6 Obat Alami untuk Mengatasi Sakit Maag saat Hamil

Sakit maag saat hamil dapat disebabkan oleh perubahan hormon, Ma

8 September 2020

6 Obat Alami Mengatasi Sakit Maag saat Hamil
freepik.com/freepik

Saat hamil, Mama akan mengalami banyak perubahan pada tubuh. Tidak hanya itu, rasa tidak nyaman pun muncul. Salah satunya adalah sakit maag yang mendadak muncul, padahal sebelumnya Mama tidak pernah mengalaminya.

Hormon progesteron adalah salah satu hormon yang menjadi penyebab maag pada ibu hamil. Progesteron bertugas untuk membangun lapisan dinding rahim, sehingga bisa menimbulkan efek mual muntah.

Hormon ini juga menyebabkan kadar asam pada lambung melonjak, yang kemudian memicu penyakit maag pada ibu hamil. Bahkan, hormon bisa membuat sfringter esofagus alias katup kerongkongan bisa tiba-tiba mengendur, sehingga memungkinkan naiknya asam lambung. 

Karena sedang hamil, Mama tidak dapat mengonsumsi sembarang obat, termasuk obat untuk meredakan nyeri maag ini. Maka, obat alami dapat menjadi pilihan untuk mengatasinya.

Berikut ulasan Popmama.com tentang obat maag untuk ibu hamil yang alami. Semoga dapat membantu, Ma.

1. Jahe merah

1. Jahe merah
deltomed.id

Jahe merah dapat menjadi alternatif untuk mengatasi gangguan lambung saat hamil. Jahe memiliki sifat antiperadangan sehingga cocok untuk mengatasi maag. Jahe merah juga bisa meredam gejala seperti mual dan muntah yang sering dialami oleh ibu hamil, terutama di trimester pertama.

Jahe merah terbilang sebagai bahan alami yang bersifat gastroprotektif yang bekerja dengan menekan bakteri helicobacter pylori penyebab naiknya asam lambung. 

Seduh irisan jahe ke dalam air panas selama 10 hingga 20 menit dan minum. Cara ini dapat membantu meredakan sakit di area perut.

2. Akar manis (licorice)

2. Akar manis (licorice)
ebay.com

Akar manis sering dijadikan obat herbal untuk mengobati gangguan lambung secara alami. Obat alami ini bekerja dengan melapisi dinding lambung agar terhindar dari iritasi akibat asam lambung. Akar manis juga menahan asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan.

Tidak hanya mengatasi gangguan lambung, akar manis pun memiliki banyak manfaat bagi tubuh, Ma.

Editors' Picks

3. Madu

3. Madu
Pexels/Pixabay

Selain manis dan enak, madu pun dapat menjadi obat maag untuk ibu hamil yang alami. Pemanis alami ini bisa membantu mengobati kondisi gangguan lambung. Misalnya, pada kondisi GERD, madu dapat mencegah kenaikan asam lambung, memulihkan peradangan, serta meredakan sensasi heartburn.

Bagaimana cara kerjanya? Madu akan melapisi dinding kerongkongan dan lambung, serta memperbaiki fungsi cincin esophagus.

Madu juga bekerja untuk mengatasi gangguan lambung lainnya, seperti gastritis dengan menekan produksi asam lambung.

4. Daun mint

4. Daun mint
Freepik/Racool_studio

Daun mint sering digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, termasuk maag. Daun mint bekerja dengan merilekskan otot perut yang sakit.

Tidak hanya itu, daun mint juga dapat mengatasi nyeri ulu hati, perut kembung, maupun mual.

Seduh daun mint dalam air panas, Mama juga dapat mencampurnya dengan teh.

5. Adas

5. Adas
shopee

Adas bermanfaat untuk mengurangi inflamasi bagi penderita sakit maag dengan meredakan iritasi pada lambung.

Obat alami ini bekerja dengan menekan produksi gas pada lambung, sehingga mengurangi kembung akibat sakit maag.

Rasanya agak manis, sedikit pedas, serta hangat, Ma. Karena adas memiliki efek samping, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya, Ma.

6. Kunyit

6. Kunyit
Pixabay/stevepb

Kunyit adalah salah obat herbal yang dapat membantu meredakan gangguan lambung. Kandungan polifenol yang terkandung pada kunyit bersifat antiperadangan. Sehingga dapat membantu meredakan asam lambung yang menyebabkan heartburn saat sakit maag.

Sebuah studi juga menyebutkan bahwa kunyit dapat membantu mencegah peradangan pada gangguan lambung. Studi tersebut menjelaskan bahwa gejala gangguan lambung dapat diredakan segera dengan obat yang mengandung antioksidan dan antiperadangan. Mama dapat menemukan kandungan tersebut pada kunyit.

Atasi sakit maag dengan obat maag untuk ibu hamil yang alami tersebut. Selain itu, hindari makanan yang memicu asam lambung, Ma. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi mama ini.

Semoga informasi ini bermanfaat, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.