Satu Jam Pertama setelah Mama Melahirkan, Apa yang Harus Papa Lakukan?

Ini dapat menjadi awal bonding antara Papa dan si Kecil, lho!

20 Januari 2021

Satu Jam Pertama setelah Mama Melahirkan, Apa Harus Papa Lakukan
Freepik/KamranAydinov

Dalam satu jam pertama setelah si Kecil lahir, bayi akan merasa sangat nyaman melakukan kontak skin to skin dengan Mama. Tidak hanya Mama, Papa pun dapat melakukannya.

Selain itu, ada beberapa hal yang dapat Papa lakukan dalam satu jam pertama ini. Saat bangun, bayi juga ingin digendong dan melakukan kontak mata singkat dengan Papa. Ini disebut 'saling memandang'. Kombinasi antara menggendong si Kecil dan saling bertatapan merangsang otak bayi dan membuatnya merasa tenang dan aman.

Agar tidak bingung saat si Kecil lahir nanti, simak ulasan Popmama.com berikut mengenai beberapa hal yang dapat Papa lakukan selama satu jam pertama setelah Mama melahirkan.

1. Membantu Mama memulihkan diri

1. Membantu Mama memulihkan diri
Freepik/Iyash

Mama dan Papa harus mengatasi efek fisik dan emosi dari kelahiran. Tetapi Mama secara khusus perlu istirahat dan pulih. Saat Mama beristirahat, Papa dapat melakukan bonding dengan si Kecil yang baru lahir.

Sebagian suami mungkin merasa lega, bersemangat atau antusias karena mereka sekarang memiliki peran baru.

Triknya adalah mengatur kecepatan diri dan menyeimbangkan antusiasme dengan duduk santai dan memerhatikan apa yang dibutuhkan Mama dan bayi.

Untuk mempersiapkan ini, Papa dapat memutuskannya dengan Mama sebelumnya bagaimana Papa ingin menghabiskan beberapa jam pertama. Misalnya membahas bagaimana Mama dan Papa akan beristirahat, kapan akan menghubungi keluarga dan teman, dan kapan siap menerima tamu.

Editors' Picks

2. Dukung pemberian ASI pertama

2. Dukung pemberian ASI pertama
Freepik/javy_indi

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Tetapi menyusui tidak selalu mudah. Ini adalah sesuatu yang Mama dan bayi harus pelajari cara melakukannya bersama.

Bantuan dan dukungan Papa dalam menyusui dapat menjadi sangat penting saat Mama belajar menyusui untuk pertama kalinya. Ketika Papa mendukung dan bersikap positif tentang menyusui, ini membantu Mama dan bayi untuk mulai menyusui. Hal ini akan terus berlangsung seiring bertambahnya usia bayi.

Jika Mama mengalami kesulitan menyusui, Papa perlu meyakinkannya bahwa tidak apa-apa untuk mendapatkan bantuan tambahan. Beberapa pilihan tersebut antara lain:

  • Bantuan dari bidan,
  • seorang konsultan laktasi,
  • perawat kesehatan anak dan keluarga setempat atau dokter anak.

Beberapa Jam Pertama setelah Persalinan Caesar

Beberapa Jam Pertama setelah Persalinan Caesar
Pixabay/Sasin Tipchai

Papa memiliki peran yang sangat penting jika Mama menjalani persalinan caesar. Misalnya, ketika Mama disarankan untuk melakukan kontak skin to skin dengan bayi untuk menenangkan bayi setelah stres kelahiran. Tetapi jika Mama tidak dapat menggendong bayi karena luka operasi, Papa dapat menggantikan Mama.

Bayi yang mendapatkan pelukan ini cenderung lebih jarang menangis dan memulai menyusui dengan lebih baik daripada bayi yang langsung diletakkan di boks bayi setelah kelahiran caesar.

Pemulihan dari operasi caesar bisa berlangsung sampai enam minggu. Dalam minggu-minggu setelah persalinan, Papa juga perlu menjaga Mama dan mengambil peran langsung dalam merawat bayi. Ini mungkin termasuk memandikan bayi, mengganti popok dan membawa bayi ke Mama untuk disusui.

Beberapa Tips untuk Papa

Beberapa Tips Papa
pixabay/ Andreas Wohlfahrt

Sebelum si Kecil lahir, Papa dapat mendiskusikan dengan Mama mengenai beberapa hal berikut ini:

  • Dengan Mama, putuskan kapan Papa akan menghubungi keluarga dan teman untuk berbagi berita tentang kelahiran dan kapan akan menerima kunjungan. Buat daftar keluarga dan teman yang akan dihubungi.
  • Rencanakan bagaimana Papa ingin menghabiskan beberapa jam pertama setelah si Kecil lahir, dengan mempertimbangkan kebutuhan fisik dan emosional untuk keluarga inti.
  • Jika Mama menjalani operasi caesar, rencanakan untuk memberi bayi kontak skin to skin sambil menunggu Mama kembali dari ruang pemulihan.
  • Ambil beberapa foto atau minta staf untuk mengambil foto Papa dan bayi. Jangan lupa untuk melakukan foto keluarga bersama, ya!

Persalinan dan melahirkan bukanlah hal yang mudah. Papa mungkin saja melupakan beberapa hal penting. Nah, untuk menyiasatinya, diskusikan dengan Mama dan catat beberapa hal penting yang akan dilakukan. Yuk, buat rencana mengenai apa saja yang harus Papa lakukan setelah Mama melahirkan, dari sekarang!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.