada Rabu (20/01/21) pagi, Ernawati sudah merasakan kontraksi tanda akan melahirkan. Akhirnya terdapat dua bidan yang datang untuk mengantarkannya ke tempat persalinan. Namun, baru naik perahu (jukung) Ernawati sudah merasakan bayinya ingin keluar. Setelah diperiksa bidan, ternyata ia sudah masuk pembukaan empat.

    Tidak lama berselang, bidan kembali memeriksa dan Ernawati sudah memasuki pembukaan lengkap dan siap melahirkan. Akhirnya dengan bantuan dua bidan, ia pun terpaksa melahirkan di atas perahu.

    Meski melahirkan di tengah keterbatasan, Ernawati dan bayi perempuannya kini dalam kondisi selamat dan sehat.


    2. Nama bayi terdapat unsur banjir

    2. Nama bayi terdapat unsur banjir
    Pexels/Jake Ryan

    Karena bayi lahir di atas perahu saat banjir datang, bayi Ernawati diberi nama Siti Noor Banjiriah. Bayi lahir dalam keadaan sehat dengan berat 3,3 kilogram dan panjang 50 centimeter.

    “Kami beri nama Siti Noor Banjiriah. Terima kasih kepada kedua bidan yang sudah membantu saya melahirkan di atas perahu saat itu,” ujar Ernawati.

    Ernawati juga berterima kasih kepada orang-orang yang membantu proses persalinannya hingga berjalan dengan lancar. 

    3. Kondisi Desa Lokbaintan

    3. Kondisi Desa Lokbaintan
    bnpb.go.id

    Kalimantan Selatan sudah mengalami bencana banjir sejak 9 Januari 2021. Bantuan pun sudah mulai dikerahkan untuk menyelamatkan warga termasuk binatang di sana, seperti kucing. Hampir semua rumah terendam air sehingga sudah tidak bisa ditempatkan lagi. Warga pun terpaksa mengungsi ke tempat aman.

    Walaupun begitu Desa Lokbaintan sudah seminggu merasakan banjir. Air yang masuk ke dalam tidak terlalu tinggi karena rumah berbentuk semi panggung. Namun, akses jalanan cukup tinggi terendam air. Jadi, untuk ke bidan atau lokasi pengungsian harus menggunakan perahu.

    Itulah informasi tentang ibu hamil yang melahirkan di atas perahu karena banjir melanda Kalimantan Selatan. Semoga ibu dan bayi selalu dalam keadaan sehat ya, Ma. Semoga banjir cepat suruh dan kembali pulih seperti sedia kala.

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.