Bisa Dicoba, Ini 8 Obat Sakit Kepala Alami untuk Ibu Menyusui

Ketika sakit kepala menyerang, bahan-bahan alami dapat menjadi pilihan untuk mengobatinya

16 September 2020

Bisa Dicoba, Ini 8 Obat Sakit Kepala Alami Ibu Menyusui
Freepik/cookie_studio

Sakit kepala dapat menyerang siapa saja, termasuk ibu menyusui. Namun, seperti yang sudah diketahui, ibu menyusui tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat. Karena dikhawatirkan obat tersebut dapat memengaruhi bayi melalui ASI yang diminumnya.

Tetapi jika sakit kepala tersebut tidak diatasi, Mama mungkin akan merasa sangat tidak nyaman serta tidak dapat melakukan aktivitas dengan baik.

Untuk mengobati sakit kepala selama masa menyusui, obat-obatan yang terbuat dari bahan alami dapat menjadi pilihan, Ma.

Nah, sekarang Popmama.com akan membahas obat sakit kepala untuk ibu menyusui yang alami.

1. Jahe

1. Jahe
Pexels

Jahe merupakan salah satu tanaman obat yang memiliki sejuta manfaat, Ma. Salah satunya adalah untuk mengatasi sakit kepala.

Beberapa studi menyebutkan bahwa bumbu dapur ini memiliki khasiat yang sama dengan salah satu jenis obat untuk mengobati migrain.

Mama dapat menyeduh jahe dalam air panas dan mengonsumsinya dalam keadaan hangat. Selain mengatasi sakit kepala, ini juga dapat membuat Mama menjadi lebih santai.

2. Kafein

2. Kafein
Freepik

Kafein yang terkandung pada kopi dan teh juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk meringankan sakit kepala.

Namun ini juga perlu diwaspadai, Ma. Alih-alih mengatasi sakit kepala, terlalu banyak asupan kafein dapat menyebabkan sakit kepala.

Jadi, minumlah dalam porsi kecil saja, Ma.

3. Cuka sari apel

3. Cuka sari apel
arynews.tv

Cuka sari apel memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium dipercaya dapat mengatasi sakit kepala serta migrain.

Bagaimana cara menggunakannya? Mama dapat mencampur 1 sendok makan cuka apel dengan segelas air. Tambahkan madu jika suka.

Editors' Picks

4. Teh herbal

4. Teh herbal
Food.ndtv.com

Teh herbal juga sudah dikenal sejak lama memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mengobati sakit kepala. Bahkan ada beberapa jenis teh herbal yang dapat memberikan efek relaksasi dan membuat tidur lebih nyenyak.

Mama dapat mencoba teh chamomile, teh jahe, teh peppermint, teh lavender, dan teh bunga krisan untuk mengobati sakit kepala secara alami.

5. Pisang

5. Pisang
Freepik/topntp26

Magnesium dan potasium dipercaya menyembuhkan sakit kepala lebih ampuh daripada obat yang mengandung bahan kimia lainnya.

Pisang mengandung senyawa potasium dan magnesium yang tinggi. Ini dapat menjadi salah satu pilihan bagi Mama untuk mengobati sakit kepala berkepanjangan.

Selain pisang, makanan yang mengandung magnesium adalah kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau seperti brokoli, olahan susu, daging, dan coklat.

6. Air putih

6. Air putih
Pixabay/Baudolino

Salah satu gejala dehidrasi adalah munculnya sakit kepala, Ma. Saat masa menyusui, Mama perlu memenuhi asupan cairan agar produksi ASI tetap lancar. Karena itu, pastikan kebutuhan cairan harian mama selalu terpenuhi, ya.

7. Kentang

7. Kentang
Freepik

Kentang merupakan sumber kalium yang penting untuk tubuh. Sakit kepala juga bisa disebabkan karena tubuh mama sedang kekurangan kalium.

Untuk mengatasinya, Mama dapat mengonsumsi kentang rebus. Hindari kentang yang digoreng ya, Ma.

8. Wijen

8. Wijen
Pixabay/PublicDomainPictures

Biji wijen kaya akan vitamin E yang mampu mengatasi rasa sakit kepala dengan cepat. Tidak hanya itu saja, kandungan magnesium yang tinggi juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala bagian belakang, Ma.

Nah, itu beberapa macam obat sakit kepala untuk ibu menyusui yang alami. Mana saja yang pernah Mama coba?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.